Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia VS Malaysia

Ketegangan antara Indonesia dan Malaysia mulai terlihat tatkala kapal perang Malaysia berkali-kali memasuki perairan Indonesia terutama diwilayah Ambalat. Pindonesiaemerintahpun sudah merespon pelanggaran ini dengan jalan mengirimkan nota diplomatik berkal-kali, yang sudah tentu hasilnya tidak pernah ditanggapi serius oleh Pihak Malaysia. Wacana perangpun mulai bergulir, bagaimana dengan kekuatan militer kedua negara ? Berikut data-data kekuatan militer antara Indonesia dan malaysia yang dikutip dari situs http://www.nationmaster.com.

Militer Indonesia:

Air force personnel 21,000    
Armed forces growth 7    
 
 
Armed forces personnel 297,000    
 
 
Army personnel 220,000    
 
 
Branches
Indonesian Armed Forces (Tentara Nasional Indonesia, TNI): Army (TNI-Angkatan Darat (TNI-AD)), Navy (TNI-Angkatan Laut (TNI-AL); includes marines, naval air arm), Air Force (TNI-Angkatan Udara (TNI-AU)), National Air Defense Command (Kommando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas)) 

Militer Malaysia

Air force personnel 12,500    
Armed forces growth -13    
 
Armed forces personnel 96,000    
 
Army personnel 85,000    
 
 

Branches
Malaysian Armed Forces (Angkatan Tentera Malaysia, ATM): Malaysian Army (Tentera Darat Malaysia), Royal Malaysian Navy (Tentera Laut Diraja Malaysia, TLDM), Royal Malaysian Air Force (Tentera Udara Diraja Malaysia, TUDM)

Sedangkan menurut globalfirepower.com, Indonesia menempati peringkat ke-13 sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat sedunia setelah Korea Selatan. Berikut ini sedikit ulasannya.
1 United States
2 Russia
3 China
4 India

5 Germany
6 France
7 Japan
8 Turkey
9 Brazil
10 Great Britain
11 Italy
12 South Korea
13 Indonesia

14 Mexico
15 Canada

Semoga dengan analisis ini, kita semakin yakin bahwa kita bukanlah negara inferior dalam segi militer dibandingkan negara lainnya.

Kekuatan Bersenjata Indonesia

Berikut adalah data mengenai kekuatan angkatan bersenjata Indonesia tahun 2009:

Jumlah prajurit:432.129 personil
TNI Angkatan Darat TNI Angkatan Laut TNI Angkatan Udara
Jumlah prajurit: 328.517 Jumlah prajurit: 74.963 Jumlah prajurit: 34.930
Kekuatan Terpusat

Kekuatan Kewilayahan

  • Komando Daerah Militer: 11
  • Komando Resor Militer: 39
  • Komando Distrik Militer: 267
  • Batalion: 96

Kekuatan Badan Pelaksana Pusat

  • Resimen Zeni Konstruksi: 1
  • Skuadron Penerbang TNI AD: 2
  • Lima batalion lain
Sistem Senjata Armada Terpadu

Kekuatan Kewilayahan

  • Armada Barat
  • Armada Timur
  • Pangkalan Utama Angkatan Laut:
    • Kelas A: 7
    • Kelas B: 24
    • Kelas C: 19
    • Kelas khusus: 3
Skuadron Udara

  • Skuadron tempur: 7
  • Skuadron angkut: 5
  • Skuadron intai: 1
  • Skuadron helikopter: 3
  • Skuadron latih: 2

Pangkalan Udara

  • Pangkalan udara: 41
  • Detasemen: 8
  • Pos angkatan udara: 80

Pasukan Khas

  • 3 wing

Satuan Radar

  • 17 satuan radar pertahanan udara

(Sumber: Harian Koran Tempo tanggal 14 Februari 2006)

kopassus-roverparadetontaipur57357161

About these ads

Posted on 13 Juni 2009, in Tulisanku. Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. majulah terus indonesiaku jangan sampai kedaulatan kita terganggu oleh negara mana pun,

  2. indonesia tak kan mampu menang melawan malaysia.
    tentara askar malaysia bersenjata modern. sedangkan indonesia persenjataannya pas pasan.

    • senjata Tentara Indonesia memang pas-pasan tapi INGAT!!! senjata yang paling inti dari INDONESIA adalah SELURUH RAKYAT INDONESIA, setiap saat mereka siap untuk digerakkan melawan musuh-musuh negara, SENJATA yang modern tidak akan ada artinya kalau tidak didukung oleh SDM yang handal, MALAYSIA harus ingat akan sejarah bangsanya…bagaimana dulu mereka meminta TOLONG pada Indonesia untuk mengirimkan GURU-GURU INDONESIA untuk mengajar orang-orang MALAYSIA yang masih BODOH….sekarang giliran mereka sudah AGAK MAJU, mereka sudah mau sewenang-wenang pada negara yang sudah ikut andil menCERDASkan bangsa MALAYSIA….coba anda nilai sendiri bagaimana sikap MALAYSIA ini!!! INI FAKTA SEJARAH BUNG!!!! KALAU MALAYSIA menganggap INDONESIA sebagai negara JIRANnya, apakah menurut ANDA sikap MAAYSIA yang selalu AROGAN pad INDONESIA akhir-akhir ini adaah wujud dari JIRAN ITU? Apakah bisa disebut Negara JIRAN tapi dia suka menyakiti hati dan perasaan JIRANnya….TKI Dibunuh, Disetrika, Mengaku sesuatu yang bukan miliknya ( Rasa Sayange, BATIK, REYOG)….Saya mau tanya pada anda, apakah anda bisa menerima hal-hal tersebut? INGAT, 200 juta lebih rakyat INDONESIA siap membela negaranya dari ancaman musuh….dan itu adalah SENJATA yang LUARRRR BIASA dibandingkan senjata modern seklaipun….INGAT JUGA!!!
      Kami bangsa INDONESIA sudah berpengalaman melawan penjajah selama 350 tahun, so kami punya pengalaman lebih daripada MALAYSIA….tapi kita siap juga untuk DAMAI!!!!

    • kalau emang anda jual kami siap beli !!walupun senjata anda modrn,,,!!!mangnya senjata modern yang bisa merubah nasib negara engga kang,,,,!!! kita punya tuhan masing2 kang ,,,tuhan ku ALLOH SWT mungkin tuhanlah yang bisa hancurkan semua ni,,,???termasuk bumi ni,,,,,!

    • malaysia jangan banyak omong..yang hanya berani mengintip kekuatan lawan..jika merasa lebih kuat berani sewenang wenang..tp dgn segenap seluruh rakyat indonesia kekuatan malaysia tidak ada artinya.persenjataan canggih msh dlm kate gori buatan manusia. sedangkan rakyat adalah Made in GOD..menang mana antara kehandalan senjata canggih dan kehandalan rakyat indonesia yang menjadi titipan TUHAN?? its de fact for 350 year. dilihat dr pengalaman indonesia lebih baik malaysia mundurlah.. kalo tidak mau keok di kemudian hari..kan malu malu’in

  3. bangga jadi bagian dari Republik Indonesia,,,
    JAYALAH INDONESIAKU…. ?!?!?!

  4. RENUNGAN JIWA UNTUKMU ..WAHAI KEPALA GARUDAKU
    RENUNGAN JIWA UNTUKMU WAHAI CAKAR CAKAR GARUDAKU
    DIHIASI 250.000.000 BULU BULU ANEKA WARNA PENGHIAS IBU PERTIWI YANG SUBUR NAN SELALU KUCINTA SAMPAI MATI

    TAYANGAN BERITA DIMEDIA MASA DAN TELEVISI SELURUH NEGERI NEGERI SEBUANA JAGAT RAYA INI ,RAMAI MENAYANGKAN BETAPA GAGAH BERANINYA ANGKATAN LAUT DIRAJA MALAYSIA ,DENGAN KAPAL PERANGNYA MELENGGANG LENGGOK DIPERAIARAN NUSANTARA,MELAJU MASUK PERBATASAN DIKEJAR LALU KELUAR LAGI DARI PERBATASAN DENGAN SENYUM MENGHIAS PENUH ARTI DAN HANYA MEREKA SENDIRI YANG MENGERTI…….
    TERTAYANG DIMEDIA CETAK MAUPUN TELEVISI BETAPA RENDAHNYA PERLAKUAN MEREKA PADA TKI ,SEAKAN JIWA DAN RAGA PUTRA PUTRI INDONESIA BUKAN MANUSIA DINEGERI JIRAN YANG SELALU DIPUJI OLEH PETINGGI NEGERI INI
    “ MALAYSIA ADALAH SAUDARA SATU RUMPUN KITA,MALAYSIA ADALAH SEKUTU KITA …”…
    TAPI PERLAKUAN RAKYATNYA PADA TKI KITA ?
    & SEGALA KEBIJAKKAN MILITER RAJA DIRAJA MALAYSIA DIPERBATASA INDONESIA ?
    SEGALA KEBIJAKKAN PEMERINTAHNYANYA YANG MENGKLAIM BEBERAPA KEPULAUAN NKRI ?
    KEBIJAKKAN PEMERINTAHNYA YANG MENGKLAIM ANEKA SENI BUDAYA MILIK RAKYAT INDONESIA ?
    DR ASHARI CS APAKAH ADA KEPENTINGANNYA UNTUK MERUSAK PARAWISATA NUSANTARA KHUSUSNYA PULAU BALI ???
    DAN APAKAH DR ASHARI SENGAJA DILEPAS DI INDONESIA DENGAN MISI UNTUK MERUSAK EKONOMI INDONESIA DAN MERUSAK KENYAMANAN DAN KEAMANAN DI INDONESIA AGAR PARA INVESTOR TAKUT MENANAMKAN DANANYA DI INDONESIA ???
    SEJUTA TANDA TANYA YANG ADA DIBENAK MASYARAKAT INDONESIA…” APAKAH SEMUA HAL DIATAS MENCERMINKAN MEREKA MENGANGGAP KITA SATU RUMPUN/APAKAH TINDAKKAN MEREKA MENCERMINKAN MENGHARGAI TRETORIAL WILAYAH REPUBLIK INDONESIA YANG BERADAB & APAKAH YANG MEREKA LAKUKAN PADA TKI KITA MASIH MENGANGGAP KITA INI MANUSIA YANG PATUT MENDAPAT PERLAKUAN YANG MANUSIAWI ???

    TERTAYANG DIMEDIA DAN TELEVISI SELURUH DUNIA ,BETAPA GAGAH BERANINYA ANGKATAN LAUT RAJA DIRAJA MALAYSIA MERINGKUS PETUGAS PATROLI PERAIRAN KITA DI PERAIRAN YANG MASIH BERADA DIWILAYAH TERTORIAL INDONESIA ITU SENDIRI….CEKCEKCEK JEMPOL HEBAT LUAR BIASA HEBAT MALINGSIA HAiYA HEBAT HEBAT MALINGSIA.,.LEBIH HEBATLAH LAGI PEJABAT KITA ANGGAP ITU BIASA SAJA..GRMGRMGRMMUAKMA

    RENUNGAN JIWA UNTUKMU ..WAHAI KEPALA GARUDAKU
    RENUNGAN JIWA UNTUKMU WAHAI CAKAR CAKAR GARUDAKU
    DIHIASI 250.000.000 BULU BULU ANEKA WARNA PENGHIAS IBU PERTIWI YANG SUBUR NAN SELALU KUCINTA SAMPAI MATI

    BINGUNG MUNGKIN ANGKATAN BERSENJATA KITA MENUNGGU SESUATU, YANG DITUNGGU YANG TAK PERNAH PEDULI DENGAN YANG MENUNGGU ,
    AKHIRNYA PENISTAAN PADA TKI KITA MENINGKAT DENGAN MENISTAKAN PETUGAS PATROLI NKRI DIPERBATASAN KEDUA NEGARA ,
    DENGAN GERTAKKAN SELETUS DUA LETUS NYARIS TAK TERDENGAR SAYUP SAYUP MERDU SENGAU SAMPAI JUA DITELINGA PEJABAT JAKARTA, 3 ORANG PETUGAS SATUAN PATROLI PERBATASAN NKRI DIRINGKUS DAN DISANDERA TENTARA RAJA DIRAJA MALAYSIA,,,,,,,,,,,,,,,,PEJABAT KITA SIBUK MEREDAMKAN EMOSI RAKYAT INDONESIA DENGAN SEJUTA KATA YANG TAK SEDAP DIDENGAR TELINGA ,SEMENTARA PM NAJIB DIMALAYSIA SIBUK MEMBAKAR SEMANGAT PATRIOTIK SELURUH RAKYAT MALAYSIA DAN MENYERUKAN PENINGKATAN KEKUATAN KEDAULATAN NEGARA
    ( KUTIPAN JAWAPOS HAL II rabu 1 sept.2010 judul dorong sby temui najib)

    RENUNGAN JIWA UNTUKMU ..WAHAI KEPALA GARUDAKU
    RENUNGAN JIWA UNTUKMU WAHAI CAKAR CAKAR GARUDAKU
    DIHIASI 250.000.000 BULU BULU ANEKA WARNA PENGHIAS IBU PERTIWI YANG SUBUR NAN SELALU KUCINTA SAMPAI MATI
    NKRI OH NKRI DIRONGRONG DARI LUAR NEGERI , KEMUNGKINAN BUKAN HANYA MALAYSIA YANG MENGINGINKAN MELUASKAN WILAYAH NEGARANYA KEBUMI PERTIWI INI ,KEMUNGKINAN BANYAK NEGARA DIBARAT DAN TIMUR JUGA MENGINGINKAN BUMI NUSANTARA KARENA NEGERI INI BANYAK MENYIMPAN KEKAYAAN ALAM YANG TAK TERHINGGA SAMPAI RAKYAT MENCARI SELITER MINYAK TANAH SAJA HARUS BERDESAKKAN BERSUSAH PAYAH .
    DAN DILECEHKAN DIDALAM NEGERI,SEKELOMPOK ORANG BERJUBAH MENISTAKAN ANGGOTA DEWAN DIBANYU WANGI DENGAN ALASAN YANG SANGAT SULIT DIMENGERTI ,DAN PERAMPOKKAN MUNCUL DIMANA MANA DARI PERAMPOK TRADISIONAL S/D PERAMPOK BERDASI SALING BERLOMBA MENGUMPULKAN HARTA DENGAN SEGALA CARA .

    DANRAMIL DIBALI DITANGTANG PREMAN DENGAN GAGAH BERANI ,SEAKAN PRAJURIT NEGERI INI SUDAH TIADA BER’ARTI & TAK MENGERTI SERAGAM DANRAMIL ADALAH LAMBANG KEKUATAN PERTAHANAN NEGARA KITA ,
    PREMAN PREMAN PERKASA DENGAN GAGAH NYA MENYERBU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA(smp DIBALI) MENGHAJAR SEKURITY SEKOLAH DAN MENCACI MENISTAKAN KOMANDAN MILITER WILAYAH….OH JAMAN MAKIN MAJU MAKIN TAK TERKENDALI ,NEGARA YANG DULU TERKENAL JAYA RAYA MEMILIKI KEKAYAN ALAM YANG TIADA TARA MEMILIKI MASYARAKAT SANTUN LUAR BIASA DAN MEMILIKI ANGKATAN BERSENJATA YANG GAGAH PERKASA TAPI SEMAKIN HARI SEMAKIN TAK BERSUARA ??????????

    BINGUNG AKU BINGUNG MENAHAN MARAH KULANTUNKAN SEUNTAI LAGU YANG TAK BERIRAMA KENANGAN MASA YANG TERLUPAKAN TELAH LAMA “

    ♫ ALANGKAH GAGAHNYA MIRING TOPINYA ,KUNAMAKAN DIA BURUNG GARUDA YANG ISTIMEWAHH…♫

    MAKNA SYAIR LAGU MENUNJUKKAN BETAPA GAGAHNYA WAHAI PRAJURIT-PRAJURIT NUSANTARA SEHINGGA ENGKAU DIJULUKI SANG BURUNG GARUDA YANG GAGAH PERKASA,TAJAM MATAMU BUKANNYA REDUP MENGIBA PADA PENISTA NEGARA,TAJAM PATOK MU BUKAN UNTUK MENGANCAM RAKYAT PAPA TAPI MEMBELA KELESTARIAN KEAMANAN NKRI DARI SABANG SD MARAWKE
    WAHAI BURUNG GARUDA NYARING SUARAMU MENGGEMA DIANGKASA RAYA,BUKAN UNTUK MENGERTAK RAKYAT YANG SEDANG SUSAH ,GEMAKAN SUARAMU KESELURUH DUNIA AGAR TIADA YANG BERANI MENJAMAH NUSANTARA
    TUNJUKKAN CAKAR CAKAR TAJAMMU WAHAI GARUDA GARUDA NUSANTARA,,TUNJUKKAN SOLIDER RITASMU PADA PETUGAS PATROLI YANG TERKULAI DIRUANG SANDERA MENATAP SAYU PENUH HARAP DATANG BALATENTARA NUSANTARA MEMBALAS PENHINAAN MEREKA PADA NEGARA INDONESIA TAPI YANG ADA MALAH DITUKAR DENGAN MALING MALING KEKAYAAN MARITIM NEGERI KITA.

    PENANYANGAN PENANYANGAN DIMEDIA CETAK MAUPUN DIMEDIA TV HAL HAL KEJADIAN DINEGERI INI DITAYANGKAN DISELURUH DUNIA , BUKANLAH DRAMA MENGALIHKAN BERITA DERITA RAKYAT KORBAN KEBIJAKKAN PEMAKAIAN GAS ELPIJI SEBAGAI PENGGANTI MINYAK TANAH,
    PENANYANGAN PENANYANGAN DIMEDIA CETAK MAUPUN DIMEDIA TV HAL HAL KEJADIAN HILIR MUDIKNYA PATROLI KAPAL PERANG RAJA DIRAJA MALAYSIA DIPERBATASAN NKRI MALAYSIA / KRONOLOGI BETAPA GAGAHNYA ANGKATAN LAUT MALAYSIA MENANGKAP PETUGAS PATROLI INDONESIA DIWILAYAH TRITORIAL NKRI ITU SENDIRI

    , PIDATO PERDANA MENTRI MALAYSIA DIHARI KEMERDEKKAANNYA BEGITU MEMBARA MEMBAKAR SEMANGAT RAKYATNYA UNTUK SIAGA ,BERITA SURAT PRESIDEN KITA YANG DIABAIKAN PERDANA MENTRI MALAYSIA
    INI DITAYANGKAN DISELURUH DUNIA , INI BUKAN DAGELAN KOMEDI MENGALIHKAN BERITA PARA KORUPTOR PENCURI UANG NEGARA TAPI INI FAKTA INI NYATA ,
    JIKA RAKYAT MARAH ITU TANDANYA JIWA NASIONALIS RAKYAT INDONESIA MASIH MEMBAJA WALAUPUN KEHIDUPAN MAKIN HARI MAKIN MERANA,RAKYAT MASIH INGAT BUTIR2 UUD 45 HAL WILAYAH NKRI DAN PEMBELAAN NEGARA,
    RAKYAT MARAH BUKAN KARNA MEMBELA 3 ORANG ANAK MANUSIA TAPI RAKYAT MARAH KARENA PENYADERAAN 3 ORANG MANUSIA ITU ADALAH PETUGAS PATROLI INDONESIA DIRAGANYA DIBALUT SERAGAM KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ,DAN DIBAJUNYA TERTEMPEL MERAH PUTIH DAN BURUNG PANCASILA LAMBANG KEBESARAN SUATU NEGARA

    COBA INGAT PENGGALAN SEBUAH SYAIR LAGU ;
    ♫ SIAPA BERANI MENURUNKAN ENGKAU SERENTAK RAKYATMU MEMBELA,SANG MERAH PUTIH YANG PERKASA BERKIBARLAH SELAMA LAMANYA♫
    ARTI PENGGALAN SYAIR ITU MENGATAKKAN JIKA ADA YANG BERANI MENURUNKAN MERAH PUTIH SERENTAK RAKYAT INDONESIA MEMBELA,TAPI LIAT TAYANGAN DITV PETUGAS PATROLI YANG DITANGKAP DIPERAIRAN INDONESIA SENDIRI.BUKAN DIPERAIRAN MALAYSIA ,PETUGAS KITA DISURUH DUDUK DILANTAI ARTINYA DENGAN ORANG ITU DUDUK DILANTAI LAMBANG NEGARA INDONESIA YANG MENEMPEL DIBADAN PETUGAS PATROLI INDONESIA IKUT DIRENDAHKAN DIBAWAH TELAPAK KAKI ANGKATAN BERSENJATA MALAYSIA ???

    DIAM BUKAN BISU
    GELISAH BUKAN BERSALAH
    MARAH BUKAN GILA
    JIKA DICACI KITA MENGUSAP DADA
    JIKA DIMAKI KITA TERSENYUM MENUTUP TELINGA
    KETIKA PRAJURIT ANGKATAN LAUT RAJA DIRAJA MALAYSIA MENARI NARI DI TRITORIAL INDONESIA ,ENGKAU DIAM TAK BERKATA KATA ,MUNGKIN BIASA ,ENTAH RAMAH ,ENTAH NUNGGU PERINTAH ENTAH TAKUT DILAWAN TENTARA MALAYSIA
    RAKYAT INDONESIA MARAH SAMPAI TERTIDUR PULAS LELAH DAN MELUPAKAN SEMUANYA.
    KETIKA 3 PETUGAS PATROLI INDONESIA DISANDERA ,RAKYAT MARAH TAPI BINGUNG HARUS BERBUAT APA KARNA SANG PEMIMPIN BERKATA TAK ADA APA APA SALAH PAHAM SAJA,AMARAH RAKYATPUN REDUP BAGAIKAN LAMPU TANPA MINYAK TANAH,SEMENTARA DIMALAYSIA PERDANA MENTRI NYA SIBUK MEMBAKAR SEMANGAT PATRIOTIK MEMBELA NEGARA DAN SIAP SIAGA MENGORBANKAN JIWA RAGA UNTUK KEWIBAWAAN BANGSA DAN NEGARA.
    SEKOLAH DISERBU PREMAN YANG GAGAH PERKASA DANRAMIL DITANGTANG MEREKA DENGAN GAGAH BERANI ,
    RAKYAT BINGUNG SETELAH MELIHAT BERITA DIMEDIA CETAK DAN DIMEDIA TV ,,,INI JAMAN SUDAH MENGGILA ATAU ANGKATAN BERSENJATA KITA TELAH MELUPAKAN SUMPAH DAN JANJI NYA PADA IBU PERTIWI YANG TERSENYUM PENUH ARTI YANG SULIT DIMENGERTI ,HANYA LETUPAN GUNUNG MERAPI SEBAGAI TANDA PENRINGATAN PENGINGAT DIRI ,AGAR IBADAH TIDAK DIHIASI KEMUNAFIKAN NAPSU MEMENUHI KEPENTINGAN PRIBADI

  5. Luar Biasa Inilah sosok patriotik sejati INDONESIA, andai pemimpin kita seperti anda, Pasti kita tidak akan dilecehkan negara lainnya…MAJU TERUS INDONESIAKU…GARUDAKU….

  6. malaysia adalah negara yang msh sama berkembangnya dgn indonesia.. hanya saja perekonomianya yang lebih baik. tp jangan salah indonesia ini negara yang memiliki potensial menjadi negara maju..lihatlah kekayaan alam indonesia yang menjadi modal

  7. malaysia adalah negara yang msh sama berkembangnya dgn indonesia.. hanya saja perekonomianya yang lebih baik. tp jangan salah indonesia ini negara yang memiliki potensial menjadi negara maju..lihatlah kekayaan alam indonesia yang menjadi modal menjadi sumber yang jauh lebih besar di banding malaysia yang sukanya hanya mencuri kekayaan alam indonesia. toh kita sebagai warga negara yang mencintai indonesia ini sebagai negara yang besar berbhineka tunggal ika ini. siap membela tanah air indonesia ini..mengingat begitu besarnya nilai nilai ahli waris dari pendahulu kita..majulah indonesiaku..jayalah negeriku..mari kita buat perhitungan dengan malaysia agar tidak sewenang wenang dengan titipan dan cita cita dari para pendahulu kita yang mempertahankan rela berkorban demi keutuhan untuk anak cucu kita..MERDEKAAA!!!

  8. Sebenarnya malaysia bukan lawan INDONESIA, indonesia adalah negara besar sedang malaysia negara yg masih netek ama inggris, malaysia negara munafiq, malaysia negara bodoh makanya sbg bangsa indonesia ndak usah khawatir, suatu saat malaisia akan kita injak dan raja malaisia akan kita bakar.

  9. BENAR INDONESIA NEGARA BESAR, YG BENTAR LAGI AKAN MENJADI NEGARA MAJU DG DI MULAI NYA PENGEMBANGAN INDUSTRI PERTAHANAN NYA DI DALAM NEGRI, kalau malaisi hanya mengandalkan INGGRIS dan AUSTRA yg bentar lagi inggris akan di lumat IRAN dan malai akan menangis sepanjang masa

  10. malaysia tidak bisa memproduksi pesawat dan kapal,sedangkan indonesia bisa

  1. Ping-balik: Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia VS Malaysia | PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 4 MALANG

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.439 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: