Bank Soal Antropologi

Soal Latihan Antropologi XII Bahasa

Soal Latihan Antropologi Smt 1 Kelas XII BHS

  1. pak mohon jawabanya dari kumpulan soal antropologi trimakasih

  2. ada soal2 antro kelas XI bahasa ga pak??

  3. terima kasih,Pak.
    kalo bisa yag lebih bnyk lagi

  4. Terimakasih atas soal”ny..
    lumayan membantu..

  5. Blog Bapak bagus sekali. Soalnya saya pakai untuk ngajar ya pak. Terima kasih.

  6. tolong kirimkan contoh RPP Antropologi kls XI dan XII.trim atas bantuannya

    • ini baru say kirimkan RPP kelas XI BHS pak:

      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

      Mata Pelajaran : Antropologi
      Kelas / Semester : XI / 1
      Pertemuan ke : 1
      Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
      Standar Kompetensi : Menganalisis Kesamaan dan Keragaman Budaya
      Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya.
      Indikator : – Mendiskripsikan berbagai budaya lokal
      – Menganalisis pengaruh budaya asing
      – Mendiskripsikan pengaruh hubungan antar budaya
      I. Tujuan Pembelajaran :
      • Siswa mampu mencermati berbagai budaya lokal
      • Siswa dapat menjelaskan pengaruh hubungan antar budaya
      • Siswa dapat menjelaskan pengaruh budaya asing
      • Siswa mampu meyimpulkan pengaruh hubungan antar budaya dan pengaruh budaya asing.

      II. Materi Ajar (Materi Pokok)
      • Keanekaragaman budaya

      III. Metode Pembelajaran
      • Pengamatan
      • Diskusi
      • Penugasan

      IV. Langkah-langkah Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
      • Menyiapkan kondisi fisik dan mental siswa dengan cara relaksasi. Contoh : Yel-yel Siswa
      • Curah pendapat tentang pengetahuan siswa mengenai ciri budaya setempat / lokal.
      b. Kegiatan Inti
      • Guru membagi kasus atau gambar berbagai budaya lokal dan asing
      • Siswa mendiskusikan kasus/gambar dengan teman sebangku meliputi :
      1. Pendapat Van Vollenhoven
      Van Vollenhoven Membagi Masyarakat Indonesia Ke Dalam 19 Lingkungan Hukum adat. Koentjoroningrat Menyebutkan Ke-19 Lingkungan Hukum adat Ini Sebagai Daerah Kebudayaan Atau Culture Area Yaitu Sebagai Berikut :
      1. Aceh 9. Gorontalo
      2a. Gayo, Alas, dan Batak 10. Toraja
      2b. Nias dan Batu 11. Sulawesi Selatan
      3a. Minangkabau 12. Ternate
      3b. Mentawai 13a. Ambon-Maluku
      4a. Sumatera Selatan 13b. Kepulauan Barat Daya
      4b. Enggano 14. Irian
      5. Melayu 15. Timor
      6. Bangka dan Belitung 16. Bali dan Lombok
      7. Kalimantan 17. Jawa Tengah dan Jawa Timur
      8a. Minahasa 18 Surakarta dan Jogyakarta
      8b. Sangir Talaud 19. Jawa Barat
      Dari pendapat tersebut unsur-unsur budaya apa saja yang digunakan untuk membagi lingkungan hukum adat, jelaskan.

      2. Perhatikan Gambar Pakaian Adat
      Aceh

      Jogyakarta Maluku

      Jelaskan perbedaan dan persamaan dari gambar tersebut !

      3. Gambar Seni Bangunan
      Bangunan model Barat

      Bangunan model Timur

      Jelaskan perbedaan dari gambar di atas !

      4. Kasus

      Ciri khas budaya di Indonesia bercorak budaya barat dan timur
      Bagaimana proses masuknya budaya asing ke Nusantara ? Adakah pengaruh perpaduan budaya lokal dan budaya asing. Jelaskan !

      5. Kasus

      Keunikan budaya Indonesia merupakan asset nasional yang mempunyai nilai sangat tinggi
      Bagaimana pendapat anda potensi keragaman budaya di Indonesia, perlukah adanya pelestarian budaya ? Jelaskan !

      • Laporan hasil diskusi ditulis di papan tulis atau white board.
      • Tanggapan dari kelompok dibuat telly, dari hasil frekwensi banyaknya telly menjadi rekomendasi dan prioritas.

      c. Penutup
      • Memberikan postest kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari.
      • Menyimpulkan keragaman budaya yang telah didiskusikan.
      • Tindak lanjut berupa proyek tentang issue yang sedang hangat di sekitar kehidupannya berkaitan keanekaragaman budaya (proyek siswa dijadikan sebagai dokumen portofolio).

      VI. Alat – bahan dan sumber belajar
      • Buku Antropologi
      • Bahan bacaan (buku, artikel, internet, koran yang relevan)
      • Gambar, foto, CD.
      • Masyarakat setempat.

      VI. Penilaian
      1. Penilaian performance
      • Diskusi kelompok tentang berbagai budaya lokal dan hubungan antar budaya.
      • Aspek yang dinilai.
      – Kecakapan akademis
      – Kecakapan sosial
      • Pedoman pensekoran
      – Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik
      – Skor 4, jika penguasaan materi baik
      – Skor 3, jika penguasaan materi sedang
      – Skor 2, jika penguasaan materi kurang
      – Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang.
      • Pengembangan konsep
      – Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik.
      – Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan dengan baik.
      – Skor 3, jika pengembangan konsepnya
      – Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya
      – Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya.
      2. Kecakapan sosial
      • Kerjasama dalam kelompok
      – Skor 5, jika kerjasamanya dalam kelompok sangat baik
      – Skor 4, jika kerjasamanya dalam kelompok baik
      – Skor 3, jika kerjasamanya dalam kelompok cukup
      – Skor 2, jika kerjasamanya dalam kelompok kurang
      – Skor 1, jika kerjasamanya dalam kelompok sangat kurang
      • Hubungan dengan kelompok lain
      – Skor 5, jika dapat bertanya dan menjawab dengan sangat baik pada saat diskusi kelas
      – Skor 4, jika dapat bertanya dan menjawab dalam kelompok baik pada saat diskusi kelas
      – Skor 3, jika dapat bertanya dan menjawab dengan baik pada saat diskusi kelas
      – Skor 2, jika kemampuan kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas
      – Skor 1, jika kemampuan sangat kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas.

      • Tanggung jawab
      – Skor 5, jika tanggung jawab dalam kelompok sangat baik
      – Skor 4, jika tanggung jawab dalam kelompok baik
      – Skor 3, jika tanggung jawab dalam kelompok cukup
      – Skor 2, jika tanggung jawab dalam kelompok kurang
      – Skor 1, jika tanggung jawab dalam kelompok sangat kurang
      • Aspek penilaian lain :
      No Aspek Yang dinilai BS B C K
      1. Terbuka
      2. Perhatian/antusias
      3. Keaktifan
      4. Minat
      5. Disiplin
      6. Tanggung jawab
      Jumlah skor

      Keterangan :
      BS = 4
      B = 3
      C = 2
      K = 1
      • Laporan Tertulis Kelompok
      No Aspek Skor
      1. Sistematika 1 2 3 4
      2. Isi materi 1 2 3 4
      3. Bahasa 1 2 3 4

      Mengetahui, Kepala Sekolah

      ( Drs.H.Agus Hadi Susanto,M.S.I.) NIP: 195502 10 198603 1 001

      Surakarta, 21 Juli 2009
      Guru Mata Pelajaran,

      ( Rusdi Mustapa, S.Pd )

  7. sangat membantu belajar siswa kelaas 12 bahasa.
    apalagi jarang ada soal khusus kelas bahasa.
    trmksh….

  8. ada soal lain lagi ngga?

  9. soal ini sangat membantu sekali,,,, buat latihan UN besok

  10. kalo boleh saya minta materi buat UN juga

  11. terima kasih pak, berkat bank soal antro dari bapak, saya bisa belajar secara online. . .

  12. Pak saya boleh mintak materi antropologi kelas 12 semester 2 tentang materi pengaruh iptek terhadap penyebaran bahasa lokal
    terimakasih

  13. pak.. Bisa minta soal antropologi untuk materi kelas XI semesster 1 dan 2???
    Kalau bisa, ada soal, kunci, dan pembahasannya.
    Makasih sebelumnya pak.

  14. pak.. Bisa minta soal antropologi untuk materi kelas XI semesster 1 dan 2???
    Kalau bisa, ada soal, kunci, dan pembahasannya.
    Terima kasih sebelumnya pak.

  15. pa’ bagaimana caranya agar kami bisa memahami pelajaran antropologi dengan cepat !
    :/

    • soal bagaimana bisa memahami pelajaran antropologi dengan cepat, itu semua tergantung dari bagaimana kamu fokus dalam menerima pelajaran. selain itu banyaklah membaca buku-buku antropologi atau hal-hal yang berhubungan dengan antropologi. antropologi adalah pelajaran yang berhubungan dengan budaya manusia, dan budaya itu sangat luas cakupannya. hal-hal di sekitar kita pasti berhubungan dengan budaya. itu juga bisa kamu jadikan sumber pengetahuan untuk memahami pelajaran antropologi. selamat belajar

  16. Pak, apakah Bapak punya soal UN tahun 2006-2011? Kalau ada, boleh kami minta link downloadnya?

  17. tolong kirimkan soal-soal mapel antropologi krn kami di wil perbatasan timor leste sangat kekurangan buku-buku antroplogi. maksih salam hormat

  18. terimah kasih pak 🙂
    kalau bisa
    soalnya yang banyak

  19. Zainul-Mataram NTB

    Assalam.
    Salam kenal sy zainul di mataram NTB, baru pertama kali mengajar Antorpologi shg banyak hal yang belum saya fahami sehingga butuh shring dengan bapak/ibu guru yang membindangi antropologi.
    Diantara hal yang belum saya fahami adalah :
    1. Bagaimana bisa terjadi perbedaan bahasa dan dialek dari setiap daerah, bahkan dalam wilayah kecil seperti dusun saja terjadi perbedaan?

    Sementara satu dulu pertanyaan saya, smoga teman-teman bisa membagai infonya dan dapat kita diskusikan melalui forum ini
    Trims atas blok ini, sukses tuk mas Rudi
    Wassalm

  20. Pak minta media pembelajaran antro dr kelas XI – XII. trims

  21. terimakasih pak saya mengakses muatan bapak mengenai sejarah. untuk antropologi saya minta RPP kelas XII yang berkarakter.terimakasih

  22. Thank pak…bisa di publikasikan prediksi soal UN antrofologiny sekarang pak

  23. Asslam.Wr.Wb Mks Pak tas Berbagi ilmunya,,,,Mg amal jariyah bapak mendapatkan balasn dr Alloh AWT Amien…

  24. pak bis minta Modul Antropologi Kls XI dn XII G’…Alx D sekolah km Mash Kekurangan Bahan Ajr…

  25. maksih banyak soal latihanya sangat membantu ..!!!

  26. pak makasih soal latihan UN antropologinya, rekuest kuncinya ya….

  27. terimakasih soal antropologi nya sangat membantu 🙂

Tinggalkan Balasan ke hanauliya Batalkan balasan