MASYARAKAT PRASEJARAH INDONESIA

CIRI – CIRI ZAMAN PRASEJARAH INDONESIA

ZAMAN BATU

zaman ini terbagi menjadi 4 zaman yaitu :

i. Palaeolithikum (Zaman Batu Tua),

Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang masih kasar dan belum dihaluskan. Contoh alat-alat tsb adalah :
• Kapak Genggam, banyak ditemukan di daerah Pacitan. Alat ini biasanya disebut “Chopper” (alat penetak/pemotong)
• Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa : alat penusuk (belati), ujung tombak bergerigi
• Flakes, yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu Chalcedon,yang dapat digunakan untuk mengupas makanan.
Alat-alat dari tulang dan Flakes, termasuk hasil kebudayaan Ngandong. Kegunaan alat-alat ini pada umumnya untuk : berburu, menangkap ikan, mengumpulkan ubi dan buah-buahan.
• Berdasarkan daerah penemuannya maka alat-alat kebudayaan Paleolithikum tersebut dapat dikelompokan menjadi :
• Kebudayaan Pacitan dan Ngandong
Manusia pendukung kebudayaan
• Pacitan : Pithecanthropus dan
• Ngandong : Homo Wajakensis dan Homo soloensis.

sej101_05

gb1. jenis alat batu pada jaman Batu Tua

ii. Mesolithikum (Zaman Batu Tengah)

Ciri zaman Mesolithikum :
• Alat-alat pada zaman ini hampir sama dengan zaman Palaeolithikum.
• Ditemukannya bukit-bukit kerang dipinggir pantai yang disebut “kjoken modinger” (sampah dapur) Kjoken =dapur, moding = sampah)
• Alat-alat zaman Mesolithikum :
• Kapak genggam (peble)
• Kapak pendek (hache Courte)
• Pipisan (batu-batu penggiling)
• Kapak-kapak tersebut terbuat dari batu kali yang dibelah
• Alat-alat di atas banyak ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Flores
• Alat-alat Kebudayaan Mesolithikum yang ditemukan di gua-gua yang disebut “Abris Sous Roche ” Adapun alat-alat tersebut adalah :
• Flaces (alat serpih) , yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu dan berguna untuk mengupas makanan.
• Ujung mata panah,
• batu penggilingan (pipisan),
• kapak,
• alat-alat dari tulang dan tanduk rusa,
• Alat-alat ini ditemukan di gua lawa Sampung Jawa Timur (Istilahnya : Sampung Bone Culture = kebudayaan Sampung terbuat dari Tulang)

Tiga bagian penting Kebudayaan Mesolithikum,yaitu :
• Peble-Culture (alat kebudayaan Kapak genggam) didapatkan di Kjokken Modinger
• Bone-Culture (alat kebudayaan dari Tulang)
• Flakes Culture (kebudayaan alat serpih) didapatkan di Abris sous Roche
• Manusia Pendukung Kebudayaan Mesolithikum adalah bangsa Papua -Melanosoid

sej101_11

gb2. Alat pada jaman Batu Tengah

iii. Neolithikum (Zaman Batu Muda)

Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang sudah dihaluskan.
Contoh alat tersebut :
• Kapak Persegi, misalnya : Beliung, Pacul dan Torah untuk mengerjakan kayu. Ditemukan di Sumatera, Jawa, bali, Nusatenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan
• Kapak Bahu, sama seperti kapak persegi ,hanya di bagian yang diikatkan pada tangkainya diberi leher. Hanya di temukan di Minahasa
• Kapak Lonjong, banyak ditemukan di Irian, Seram, Gorong, Tanimbar, Leti, Minahasa dan Serawak
• Perhiasan ( gelang dan kalung dari batu indah), ditemukan di jAwa
• Pakaian (dari kulit kayu)
• Tembikar (periuk belanga), ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Melolo(Sumba)
• Manusia pendukung Kebudayaan Neolithikum adalah bangsa Austronesia (Austria) dan Austro-Asia (Khmer –Indochina)

sej101_13

Gb3. Alat jaman Batu Muda

iv. Megalithikum (Zaman Batu Besar )

Hasil kebudayaan zaman Megalithikum adalah sebagai berikut :
• Menhir , adalah tugu batu yang didirikan sebagai tempat pemujaan untuk memperingati arwah nenek moyang
• Dolmen, adalah meja batu, merupakan tempat sesaji dan pemujaan kepada roh nenek moyang, Adapu;a yang digunakan untuk kuburan
• Sarchopagus atau keranda, bentuknya seperti lesung yang mempunyai tutup
• Kubur batu/peti mati yang terbuat dari batu besar yang masing-masing papan batunya lepas satu sama lain
• Punden berundak-undak, bangunan tempat pemujaan yang tersusun bertingkat-tingkat

ZAMAN LOGAM

zaman ini terbagi menjadi 2 zaman yaitu :

1. Zaman Perunggu
Hasil kebudayaan perunggu yang ditemukan di Indonesia adalah :
• Kapak Corong (Kapak Perunggu), banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Jawa, Balio, Sulawesi dan Kepulauan Selayar dan Irian.Kegunaannya sebagi alat perkakas.
• Nekara perunggu(Moko), bebrbentuk seperti dandang. Banyak ditemukan di daerah : Sumatera, Jawa Bali, Sumbawa, Roti, Leti, Selayar dan Kep. Kei. Kegunaan untuk acara keagamaan dan maskawin.
• Bejana Perunggu, bentuknya mirip gitar Spanyol tetapi tanpa tangkai. Hanya ditemukan di Madura dan Sumatera
• Arca-arca Perunggu, banyak ditemukan di Bangkinang(Riau), Lumajang (Jatim) dan Bogor (Jabar)
• Perhiasan : gelang, anting-anting, kalung dan cincin.
Kebudayaan Perunggu sering disebut juga sebagi kebudayaan Dongson-Tonkin Cina karena disanalah Pusat Kebudayaan Perunggu.

2. Zaman Besi
Pada masa ini manusia telah dapat melebur besi untuk dituang menjadi alat-alat yang dibutuhkan, pada masa ini di Indonesia tidak banyak ditemukan alat-alat yang terbuat dari besi.
Alat-alat yang ditemukan adalah :
• Mata kapak, yang dikaitkan pada tangkai dari kayu, berfungsi untuk membelah kayu
• Mata Sabit, digunakan untuk menyabit tumbuh-tumbuhan
• Mata pisau
• Mata pedang
• Cangkul, dll
Jenis-jenis benda tersebut banyak ditemukan di Gunung Kidul(Yogyakarta), Bogor, Besuki dan Punung (Jawa Timur)

2. KEHIDUPAN MASYARAKAT PRASEJARAH

FOOD GATHERING
Ciri zaman ini adalah :
• Mata pencaharian berburu dan mengumpulkan makanan
• Nomaden, yaitu Hidup berpindah-pindah dan belum menetap
• Tempat tinggalnya : gua-gua
• Alat-alat yang digunakan terbuat dari batu kali yang masih kasar, tulang dan tanduk rusa
• Zaman ini hampir bersamaan dengan zaman batu tua (Palaeolithikum) dan Zaman batu tengah (Mesolithikum)

FOOD PRODUCING
• Ciri zaman ini adalah :
• Telah mulai menetap
• Pandai membuat rumah sebagi tempat tinggal
• Cara menghasilkan makanan dengan bercocok tanam atau berhuma
• Mulai terbentuk kelompok-kelompok masyarakat
• Alat-alat terbuat dari kayu, tanduk, tulang, bambu ,tanah liat dan batu
• Alat-alatnya sudah diupam/diasah

Zaman bercocok tanam ini bersamaan dengan zaman Neolithikum (zaman batu muda) dan Zaman Megalithikum (zaman batu besar)

ZAMAN PERUNDAGIAN

• Manusia telah pandai membuat alat-alat dari logam dengan keterampilandan keahlian khusus
• Teknik pembuatan benda dari logam disebut a cire perdue yaitu, dibuat model cetakannya dulu dari lilin yang ditutup dengan tanah liat kemudian dipanaskan sehingga lilinya mencair. Setelah itu dituangkan logamnya.
• Tingkat perekonomian masyarakat telah mencapai kemakmuran
• Sudah mengenal bersawah
• Alat-alat yang dihasilkan : kapak corong, nekara,pisau, tajak dan alat pertanian dari logam
• Telah mencapai taraf perkembangan sosial ekonomi yang mantap

About these ads

Posted on 6 September 2009, in BERITA SEJARAH. Bookmark the permalink. 82 Komentar.

  1. Waaa…
    Jd inget pLajaran Sejarah.. ^_^

  2. thanks sudah masuk di blogku, SUKARNO pernah bilang ” JAS MERAH” lho ( jangan sekali-kali meninggalkan sejarah)

    • ok, sir!! karena suatu bangsa tidak akan pernah maju apabila belum mengenal sejarah perjuangan bangsanya sendiri. Ya tidak ? :D

  3. terima kasih ya p. Rusdi ……infonya

  4. thanks ya pak atas

    informasi nya

    smoga bisa brmanfaat

  5. woi baguz juga
    sekalian gambar fosil ma fotonya juga donk

  6. dyani safira facrany

    untung ada ini gw bisa ngopi hehehehe
    kan suruhn ringkas sejarah

  7. kurang lengkap nech ………………………………………………………………………………………………….
    lengkapin lge dunk !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. Keren banget..tapi ada satu yang kurang maksudku aku gk bisa nemuin disini aku kan disuruh mencari pengertian tentang Kjokken Modinger Megalithikum arbis sourche roche copper dan flakes tapi gk ada…tolong ya…ditambahin dokumennya biar tambah lengkap..OK..

    • Kjokken Moddinger adalah kebudayaan manusia purba yang hidup di pinggir pantai. berasal dari bahasa DENMARK yang artinya sampah dapur. kenapa disebut sampah dapur karena yang ditemukan adalah benda-benda yang merupakan bagian dari aktivitas di dapur misal piring, gelas, dlsb. Di Indonesia, kebudayaan ini hanya di temukan di pesisir timur pantai sumatra.
      Abris Souce Roche adalah kebudayaan manusia purba yang hidup di gua-gua. Biasanya berupa lukisan-lukisan yang ada di langit-langit/dinding gua yang banyak berhubungan dengan sistem kepercayaan mereka.
      Chopper adalah kapak genggam yang berguna untuk menggali tanah
      Flakes adalah pecahan-pecahan batu (kecil-kecil) yag digunakan untuk memotong, menggali tanah
      Megalitikum adalah kebudayaan berupa batu-batu besar. berhubungan dengan kepercayaan (animisme) masyarakat saat itu. hasil budayanya antara lain :
      a. Menhir ( tugu pemujaan roh nenek moyang)
      b. Waruga( semcam peti bentuknya kubus)
      c. Sarkogafus ( semacam peti bentuknya persegi panjang )
      d. Punden berundak ( semacam menhir berfungsi sebagai t4 pemujaan cuman bertingkat-tingkat)
      e. Dolmen ( meja batu yang berfungi untuk meletakkan sesaji dan dibawah meja untuk makam/kuburan)

  9. seru nih ngoleksi barang2 antik apalagi batu…

  10. thx buat infonya ngebantu banget

  11. Wahh saya senang dengan situs ini , tapi saya boleh saran kan ? bahan sejarahnya diperbanyak biar murid tidak terlalu susah mencari sumber hehehe makasih

  12. uh,,, gmbr2’a d bnyakin n di deskripsiin dund byar lebh jlas…

  13. Pak aku nanya, ada gak manusia Neandertalensis di Indonesia??, karena aku lihat di BBC, manusia Neandertalensis adalah yang paling mampu bertahan hidup dari yang lain

  14. Pak, aku mau nanya ada g manusia Neandertalensis di Indonesia??

  15. asslamualaikum wr.wb.
    bagaimana pandangan agama islam manusia purba? karena mereka tidak mempunyai akal yang tinggi dan belum menganut kepercayaan, jadi belum menganal apapun. sedangkan dalam agama islam, syarat-syarat masuk surga adalah sholat 5 waktu (dan itu termasuk tiang agama. lha bagimana nasib mereka di akhirat?

    (NB: dalam agama islam, sejak mansusia diciptakan (nabi adam as) sudah diwajibkan beriman kepada Allah SWT)

    dan mohon pertanyaan ini dijawab secepat mungkin, karena pertanyaan saya ini adalah bahan diskusi di sekolah saya. terima kasih, wassalamualaikum wr.wb.

    • pada prinsipnya manusia purba juga manusia yang diciptakan Allah SWT. penyebutan “purba” itu hanya istilah dalam ilmu sejarah saja. kalau dihubungkan dengan islam, barangkali mungkin mereka bisa dikatakan tidak akan masuk surga. Tapi perlu diingat, bahwa perkembangan manusia purba dari awal sampai akhir memang semakin sempurna, baik dari segi fisik, budaya bahkan kepercayaan. Dan manusia purba yang terakhir yang disebut HOMO SAPIENS, adalah jenis manusia purba yang sdah CERDAS dan SUDAH MAJU, diantaranya mereka sudah mengenal kepercayaan, walaupun pd awalnya kepercayaan ANIMISME. tapi sejalannya waktu, kepercayaan masyarakat semakin beragam, hingga masuknya pengaruh Islam, kristen, katholik, hindu ke Nusantara. kalau ditanyakan nasib mereka di akhirat, Wallahu a’lam. mungkin jawaban saya kurang memuaskan, tapi saya melihat dari segi Ilmu sejarah. Tapi terima kasih atas perhatiannya.

      • boleh saran….
        kepercayan religi dan ilmiah sulit, bahkan tidak dapat bertemu dalam satu jalur.
        ya..untuk permasalahan lain sih memang ada yang dpat bertemu antara ilmiah dan religi, tetapi untuk masalah ini menurut saya agama dan ilmiah tidak dapat bertemu dalam satu substansi pengertian yang positif.
        terima kasih.

      • terima kasih atas sarannya.

  16. thanks zaw ngasih tw infonya

  17. pak’ apakah pantas mempelajari tentang adanya manusia purba, sedangkan agama kt sangat bertentangan dengan akal sehat kita

  18. wah web ini baguss bgt… cumannnn tambahinn gambar alat-alat pada zaman logam dunkk.. aku mau tau…

  19. kk zaman logam sejaranya lengkap tapi GAMBAR NYA mana kk liatin dongss!!!!!

  20. thanks,
    sya jg ank Pend. Sejarah..
    Alhmdllah bsa sdkt mmbnt tgs sya..

  21. thanks atas blognya ^_^

  22. info nya kurang lengkap tapi tolong di perbanyak

  23. Terima kasih atas informasinya. Saya jadi bisa membuat tugas presentasi sejarah.

  24. aku bisa ingat tentang pelajaran sejarah

  25. tapi ada yang masih kurang tolong ditambahin yang banyak

  26. pak, saya mau nanya teknik pembuatan dari peninggalan perunggu itu apa ya? saya ada tugas presentasi. terima kasih.

  27. beberapa tahun terakhir ini ditemukan sbuah bukti oleh Arysio Santos berdasarkan cerita Aristoteles bahwa peradaban atlantis yang hilang itu ternyata di indonesia (bahkan Arysio Santos menyalahkan teori Aristoteles mengenai tempat atlantis yang hilang itu) dan itu terjadi sekitar 11000 tahun sbelum masehi, bagaimana pendapat anda tentang hal ini?

  28. Wah terima kasih untuk artikel’y mas. . .
    Bisa buwat untuk belajar ne haha. . .

  29. bukannya dulu manusia pertama di bumi itu nabi adam..
    berarti nabi adam manusia putba donk..ayo sapa bisa jawab..

  30. makasih pak atas pengetahuannya..tambahin gambarnya ya..perlu banget buat tugas

  31. hary eko priyono

    terima asih atas tulisan tulisannya, sangat membantu dalam menjelaskan dalam pelajaran seni dan budaya,

  32. makasih banyak….. bisa bantu buat nyelesein tugas ni….

  33. Izin copas pak Rusdi, boleh kan ?

  34. bgs sih.cuman fungsi2 krg!!!!!!!!
    n nama2 nggAK ADAA!!!!!!!

  35. iiihhh… kok gk komplet bgt sihhh…???
    a kan jd bingung?????????

  36. Terima kasih banyak pak infonya .

  37. update terus dong, bisa bantu2 buat ngerjain tugas nihh

  38. pak saya mau nanya pengertian kyokkenmodinger tuch apa sich

  39. boleh ga copas tntg sejarah yg bapak beritahukan..??
    soal’a saya mwu bmemperdalam ilmu sejarah….
    trimks…

  40. pak….saya copas boleh gak..???

  41. valentine dhe brenda

    pak banyak sekali manfaatnya

  42. o ya pak…ad 1 lagi yg mwu saya katakan……ketika beratus2 tahun yg lalu….
    bumi it7u berupa ap…???? apakah sperti planet yg tidak ad kehidupan..???

  43. pa tolong dong jelasin jenis-jenis kampaknya!

  44. pak gambar yang lain mna ???

  45. makasih yach ataszz info ini ….
    soalnya aq adaa tugazz sejarah jadi tw dehh …
    jadii tw tenntang zamand ppra sejarahh

  46. makasih, yach karena baca n” download ini ujian ku jadi beres deh…………….

  47. makasih, yach karena baca n” download ini ujian ku jadi beres deh…..
    infonya juga berharga soalnya berguna, jadi ujian ku dapat 9,8! aku juga tertinggi pertama di ujian sejarah.

  48. pak apa maksud dari
    A. bache courtt
    B.pebble
    C.healzenbeil
    D.acireperdue
    E.kleinbeil

  49. apa maksud dari
    kleinbeil,pandhusa,acireperdue,pebble,healzenbeil
    dalam sejarah nya

  50. pak saya mau tanya apa yang dimaksud dengan Kjokkenmodinger ?

    • kjokkenmoddinger adalah peninggalan manusia purba yang banyak ditemukan di pinggir2 pantai ( kjokken : sampah, moddinger : dapur), bentuknya berupa sisa-sisa sampah kegiatan di dapur, seperti perkakas, barang pecah belah, dll

  51. Religi dan sejarah tidak/belum sejalan karena belum ditemukannya secara utuh atas bukti dan teori sejarah yang benar..

    Dalam artian bisa saja manusia di bumi dari awal penciptaan sudah memiliki akal budi yg sama dengan kita dgn teknologi yg selalu berkembang pula, namun karena suatu hal menjadikan peradaban hancur tanpa bukti, sehingga manusia kembali pada masa kemunduran kembali..

  52. Isinya bagus ,,, terus kasih info baru yangendidik ya

  53. Pak, saya mau tanya, pendukung budaya Kjokkenmodinger itu manusia jenis apa ya? Kan kalau tidak salah ada beberapa jenis manusia purba…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.401 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: