Sejarah Kelas X

  1. makasiihh banyaaakk ..
    ^_^

  2. makasih byk….telah membantu sy dlm mengajar. semoga diberikan kemudahan dlm mencapai tujuan hidup. materi utk IPAnya di tunggu….

  3. Tolong tuliskan BAGAIMAN CARA MASYARAKAT INNDONESIA ZAMAN PRAAKSARA MEWARISKAN MASA LAULUNYA,TOLONG DI JAWAB ATAU HUBUNGI ALAMAT EMAIL ATAU FECEBOOK SAYA,KARENA TUGASKU MAU DI PRIKSA OLEH GURU SAYA!!!!!

    • Cara masyarakat masa Pra aksara mewariskan masa lalunya bisa dilakukan dengan cara :
      1. Membuat lukisan, terutama lukisan di dinding-dinding goa ( misal goa leang-leang yang ditemukan gambar telapak tangan )
      2. Folklore ( cerita rakyat), yang terdiri dari 3 bentuk yaitu : legenda, mite, dongeng
      3. Folksong ( lagu rakyat), misal lagu-lagu daerah ( misal Gundhul pacul, cublak-cublak suweng)

  4. wah.. keren nih. Thx ya. tugas jadi ga susah-susah nyari nya . ^_^

  5. saya nyari tentang bagaimana budaya politik suku dayak ?
    tapi belom nemu….?
    tolong bantuin dong…/

  6. Bener bwanget… ozzz q jga sama lauu cari tugas gak sah nyari lama22

  7. Wah…sangat memuaskan hati saya….makasih banyak ya??

  8. hal2 ap sjakah yg di wariskan keluarga kpada anakny…????
    tlg ksih tw y,,,,
    emang sech,, aku udh tw sbagian jawabny,,, pie aq mw tw lbih bnyk,, please….
    tq…

  9. ass……………………
    saya mau tanya,boleh tidak saya minta materi JEJAK-JEJAK MASA LAMPAU? Cos di internet gak lengkap materinya

  10. Dina Miranti Putri

    saya mencari pengertian teka teki menurut folklore……????????
    dan contohnya….

    • Menurut Jan Harold Brunvand, Folklore dibagi 3 yaitu :
      Folkore Lisan → Folklore yang bentuknya lisan
      yang masuk dalam kategori ini adalah logat, julukan, titel kebangsawanan, pertanyaan tradisional ( misal teka-teki, puisi rakyat). Contoh Teka-teki adalah : ” kasebut opo barang sing papane ono ing antarane kempole wong lanang lan asring di elus-elus kanthi tenogo sing kuwat ? jawabane : rem becak

      Foklore sebagian lisan → campuran unsur lisan dan bukan lisan

      Folklore Bukan Lisan → bentuknya bukan lisan tapi cara pembuatannya diajarkan secara lisan

  11. eh ehh… akk mau nanya
    mengidentifikasikan cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur?????

  12. tolong bantu saya mencari gambar ARCA PERUNGGU,tapi saya belum nemuin tolong bantu saya menemukannya.please………….

  13. MakasiH. . .ya. .c0z skRng sy bsa jwb c0z uLngn. .^_^

  14. makasih baNyak yahh .. oya mohon bantu saya tentang peradaban sungai kuning ( huang he ) saya sedang cari bahannya untuk skripsi .. THX

    • PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING

      Sejarah tertua di Cina dimulai dari lembah sungai Hoang Ho sekitar tahun 4000 SM. Sungai Hoang Ho merupakan sungai terpanjang di Cina yaitu 5.464 kilometer dan merupakan sungai terpanjang nomor dua di dunia.

      Tahukah Anda sungai manakah yang terpanjang di dunia? Sungai yang terpanjang di dunia adalah sungai Nil yang panjangnya lebih dari 6000 Km. Sungai Hoang Ho mengalir dari dataran tinggi Tibet lalu ke arah Timur dan bermuara ke Teluk Tsii Li di Laut Kuning. Sungai Hoang Ho melewati lima propinsi yaitu Tsing Hai, Kansu, Shansi, Honan dan Shantung.

      Di Selatan sungai Hoang Ho mengalirlah sungai Yang Tze Kiang yang berhulu di pegunungan Kwen Lun di Tibet dan bermuara di Laut Cina Timur. Sungai Hoang Ho disebut juga sungai Kuning dan paling berlumpur di dunia.

      Anda tentu bertanya “mengapa sungai itu di sebut sungai kuning?”. Berdasarkan penelitian para ahli maka lumpur yang mengendap di lembah sungai itu berasal dari tanah loss Gurun Gobi yang diterbangkan angin sampai ke lembah sungai Hoang Ho dan berwarna kuning. Akibatnya air sungai Hoang Ho kekuning-kuningan dan lembah sepanjang alirannya menjadi subur.

      Siapakah yang mendiami lembah sungai Hoang Ho dan dari manakah asal usul mereka? Bangsa Cina tergolong ras Sinid, suatu cabang dari ras Mongol. Ciri-ciri ragawinya adalah ada lipatan pelupuk mata, rambut hitam, tubuh yang tidak banyak berbulu, muka datar dengan tulang pipi yang menonjol, hidung pipih dan tinggi badan sedang.

      Bangsa Cina yang asli yakni orang-orang Han, semula berasal dari daerah pegunungan yang bertanah Loss di propinsi Shensi dan Shansi. Kemudian mereka bercampur dengan pendatang dari Cina Barat Laut dan Timur Laut lalu menyebar ke lembah sungai Hoang Ho di Cina Utara dan ada yang ke Selatan.

      Mereka hidup berkelompok dan saling tolong menolong. Itulah sebabnya mereka disebut “keluarga seratus”. Sebutan tersebut untuk mengungkapkan banyaknya, bukan dalam arti jumlah yang tepat.

      Kehidupan sehari-hari bangsa Cina adalah mengusahakan pertanian dengan hasil utama padi. Selain itu ditanam pala, gandum, jagung dan cantel (biji-bijian sebesar lada jika ditanak legit dan gurih). Masyarakat juga mengembangkan perkebunan, yang menghasilkan kapas, tebu, teh dan pohon murbei untuk memelihara ulat sutera. Selain pertanian bangsa Cina juga mengembangkan perdagangan sampai ke manca negara yang melalui jalur perdagangan kala itu dengan sebutan jalan sutera.

      Sistem Pemerintahan Dinasti di Cina

      Berdasarkan peninggalan budaya pemerintahan di Cina telah ada sejarah sekitar tahun 4000 SM. Permulaan pemerintahan di Cina disebut jaman dongeng yang berlangsung hingga sekitar tahun 1800 SM.

      Pada jaman dongeng sebagian besar sumber sejarahnya berupa benda. Contoh ditemukan keramik dari jaman perunggu. Memasuki jaman dinasti telah ditemukan sumber-sumber tertulis.

      Pusat kelahiran dinasti/pemerintahan di Cina berada di daerah pertemuan lembah sungai Hoang Ho dan lembah sungai Yang Tze Kiang. Secara geografis pusat pemerintahan dinasti terletak di Cina Utara.

      Perjalanan kekaisaran Cina ditandai oleh pemerintahan dinasti yang silih berganti dalam kurun waktu tertentu. Banyak dinasti yang memerintah namun dinasti-dinasti yang besar memerintah di Cina sampai awal masehi secara berurutan adalah sebagai berikut: Hsia Shang (Yin), Chou, Chin dan Han.

      Setelah dinasti Han berkuasa, Cina pernah pula dikuasai oleh bangsa asing yaitu bangsa Tartar, bangsa Mongol dan bangsa Mansyu. Pemerintahan dinasti berakhir tahun 1912 yang ditandai dengan terjadinya revolusi nasional di Cina yang melahirkan bentuk pemerintahan Republik.

      A. Dinasti Shang (Pertengahan abad ke-16 sampai abad ke-11 SM)
      Dinasti Shang dianggap dinasti yang mengawali sejarah Cina karena baru pertama kali dilakukan penulisan sejarah oleh Suma Chien. Catatan itu dituliskan di atas bejana perunggu, tempurung kura-kura dan tulang binatang.Pada masa dinasti Shang sedikitnya telah dikenal sejumlah kurang lebih 2000 huruf gambar.
      Kebudayaan yang berkembang pada jaman dinasti Shang disebut kebudayaan Lung-Shan. Peninggalan budaya jaman dinasti Shang antara lain bejana perunggu, persenjataan, kereta kuda dan sistem penulisan. Setelah runtuhnya dinasti Shang, Cina kemudian diperintah oleh dinasti Chou seperti dapat Anda baca pada uraian di bawah ini.

      B. Dinasti Chou (Zhou, 1222 SM – 249 SM)
      Pendiri dinasti Chou adalah Chou Wen Wang, pusat pemerintahannya di Chang – An Dinasti Chou (Zhou) meletakkan dasar sistem pemerintahan feodalisme dan pola kebudayaan Cina. Kerajaan dibagi menjadi negara-negara bagian yang diperintah oleh raja bagian atau raja Vazal. Raja Vazal memerintah atas nama kaisar dan tunduk kepada kaisar. Kesetiaan raja vazal diwujudkan melalui penyerahan upeti secara teratur dan mengirimkan tentara yang dibutuhkan pada saat negara menghadapi ancaman.

      Pada masa dinasti Chou hiduplah para filosof yang terkenal yaitu Lao Tze, Kung Fu Tze dan Meng Tze. Ajaran Kung Fu Tze mengenai kesusilaan menjadi dasar perkembangan kebudayaan Cina. Ajaran Kung Fu Tze lahir sebagai reaksi atas keadaan negara waktu itu yaitu banyaknya korupsi serta merosotnya akhlak bangsa dan para pemimpinnya .

      Runtuhnya Dinasti Chou disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tidak ada raja-raja pengganti yang cakap, kerajaan terpecah menjadi dua yaitu Chou Barat dan Chou Timur, banyak raja vazal yang melepaskan diri. Raja vazal yang kuat menyerang raja pusat dan menggantikannya.

      C. Dinasti Chin (Qin, 221 SM – 207 SM)
      Setelah dinasti Chou, Cina diperintah oleh dinasti Chin (Qin). Konon nama Cina diambil dari nama dinasti Chin ini. Dinasti Chin memerintah dengan sistem sentralisasi dan meninggalkan sistem feodalisme (desentralisasi). Timbul pertanyaan, mengapa dinasti Chin meninggalkan sistem feodalisme dan melaksanakan sentralisasi dengan kekuasaan sebesar-besarnya ditangan pemerintah pusat? Kebijakan sentralisasi dilakukan oleh dinasti Chin sebab kekacauan yang terjadi di Cina pada akhir pemerintahan dinasti Chou tidak cukup hanya di atas oleh sikap raja-raja yang baik dan saleh saja. Namun dibutuhkan adanya kekuasaan raja yang kuat dan nyata serta hukum yang dijalankan dengan adil sehingga tercipta ketertiban dan ketentraman diseluruh negeri Cina.
      Untuk maksud di atas kaisar Shih Huang Ti dari dinasti Chin yang memerintah di Chang An mengambil beberapa tindakan sebagai berikut:

      1.melarang ajaran Kung Fu Tze karena mendukung feodalisme.
      2. membagi kerajaan menjadi 36 propinsi, setiap propinsi diperintah oleh gubernur selaku kepala pemerintahan yang bertanggung jawab kepada kaisar.
      3. menetapkan standardisasi ( pembakuan) tulisan, satuan ukuran misalnya timbangan, ukuran roda, alat-alat pertanian.
      4.membangun tembok besar Cina sepanjang 2.250 Km, untuk membendung masuknya suku-suku pengembara (nomaden) dari Utara (uraian lebih lanjut bacalah halaman 23 )

      Setelah Shih Huang Ti wafat pada tahun 210 SM, para gubernur dari tiap-tiap propinsi berupaya untuk merebut kekuasaan tertinggi di Cina. Dalam keadaan kacau tersebut tampillah tokoh Liu Pang dan pasukannya yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan kemudian menduduki tahta, Liu Pang mendirikan dinasti baru bernama dinasti Han.

      D. Dinasti Han (207 SM – 221 M)
      Pendiri dinasti Han ialah Liu Pang. Pemerintahan dinasti Han kembali menjalankan sistem feodalisme dan mengijinkan kembali filsafat konfusianisme. Bahkan ajaran konfusianisme menjadi salah satu mata ujian bagi calon penghuni negeri. Masa pemerintahan dinasti Han mencapai puncak kejayaan di bawah kaisar Han Wuti. Wilayah kekaisaran Cina mencapai Asia Tengah (Turkistan), Korea, Mansyuria Selatan, Anam, dan Sinkiaing (daerah utara Tibet). Selain wilayahnya yang luas kaisar Cina juga menjalin hubungan dengan mancanegara. Jalur perdagangan ke Barat sampai Roma di kenal dengan sebutan “Jalan Sutera”. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan jalan Sutera?
      Jalan sutera adalah jalur perdagangan dari daratan Cina melalui jalan darat melewati padang rumput di Asia Tengah secara berantai sampai ke Roma. Karena komoditi dagangan dari Cina terutama adalah sutera maka jalur perdagangan itu disebut jalan sutera.

      Setelah kaisar Han Wu Ti meninggal, dinasti Han mengalami kemunduran dan runtuh tahun 221 M. Negeri Cina mengalami kekacauan bahkan pernah dikuasai oleh bangsa Tar-Tar, sehingga masa ini disebut masa kegelapan. Pada abad 7 muncul dinasti baru di Cina yaitu dinasti Tang dari tahun 618 – 906. Sejak dinasti Tang terjalinlah hubungan dagang antara negeri Cina dengan kerajaan-kerajaan Nusantara. Hal ini ditandai dengan kunjungan para musafir dari Cina misalnya I Tsing di Sriwijaya. Laksamana Cheng Ho dan Ma Huan berkunjung ke Majapahit.

      Filsafat Cina

      Ketiga pemikir yang akan dibahas berikut ini sama-sama hidup di zaman dinasti Chou (Zhou). Ajaran mereka muncul sebagai reaksi terhadap pemerintahan yang korup serta akhlak masyarakat yang merosot.
      A. Lao Tse 605 – 531 SM.
      Ajaran Lao Tse dituangkan dalam buku berjudul “ Tao Te ching “. Ia percaya adanya semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi yang bernama Tao. Ajaran Lao Tse disebut Taoisme. Ia mengajarkan agar orang harus menyesuaikan dengan kodrat alam untuk meraih hidup sejati.

      Selanjutnya Taoisme juga mengajarkan bahwa di atas alam terdapat kerajaan Langit yang diperintah oleh dewa langit atau Hoo Tsien. Di bumi ada kerajaan bumi yang diperintah oleh Huang Ti. Bila raja yang memerintah tidak baik maka Dewa Langit akan menegur dan memberi hukuman melalui bencana alam atau pemberontakan. Jadi setiap orang harus menghormati Dewa Langit, raja dan arwah nenek moyang, karena nenek moyanglah yang menurunkan mereka.
      Setelah Lao Tse berikut ini dapat Anda pelajari ajaran Kung Fu Tse.

      B. Kung Fu Tse 551 – 479 SM.
      Sosok pribadi Kung Fu Tse yang selama ini diketahui dapat Anda lihat pada gambar di samping. Dibandingkan dengan Lao Tse, ajaran Kung Fu Tse jauh lebih banyak penganutnya bahkan tersebar meluas. Ajaran Kung Fu Tse menekankan bahwa akhlak yang bobrok dapat diperbaiki dengan membangun kembali keselarasan dalam masyarakat sebagaimana telah dialami oleh leluhur. Keselarasan meliputi semua pihak artinya pemerintah maupun rakyat, tua maupun muda.

      Masyarakat terdiri atas keluarga. Dalam keluarga bapaklah yang menjadi pusatnya. Seorang bapak harus mengurus anak-anaknya dengan baik. Sebaliknya anak-anak harus hormat dan patuh terhadap orang tuanya. Negara dipandang sebagai keluarga besar dengan raja sebagai bapaknya. Oleh karena itu raja harus memerintah rakyatnya dengan baik dan bijaksana. Sebaliknya rakyat harus hormat dan taat kepada rajanya seperti anak kepada bapaknya. Filsuf ketiga yang akan Anda pelajari adalah Meng Tse.

      C. Meng Tse 372 – 280 SM.

      Melengkapi ajaran Kung Fu Tse manusia itu pada dasarnya baik. Kebaikan baru tampak jika terdapat keselarasan masyarakat. Karena itu pendidikan amat perlu. Seandainya pemerintah tidak beres rakyat punya hak untuk memberontak dan menggulingkan pemerintahan.

      Oleh karena pendapatnya tersebut, ia dianggap sebagai peletak dasar ajaran demokrasi bagi masyarakat Cina. Jika raja memerintah dengan sewenang-wenang, maka para menteri berkewajiban untuk memperingatkannya. Apabila raja mengabaikan peringatan tersebut maka para menteri wajib menurunkan raja dari tahtanya.

      Kepercayaan Cina

      Masyarakat lembah sungai kuning menganut polytheisme. Mereka memuja dewa-dewi yang mempunyai kekuatan alam. Dewa yang mereka sembah antara lain: Feng Pa (dewa angin ), Lei -Shih (dewa angin topan yang digambarkan sebagai naga besar), Tai Shan (dewa yang menguasai bukit suci ), Ho Po (dewa penguasa sungai Hoang-Ho). Untuk memuja Ho Po setiap tahun diadakan upacara yang dipimpin oleh para pendeta perempuan dengan memberi sesaji berupa gadis tercantik di Cina yang diterjunkan di sungai Hoang Ho tersebut.

      Dewa langit adalah dewa yang mendapat pemujaan tertinggi. Masyarakat Cina memuja dewa langit yang disebut Syang, karena langit adalah pemberi hujan dan panas matahari. Sedangkan bumi sebagai lahan yang menerima sinar matahari dan hujan dari langit. Sehingga masyarakat juga memuja dewi bumi. Selain pemujaan kepada dewa-dewa masyarkat Cina juga memuja arwah leluhur. Upacara pemujaan dilakukan oleh anak laki-laki tertua.

      Pada masyarakat Cina di Indonesia sampai saat ini tradisi tersebut terus dilestarikan. Sebagai contoh: adanya meja abu di tiap rumahnya.

      Peninggalan Budaya Cina

      Hasil-hasil peninggalan peradaban masyarakat lembah sungai kuning (Hoang Ho) yang terkenal dapat Anda ketahui sebagai berikut:

      A. Seni Bangunan.
      Salah satu peninggalan bangunan yang termasuk bagian dari tujuh keajaiban dunia adalah tembok besar. tembok besar ini dibangun sejak masa pemerintahan dinasti Chin untuk membendung masuknya bangsa pengembara dari utara misalnya suku Hsiung Nu ke daratan Cina. Pembangunan tembok tersebut di lanjutkan oleh dinasti-dinasti berikutnya sampai dinasti Ming 1364-1644. Sehingga panjangnya semula 2.250 Km lalu mencapai 7000 Km, tinggi tembok Cina adalah 16 meter dan lebar 8 meter.

      B. Keramik
      Keramik merupakan salah satu peninggalan budaya bangsa Cina yang bermutu tinggi. Keramik yang berglasur (diberi lapisan keras yang berkilap) serta porselin Cina yang indah dibuat dengan teknik yang tinggi. Mangkuk, cawan dan piring-piring keramik Cina dikenal di Eropa juga di Indonesia. Tiap-tiap dinasti di Cina meninggalkan jenis keramiknya masing-masing.

      C.

      Penemuan Kertas dan Alat Cetak. (Kalau ada sisipkan gambar/foto mesin cetak temuan pertama Cina)
      Pada jaman dinasti Han, bangsa Cina telah menemukan kertas sekitar tahun 150 M, serta tinta, sehingga dikenal adanya istilah “tinta Cina”. Bangsa Cina juga menemukan tik gerak (movable type) yaitu blok-blok kayu dengan huruf-huruf yang dicungkil ke luar. Dengan penemuan kertas dan alat cetak tersebut memungkinkan adanya penerbitan buku-buku dalam jumlah yang besar dan dengan harga murah. Bangsa Cina termasuk bangsa yang sangat memperhatikan tulisan. Penemuan kertas dan alat cetak juga membantu penyebaran karya sastra di Cina. Para pujangga Cina yang terkenal antara lain:

      * Szema Tzien yang hidup pada masa dinasti Han. Ia menulis buku sejarah berjudul “ Shi – Ji “ yang meliputi jaman purba sampai masa pemerintahan Han Wuti.
      * Li Tai Po, seorang penyair yang hidup pada jaman dinasti Tang.

      Dari uraian tersebut tentu timbul pertanyaan dalam diri Anda, apakah betul bangsa Cina itu penemu alat cetak yang pertama di dunia?

      Jawabannya adalah ya, sebagai perbandingan, bangsa Eropa baru menemukan alat cetak buku tahun 1440 di Haarlem (Belanda) oleh Laurens Janszoon Coster. Penemu yang lain ialah Johann Gutenberg dari Jerman tahun 1457.

      D. Astronomi.
      Ilmu pengetahuan yang telah berkembang sejak jaman dongeng antara lain astronomi atau ilmu perbintangan. Ilmu astronomi digunakan untuk:

      1. menentukan penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan;
      2. meramal masa depan manusia dan masa depan negara khususnya saat memasuki tahun baru imlek;
      3. mengetahui saat terjadinya gerhana matahari dan bulan; dan
      4. mengetahui perputaran atau pergantian musim yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat seperti pertanian dan pelayaran.

      demikian materi singkat tentang peradaban lembah sungai Kuning yang saya ambil dari e-dukasi.net. mungkin masih banyak kurangnya, tapi semoga bisa sedikit membantu ya.

  15. maff boleh saya tahu sumber buku / artikel tentang kepercayaan masyarakat lembah sungai kuning ..

  16. tolong bantu saya mengetahui seluk beluk peradaban babilonia lama dan babilonia baru

    • Sumeria (± 3000 SM)
      Bangsa Sumeria adalah bangsa yang pertama mendiami Mesopotamia. Mula-mula daerah tersebut berupa rawa-rawa. Setelah dikeringkan daerah tersebut menjadi pemukiman yang dihuni oleh kelompok masyarakat yang teratur. Kota yang dihuni tertua adalah Ur dan kemudian Sumer.
      1. Bagaimanakah kehidupan masyarakat Sumeria?
      Bangsa Sumeria mengembangkan kehidupannya dengan mengusahakan pertanian. Untuk mengairi tanah pertaniannya dibuatlah saluran air dari kedua sungai itu. Pengolahan tanah dilakukan dengan membajak menggunakan tenaga hewan yaitu keledai dan lembu. Untuk mengangkut hasil panen dan keperluan yang lain mereka membuat kereta atau gerobak yang diberi roda. Hasil utama pertanian ini adalah gandum kemudian jemawut dan jelai. Konon bangsa Sumeria adalah bangsa yang mengenal roda dan gandum yang pertama kali di dunia.
      2. Sistem pemerintahan
      Bangsa Sumeria mengembangkan pemerintahan yang berpusat di kota Ur dekat muara sungai Eufrat. Para penguasa memiliki kekuasaan yang sangat besar. Selain sebagai kepala pemerintahan, Raja juga sebagai kepala agama sehingga raja disebut Patesi (Pendeta Raja). Raja bertanggungjawab terhadap kehidupan masyarakat baik lahir maupun batin. Raja harus mampu mengatur kehidupan ekonomi, keamanan atau ketentraman, hukum dan peradilan serta kehidupan keagamaan.
      Salah seorang patesi bernama Ur Nanshe. Ia adalah Raja yang membangun kota Lagash sekitar tahun 2500 SM. Tindakan Ur Nanshe diikuti oleh Patesi (Raja) Gudea yang memerintah kira-kira tahun 2400 SM. Dialah yang menjadikan kota Lagash jadi kota yang paling berarti di Sumeria.

      Jika disebutkan raja adalah juga sebagai kepala agama lalu bagaimanakah sistem kepercayaan bangsa Sumeria? Simaklah uraian berikut ini.
      3. Sistem kepercayaan
      Kepercayaan bangsa Sumeria bersifat Polytheisme. Mereka percaya dan menyembah banyak dewa. Salah satu dewa utama adalah Marduk. Selain itu ada dewa-dewa yang menguasai alam, yang mereka sembah yakni Enlil (Dewa bumi), Ea (Dewa air), Anu (Dewa langit), Sin (Dewa bulan), Samas (Dewa matahari) dan Ereskigal (Dewa kematian).
      Kepercayaan bangsa Sumeria ini terus berkembang dan dianut oleh masyarakat yang tinggal di daerah Mesopotamia.
      Setelah membaca sistem kepercayaan bangsa Sumeria, Anda dapat mempelajari peninggalan budayanya dari uraian di bawah ini.
      Peradaban bangsa Sumeria yang telah tinggi dapat diketahui melalui peninggalan budayanya sebagai berikut.
      a. Bangunan
      Pada umumnya ditemukan kuil untuk pemujaan yang disebut ziggurat.
      Ziggurat berasal dari kata zagaru yang artinya bangunan tinggi seperti gunung karena merupakan menara bertingkat yang makin lama makin kecil (perhatikan gambar 15).

      Gambar 15. Ziggurat
      Bahan bangunan di Mesopotamia pada umumnya terbuat dari tanah liat yang dijemur. Dengan memperhatikan ziggurat, ingatkah Anda akan bangunan megalith di Indonesia yang berfungsi sebagai tempat pemujaan? Tentu Anda ingat, bangunan itu adalah punden berundak.
      b. Tulisan
      Tulisan bangsa Sumeria disebut tulisan paku (cunei form). Mereka menggunakan ± 350 tanda gambar dan setiap gambar merupakan satu suku kata.
      Huruf-huruf itu dituliskan pada papan tanah liat yang digoresi/ditulisi menggunakan karang yang keras dan berujung tajam. Mengapa tulisan itu disebut tulisan paku? Disebut demikian karena huruf itu berbentuk seperti paku atau baji (perhatikan gambar 16).

      Gambar 16. Tulisan Paku.
      Huruf paku sudah dikenal sejak tahun 3000 SM digunakan untuk mencatat hasil panen, harta benda serta urusan perdagangan.

      Huruf paku disebarkan oleh bangsa Funisia di sekitar Laut Tengah. Bangsa Yunani mengambil dan mengembangkan menjadi huruf Alfa, Beta dan Gama. Kemudian bangsa Romawi mengembangkan menjadi huruf Latin.
      c. Pengetahuan
      Bangsa Sumeria memberikan sumbangan yang penting bagi dunia dalam bidang matematika. Mereka mengembangkan hitungan dengan dasar 60 (disebut sixagesimal) Penemuan mereka tentang hitungan lingkaran adalah 360o, satu jam adalah 60 menit, 1 menit adalah 60 detik masih kita gunakan sampai sekarang.
      Pengetahuan di atas menjadi dasar untuk penghitungan waktu untuk satu hari adalah 24 jam, satu bulan adalah 30 hari, satu tahun adalah 12 bulan. Penghitungan waktu disebut dengan sistem penanggalan yang nanti dikembangkan oleh bangsa Babilonia. Penghitungan kalender Babilonia berdasarkan pada peredaran Bulan (disebut sistem lunar atau kalender Komariah).

      Sebagai kesimpulan mengenai peradaban Sumeria, berikut ini akan disajikan dalam bentuk tabel sebagai berikut:
      Tabel 6. Peradaban Sumeria.

      Akkadia (± 2350 SM)
      Memasuki tahun 2800 SM, Mesopotamia dikuasai oleh bangsa Akkadia, setelah berhasilmengalahkan bangsa Sumeria. Pemimpin bangsa Akkadia adalah raja Sargon yang dapat Anda lihat gambar patung di bawah ini.

      Gambar 17. Patung Raja Akkadia
      Mereka memilih Agade sebagai ibukotanya. Dari segi kebudayaan bangsa Akkadia meniru kebudayaan bangsa Sumeria yang sudah maju sehingga berkembanglah budaya baru yang disebut budaya Sumer Akkad berbahasa semit.
      Babilonia (±1900 SM)
      Kerajaan Babilonia didirikan oleh bangsa Amorit yang disebut juga Babilonia. Kata Babilonia berasal dari kata babilu yang berarti gerbang menuju Tuhan. Babilon terletak ± 97 kilometer di selatan kota Bagdad sekarang, di tepi sungai Eufrat, Irak selatan. Babilon menjadi pemerintahan (ibukota), perdagangan dan keagamaan.

      Raja Babilonia yang terbesar adalah Hammurabi (1948-1905 SM).
      Raja Hammurabi terkenal sebagai pembuat Undang-undang. Menurut kepercayaan, undang-undang tersebut berasal dari pemberian Dewa Marduk. Seperti nampak pada gambar 3.17 di samping. Agar dapat dibaca oleh masyarakat, maka undang-undang itu dipahatkan pada tugu batu setinggi 8 kaki yang ditempatkan di tengah ibukota. Inti dari hukum Hammurabi adalah pembalasan, misalnya mata ganti mata, gigi ganti gigi.

      Penerapan hukum itu sangat keras, contoh: “Jika seseorang melakukan pencurian di sebuah rumah, maka ia harus dibunuh dan dibakar di muka rumah tempat ia melakukan pencurian”. Dengan demikian keteraturan masyarakat tercapai karena ketaatan pada hukum.

      Gambar 18. Patung Hammurabi.
      Assyria (±1200 SM)
      Bangsa Assyria termasuk rumpun bangsa Semit. Mereka membangun kota Asshur dan Niniveh. Kota Niniveh yang terletak di tepi sungai Tigris dijadikan ibukota. Anda dapat melihat pada gambar peta di muka.

      Pemerintahan bangsa Assyria bercorak militer. Bangsa Assyria digelari sebagai bangsa Roma dari Asia. Apa sebab muncul gelar tersebut? Karena seperti bangsa Romawi, bangsa Assyria merupakan penakluk daerah-daerah di sekitarnya sehingga berhasil membentuk imperium yang besar. Wilayah Assyria membentang dari teluk Persia sampai Laut Tengah. Mereka sangat ditakuti oleh bangsa lain karna pasukan infantri, kavaleri dan tentara dengan kereta perangnya sangat kuat.
      Wilayah kerajaan dibagi menjadi beberapa propinsi dan setiap propinsi diperintah oleh gubernur yang bertanggungjawab kepada Raja. Untuk memperlancar hubungan antara ibukota dan daerah maka dibangunlah jalan raya yang bagus.
      Selain kehidupannya yang bercorak militer, bangsa Assyria juga membangun negerinya menjadi sangat maju antara lain di bidang pendidikan. Salah seorang raja Assyria yang terkenal adalah Assurbanipal. Pada masa pemerintahannya ia meninggalkan 22000 buah lempengan tanah liat yang tersimpan di perpustakaan Niniveh. Lempengan (tablet-tablet) tersebut memuat tulisan tentang masalah keagamaan, sastra, pengobatan, matematika, ilmu pengetahuan alam, kamus dan sejarah.

      Apakah di daerah Anda ada perpustakaan umum? Atau apakah di sekolah penyelenggara ada perpustakaan? Pernahkah Anda berkunjung ke perpustakaan tersebut? Tema-tema bacaan apa yang Anda minati? Ingat, buku adalah jendela ilmu pengetahuan.
      Setelah mengalami masa kejayaan kurang lebih 6 abad, kerajaan Assyria hancur. Apa sebab demikian? Selama masa pemerintahan bangsa Assyria, bangsa-bangsa yang ditaklukkan mencoba menyusun kekuatan untuk mengalahkannya sehingga pada tahun 612 SM bangsa Khaldea dapat menghancurkan Niniveh.
      Babilonia Baru
      Tampilnya suku bangsa Khaldea mengangkat kembali keperkasaan Babilonia yang dulu pernah jaya. Raja bangsa Khaldea yang terkenal adalah Nebukadnezar. Ia membangun kembali kota Babilon dan menjadikan kota tersebut sebagai ibukota sehingga disebut Babilonia Baru. Ada dua hal yang menarik di kota Babilonia yaitu menara Babel dan taman gantung. Menara babel yang tingginya mencapai 90 meter berfungsi sebagai keindahan kota serta mercusuar bagi para pedagang di sekitarnya yang akan menuju ke kota Babilonia.
      Hal kedua yang menarik adalah pembuatan taman gantung yang dipersembahkan untuk isterinya.
      Di bidang pengetahuan bangsa Khaldea telah mengembangkan astronomi dan astrologi. Mereka percaya bahwa masa depan dapat diketahui dengan mempelajari bintang-bintang. Selain meramal nasib seseorang juga ramalan tentang gerhana. Mereka membagi minggu dalam tujuh hari, satu hari ke dalam 12 jam ganda (1/2 hari siang/terang dan 1/2 hari malam/gelap). Menghitung lewatnya waktu dengan jam air (water clock) dan jam matahari (sundial).

      Sebuah catatan penting mengenai Nebukadnezar adalah peristiwa penaklukan kerajaan Yudea dan Palestina. Ibukota Yerusalem direbutnya, kemah raja Sulaiman dibakar dan menjarah tanah Yudea. Bangsa Israel termasuk para pemimpinnya diangkut ke negerinya dijadikan budak dan tawanan. Peristiwa itu disebut masa pembuangan Babilon dari tahun 586-550 SM yang sangat membekas bagi bangsa Israel. Sesudah Nebukadnezar meninggal dunia tak lama yaitu tahun 539 SM, Babilonia Baru ditaklukkan oleh bangsa Persia

  17. Assalamualaikum…salam kenal pak….bagus sekali blognya pak…apa boleh saya link ke blog saya? kebetulan saya juga mengajar sejarah…jgn lupa kunjungi blog saya jg….
    terimakasih banyak pak…
    Wassalam

  18. pak bisa menemukan “peta persebaran manusia purba indonesia” ga? makasih.

  19. PAK INI PENTING BANGET …. MOHON DITERBITKAN ALAT ALAT TULANG MANUSIA PURBA.

  20. Selamat malam Pak,saya mau minta petunjuk soal mangkok yang saya punya,ciri cirinya retak seribu ada glasir dan garis hitam dan hijau melingkar pada bagian dalam dan tutup,bentuknya seperti tempat nasi dan sayur,peningalan dari kakek saya orang sumatra,diameter sekitar 23cm,tinggi 15cm,kira kira dari jaman apa barang itu,yang saya baca seperti dari jaman dinasti yuan dan ming,Insya ALLAH kalau itu laku dijual saya akan bagi rejeki sama Bapak.

  21. Selamat malam Pak,saya mau minta petunjuk soal mangkok yang saya punya,ciri cirinya retak seribu ada glasir dan garis hitam dan hijau melingkar pada bagian dalam dan tutup,bentuknya seperti tempat nasi dan sayur,peningalan dari kakek saya orang sumatra,diameter sekitar 23cm,tinggi 15cm,kira kira dari jaman apa barang itu,yang saya baca seperti dari jaman dinasti yuan dan ming,Insya ALLAH kalau itu laku dijual saya akan bagi rejeki sama Bapak,iklan yang saya cantumkan ada salah pengertian tapi kalau gambar benar adanya.Terima Kasih.

  22. As. klw bleh na’X, stius untuk gambar peta PENYEBARAN MANUSIA di WILAYAH NUSANTARA di mana’yach…….?

  23. tHANKS,
    AKU MASIH PERLU ENFORMASI TENTANG LEMBAH SUNGAI KUNING HOANG HO

  24. tlg bantuin aq donk, dari tadi q cariin tp gak dpet2,,, berapa tahunkah raja sargon II, raja Sennacherib dan raja assurbanipal memerintah di kerajaan Assyria,,,??? tlg dirinci satu-persatu yeah,,,!!!

  25. mau nanyaaaa….
    ko disini ga ada tentang nekara yaa???
    kesamaan nekara 1 sama nekara yang di vietnam apa sih???

  26. perkenalkan pak nama saya lucky, saya guru sejarah juga sosiologi di SMAN I Besuki. saya sangat salut dengan isi blog bapak. bapak bagaimana cara mengajar sejarah yang mengasyikkan bagi anak2 IPA dan IPS?

  27. waaaahhh…
    complete dsni ad smwa…
    mksh yh bgi yg mmbbuat ini web…
    tugas saya trselesaikan dengan cepat :)

  28. mkasi ya…………….. akhirnya aku bisa ngerjai tugas tugas sejarah aq

  29. terima kasih banyak sangat membantu utk anak bangsa

  30. Terima kasih banyak pak , atas bantuannya.

  31. assalamu’alaikum pax….

    pax mo tanya tentang kegunaan sejarah sebagai ekonomi, sosial, politik, dan budaya tu pha dja toch pax?????

    makasih

  32. beatrick margareth

    kalau contoh pewarisan melalui keluarga dan masyarakat apa saja pak ??
    makasih sebelum nya …..

    • kalau keluarga misalnya anak diajarkan tentang nilai-nilai, norma dan aturan yang ada di rumahnya sedangkan di masyarakat bentuknya bisa berupa melibatkan individu dlm kegiatan masyarakat di lingkungannya

  33. pak, periodisasi setelah indonesia merdeka itu bagaimana penjelasannya??

  34. Rinal zulharmi, S.pd

    makasih pk Mustapa, izin kn sya mng copy nya….!!! oh ya…klw ada sya tlong dimuat bhan2 kebudayaan daerah timur Indonesia, spt Papua,sulawsesi dan maluku……

  35. eehh saya mw nanyaq,,
    ciri – ciri masyarakat aksara

  36. pak sya lg cari bagaimana reaksi masyarakat indonesia ketika guru di sanggahi oleh bangsa asing.

  37. Saya sangat butuh sumber ini
    saya diberi tugas olh guru saya di smansa pangandaran…..terimakasih….berkat sumber ini tugas saya akan terselesaikan…walaupn masih ada yg hrus saya cari selain disini

  38. gk da pmbahasan khusus tentang goa leang” yy pak??

  39. kasitau dund CARA MEWARISKAN MASA LALU MELALUI PENDIDIKAN

  40. pak minta tolong dong
    1.sEbUTKAN DAN JELASKAN 3 UNSUR MENGAPA PERISTIWA SEJARAH ITU DAPAT DIPELAJARI DALAM ILMU SEJARAH?

  41. pak saya mau bertanya, prasasti sungai kuning yg berbentuk batu itu ditemukan tahun berapa ya… trimakasih…

  42. ada email khusus ga pak, krn batu yg sy maxud ada hubungannya dng petunjuk lgsg dr TUHAN tp byk yg g tau ttg hal ini, sy cuma ongn tau tgl ditemukannya soalnya seingat sy dulu wktu sy sma 1 klo g slh ada dibahas tp sy mau cari buku itu mslhnya tumpukan kardus isi buku pelajaran sma sy buanyak n berdebu jd sy ga bongkar2… nanti sy email bpk utk sy ksih tau detailnya thx…

  43. HASIL PENELITIANNYA MANA ???? MASA PENDAPAT’AMULU….!!!

  44. Pak mau bertanya zaman megalitrikum ada jenis-jenis manusia purbanya yaaa ??? Tolong sebutin sekalin jelaskan
    Makasih >.<

  45. tolong perkembangan bahasa jaman praaksara dunk… tugas nich

  46. boleh tanya? seputar folklore? jelaskan yang dimaksud dengan folklore sejelas-jelasnya. :) thanks

  47. ulfah widya yulya putri

    ass.wr.wb

    mau nanya..
    apa pengaruh hasil kebudayaan di peradapan lembah sungai nil terhadap kebudayaa di indonesia.??

    #mohon d balas ya
    THank :)

    • pengaru yang paling kelihatan adalah kita mengenal adanya kerajaan2 yg ada di daerah aliran sungai ( sriwijaya, Majapahit), selain itu juga mengnalkan tentang sistem ekonomi dengan memanfaatkan sungai sebagai sarana perdagangan

  48. syukron jazakallah ya pak rusdi. :)

  49. mau tanya ,eh pengaruh nya kebudayaan sungai nil ke indonesia itu apa saja ??? MAKASIH

  50. Ini sangt m’mbntU saya dlam men flashback materi kelas X,, trimkasih . . .

  51. . kalo tentang penjelsan…..zaman megalitikum,,dolmen,menhir,sarkofagus,punden brundak2…ada?
    ///

    • ZAMAN MEGALITIKUM : zaman batu besar, dimana hasil-hasil kebudayaannya terbuat dari batu-batu berukuran besar
      DOLMEN : salah satu hasil zaman megalitikum, berfungsi sebagi tempat meletakan sesaji dan di bawah untuk tempat makam
      MENHIR : Tugu batu yang berfungsi untuk tempat pemujaan
      SARKOFAGUS : kubur batu yang berbentuk persegi
      PUNDEN BERUNDAK : tempat pemujaan yang berbentuk unak-undakan, di tempat teratas biasanya diletakkan sesaji

  52. trimakasih

  53. bisa minta soal soalnya nggak??

  54. Eliza Zelin-putu Ronggolawe

    Mksich bngt … Tgs q dpt trbntu wlaupun tk smuanya.
    Bagaimna dgn istilah2 Romawi zg msih d gunakn hngga skarang? N tntng kekaisaran Bizantium(Romawi Timur) zg mngalami kruntuhan?

    Keindhan dlm hdup apabila kta sling brbgi.
    Ok??

  55. pak tolong di tambah lagi dong tentang kebudayan bacson-hoabinh dan dongsonnya terima kasih

  56. pak tolong jelasin kebudayaan Babilonia baru di bidang sosial :)
    mohon bantuanya ya

  57. terima kasih banyak pak atas tulisannya, saya sangat terbantu.

  58. PAK!!! TOLONG jelaskan tentang zaman purba dong, kaya zaman paleolitikum,azoikum,mesozoikum,neozoikum .
    zaman batu zaman logam sama alat alat nya dong,

    • I. Palaeolithikum (Zaman Batu Tua)
      Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang masih kasar dan belum dihaluskan.
      Contoh alat- alat tersebut adalah :
      a. Kapak Genggam, banyak ditemukan di daerah Pacitan. Alat ini biasanya disebut “Chopper” (alat penetak/pemotong). Dinamakan kapak genggam, karena alat tersebut serupa dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam. Kapak genggam terkenal juga dengan sebu tan kapak perimbas, atau dalam ilmu prasejarah disebut dengan chopper artinya alat penetak. Pembuatan kapak genggam dilakukan dengan cara memangkas salah satu sisi batu sampai menajam dan sisi lainnya dibiarkan apa adanya sebagai tempat menggenggam.
      Gambar 5. Kapak Genggam

      b. Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa

      Gambar 6. Alat-alat tulang dan tanduk Rusa
      Fungsi: – untuk mengorek ubi dan keladi dari dalam tanah
      – menangkap ikan

      c. Flakes, yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu Chalcedon,yang dapat digunakan untuk mengupas makanan
      Fungsi: – untuk menguliti hewan buruan
      – mengiris daging buruan
      – memotong umbi-umbian./buah – buahan
      – menangkap ikan

      Gambar 7. Sangiran Flakes

      II. Mesolithikum (Zaman Batu Tengah)
      Terdapat dua tempat penemuan alat yaitu :
      1. Ditemukan di bukit-bukit kerang pinggir pantai yang disebut “kjokken modinger” (sampah dapur) Kjokken =dapur, moding = sampah). Alat-alatnya antara lain
       Kapak genggam (pebble) atau kapak Sumatera

      Gambar 8. Pebble/Kapak Sumatera.
       Kapak Pendek (Hache Courte)
       Pipisan (batu-batu penggiling)
      2. Ditemukan di gua-gua yang disebut “Abris Sous Roche “. Alat-alatnya antara lain :
       Flaces (alat serpih) , yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu dan
      berguna untuk mengupas makanan.
       Ujung mata panah,
       Batu penggilingan (pipisan),
       Kapak,
       alat-alat dari tulang dan tanduk rusa,
      Alat-alat ini ditemukan di gua lawa Sampung Jawa Timur (Istilahnya : Sampung Bone Culture = kebudayaan Sampung terbuat dari Tulang)

      Tiga bagian penting Kebudayaan Mesolithikum,yaitu :
      • Peble-Culture (alat kebudayaan Kapak genggam) didapatkan di Kjokken Modinger
      • Bone-Culture (alat kebudayaan dari Tulang)
      • Flakes Culture (kebudayaan alat serpih) didapatkan di Abris sous Roche
      Manusia Pendukung Kebudayaan Mesolithikum adalah bangsa Papua – Melanosoid
      III. Neolithikum (Zaman Batu Muda)
      Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang sudah dihaluskan.
      Contoh alat tersebut :
      1. Kapak Persegi, misalnya : Beliung, Pacul dan Torah untuk mengerjakan kayu.
      Ditemukan di Sumatera, Jawa, bali, Nusatenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan

      Gambar 9. Kapak Persegi
      ( Sumber : Museum Purbakala Sangiran, Jawa Tengah)

      Fungsi: – ukuran besar lazim disebut dengan beliung dan fungsinya sebagai
      cangkul/pacul.
      – ukuran kecil disebut dengan Tarah/Tatah dan fungsinya sebagai alat
      pahat/alat untuk mengerjakan kayu sebagaimana lazimnya pahat.

      Bahan untuk membuat kapak tersebut selain dari
      batu biasa, juga dibuat dari batu api/chalcedon.
      Kemungkinan besar kapak yang terbuat dari
      Chalcedon hanya dipergunakan sebagai alat
      upacara keagamaan, azimat atau tanda
      kebesaran.

      Gambar 10. Kapak Chalcedon.

      2. Kapak Bahu, sama seperti kapak persegi ,hanya di bagian yang diikatkan pada
      tangkainya diberi leher. Hanya di temukan di Minahasa
      3. Kapak Lonjong, banyak ditemukan di Irian, Seram, Gorong, Tanimbar, Leti, Minahasa
      dan Serawak

      Gambar 11. Kapak Lonjong.
      Fungsi: – sebagai cangkul/pacul.

      4. Perhiasan ( gelang dan kalung dari batu indah), ditemukan di Jawa
      5. Pakaian (dari kulit kayu)
      6. Tembikar (periuk belanga), ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Melolo (Sumba)

      IV. Megalithikum (Zaman Batu Besar )
      Hasil kebudayaan zaman Megalithikum adalah sebagai berikut :
      1. Menhir

      Gambar 12. Menhir
      Fungsi: -sebagai tempat pemujaan untuk penghormatan terhadap arwah nenek moyang
      2. Dolmen atau Stonehenge

      Fungsi: – Sebagai tempat sesaji dan pemujaan
      kepada roh nenek moyang
      Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat, agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.

      Gambar 13. Dolmen
      3. Sarkofagus atau keranda yang terbuat dari batu. Bentuknya menyerupai lesung dari batu
      utuh yang diberi tutup

      Gambar 14. Sarkofagus
      Daerah tempat ditemukannya sarkofagus adalah Bali. Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib. Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.
      Fungsi: – tempat menyimpan mayat yang disertai bekal kuburnya
      4. Kubur Batu/Peti Mati yang terbuat dari batu besar yang masing-masing papan batunya lepas satu sama lain

      Gambar 15. Kubur Batu
      Fungsi: – tempat menyimpan mayat yang disertai bekal kuburnya
      5. Punden Berundak

      Gambar 16. Punden Berundak dan ilustrasinya.
      Fungsi: – sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal.
      6. Arca Batu
      Arca/patung-patung dari batu yang berbentuk binatang atau manusia. Bentuk binatang yang digambarkan adalah gajah, kerbau, harimau dan moyet. Sedangkan bentuk arca manusia yang ditemukan bersifat dinamis. Maksudnya, wujudnya manusia dengan penampilan yang dinamis seperti arca batu gajah.
      Arca batu gajah adalah patung besar dengan gambaran seseorang yang sedang menunggang binatang yang diburu. Arca tersebut ditemukan di daerah Pasemah (Sumatera Selatan). Gambar 17. Arca Batu Gajah dari Pasemah

      Daerah-daerah lain sebagai tempat penemuan arca batu antara lain Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
      V. Zaman Logam
      Zaman ini terbagi menjadi 2 zaman yaitu :
      A. Zaman Perunggu
      Alat-alatnya antara lain :
      1. Kapak Corong (Kapak Perunggu), banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Jawa, Balio, Sulawesi dan Kepulauan Selayar dan Irian. Kegunaannya sebagi alat perkakas.

      Gambar 18. Kapak Corong
      2. Candrasa

      Gambar 19. Berbagai bentuk Candrasa
      Kalau dilihat dari bentuknya, tentu Candrasa tidak berfungsi sebagai alat pertanian/pertukangan tetapi fungsinya diduga sebagai tAnda kebesaran kepala suku dan alat upacara keagamaan. Hal ini karena bentuknya yang indah dan penuh dengan hiasan

      3. Nekara perunggu (Moko), bebrbentuk seperti dandang. Banyak ditemukan di daerah :
      Sumatera, Jawa Bali, Sumbawa, Roti, Leti, Selayar dan Kep. Kei.

      Gambar 20. Nekara dan Moko Nekara Tipe Heger I

      Fungsi: – Untuk acara keagamaan
      – Sebagai maskawin.
      – Sebagai sarana upacara minta hujan (biasanya diatas nekara diberi hiasan katak, menurut kepercayaan katak dianggap sebagai binatang yang dapat
      mendatangkan hujan.)

      4. Bejana Perunggu, bentuknya mirip gitar Spanyol tetapi tanpa tangkai. Hanya ditemukan di Madura dan Sumatera. Bejana perunggu di Indonesia ditemukan di tepi Danau Kerinci (Sumatera) dan Madura, bentuknya seperti periuk tetapi langsing dan gepeng. Kedua bejana yang ditemukan mempunyai hiasan yang serupa dan sangat indah berupa gambar-gambar geometri dan pilin-pilin yang mirip huruf J.

      Gambar 21. Bejana Perunggu dari Kerinci (Sumatera)
      Sampai sekarang fungsi bejana perunggu tidak diketahui secara pasti, kemungkinan di-sebabkan penemuan bejana yang terbatas maka mempersulit penyelidikan tentang fungsi bejana dalam kehidupan masyarakat prasejarah.
      5. Arca perunggu
      Arca perunggu/patung yang berkembang pada zaman logam memiliki bentuk beranekaragam, ada yang berbentuk manusia, ada juga yang berbentuk binatang.
      Pada umumnya arca perunggu bentuknya kecil-kecil dan dilengkapi cincin pada bagian atasnya. Adapun fungsi dari cincin tersebut sebagai alat untuk menggantungkan arca itu sehingga Gambar 22. Arca Perunggu.
      tidak mustahil arca perunggu yang
      kecil dipergunakan sebagai Liontin/bandul kalung. Daerah penemuan arca perunggu di Indonesia adalah Bangkinang (Riau), Palembang (Sumsel) dan Limbangan (Bogor).

      6. Perhiasan : gelang, anting-anting, kalung dan cincin.
      Jenis perhiasan dari perunggu yang ditemukan sangat beragam bentuknya yaitu seperti kalung, gelang tangan dan kaki, bandul kalung dan cincin. Di antara bentuk perhiasan tersebut terdapat cincin yang ukurannya kecil sekali, bahkan lebih kecil dari lingkaran jari anak-anak. Untuk itu para ahli menduga fungsinya sebagai alat tukar (mata uang). Daerah penemuan perhiasan perunggu di Indonesia adalah Bogor, Malang dan Bali. Untuk mengetahui bentuk perhiasan perunggu tersebut dapat Anda amati gambar berikut ini.

      Gambar 23. Aneka Ragam Perhiasan dari Perunggu.
      B. Zaman Besi
      Pada masa ini manusia telah dapat melebur besi untuk dituang menjadi alat-alat yang dibutuhkan, pada masa ini di Indonesia tidak banyak ditemukan alat-alat yang terbuat dari besi. Alat-alat yang ditemukan adalah :
       Mata kapak, yang dikaitkan pada tangkai dari kayu, berfungsi untuk membelah kayu
       Mata Sabit, digunakan untuk menyabit tumbuh-tumbuhan
       Mata pisau
       Mata pedang
       Cangkul, dan lain-lain
      Jenis-jenis benda tersebut banyak ditemukan di Gunung Kidul (Yogyakarta), Bogor, Besuki
      dan Punung (Jawa Timur)

  59. selamat malam bapak ardi
    bapak ada ngga materi semester genap yang manusia purba?

  60. pak tolong jelasin tentang babilonia baru dibidang sosial ?
    mohon bantuanya ?

  61. syifa permatasari

    pak tolong jelasin tentang latar belakang masyarak campa dari vietnam utara bermigrasi ke indonesia,,mohon bantuannya..

    • A. Proses migrasi ras bangsa Palaeo Mongoloide dengan Neo Mongoloide Indonesia.

      Sebelum Anda membahas lebih jauh uraian materi migrasi bangsa-bangsa ke Indonesia, alangkah baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu gambar 13 yang merupakan peta yang menunjukkan rute atau arah penyebaran kapak persegi dan kapak lonjong (kebudayaan Neolithikum) ke Indonesia.

      Bangsa yang berimigrasi ke Indonesia berasal dari daratan Asia tepatnya Yunan Utara bergerak menuju ke Selatan memasuki daerah Hindia Belakang (Vietnam)/Indochina dan terus ke Kepulauan Indonesia, dan bangsa tersebut adalah:

      1. Bangsa Melanesia atau disebut juga dengan Papua Melanosoide yang merupakan rumpun bangsa Melanosoide/Ras Negroid. Bangsa ini merupakan gelombang pertama yang berimigrasi ke Indonesia.

      2. Bangsa Melayu yang merupakan rumpun bangsa Austronesia yang termasuk golongan Ras Malayan Mongoloid. Bangsa ini melakukan perpindahan ke Indonesia melalui dua gelombang yaitu:
      a. Gelombang pertama tahun 2000 SM, menyebar dari daratan Asia ke Semenanjung Melayu, Indonesia, Philipina dan Formosa serta Kepulauan Pasifik sampai Madagaskar yang disebut dengan Proto Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui dua jalur yaitu Barat dan Timur, dan membawa kebudayaan Neolithikum (Batu Muda) seperti pada gambar 13.

      b. Gelombang kedua tahun 500 SM, disebut dengan bangsa Deutro Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia membawa kebudayaan logam (perunggu).
      3. Jenis Bangsa Prasejarah Indonesia

      Dengan adanya migrasi/perpindahan bangsa dari daratan Asia ke Indonesia, maka pada zaman prasejarah Kepulauan Indonesia sudah dihuni oleh berbagai bangsa yang terdiri dari:

      a. Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memiliki ciriciri antara lain: kulit kehitam-hitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisa keturunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau, dan suku-suku bangsa Papua Melanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia.

      b. Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid memiliki ciri-ciri antara lain: Kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang. Yang termasuk keturunan bangsa ini adalah Suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Sasak (Pulau Lombok), Suku Dayak (Kalimantan Tengah), Suku Nias (Pantai Barat Sumatera) dan Suku Batak (Sumatera Utara) serta Suku Kubu (Sumatera Selatan).
      c. Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu yang merupakan rasa Malayan Mongoloid sama dengan bangsa Melayu Tua, sehingga memiliki ciri-ciri yang sama. Bangsa ini berkembang menjadi Suku Aceh, Minangkabau (Sumatera Barat), Suku Jawa, Suku Bali, Suku Bugis dan Makasar di Sulawesi dan sebagainya.

      B. Pengaruh Budaya Bacson, Hoa – Binh, dan Dong Son terhadap Perkembangan
      Budaya Masyarakat Awal di Kepulauan Indonesia.
      1) Budaya bacson-hoabinh
      Budaya Bacson Hoabinh ini di gunakan sejak tahun 1920 an , yaitu untuk menunjukan suatu tempat pembuatan alat alat baru yang khas dengan ciri dipangkas pada salah satuatau dua sisi permukanya. Ciri khas nya adalah penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan batu kali kiranglebih satu kepalan dan sering kali seluruh tepianya menjadi bagian yang tajam . Hasil penyerpihannya menunjukan macam macam bentuk yaitu lonjong segiempat, segitiga , beberapa diantaranya mempunyai bentuk berpinggang
      Penemuan alat dari batu paling banyak di temukan dalam penggalian di pegunungan batu kapur di daerah vietnam utara , yaitu bachson di pegununga hoabinh
      Budaya Bacson Hoabinh ini di gunakan sejak tahun 1920 an , yaitu untuk menunjukan suatu tempat pembuatan alat alat baru yang khas dengan ciri dipangkas pada salah satuatau dua sisi permukanya. Ciri khas nya adalah penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan batu kali kiranglebih satu kepalan dan sering kali seluruh tepianya menjadi bagian yang tajam . Hasil penyerpihannya menunjukan macam macam bentuk yaitu lonjong segiempat, segitiga , beberapa diantaranya mempunyai bentuk berpinggang . Penemuan alat dari batu paling banyak di temukan dalam penggalian di pegunungan batu kapur di daerah vietnam utara , yaitu bachson di pegunungan hoabinh
      Budaya Bacson Hoabinh di Indonesia

      2) BUDAYA DONG SON
      Pembuatan perunggu di Vietnam Utara dimulai sekitar 2500 smdan dihubungkan dengan budaya Dong Dau dan Go Mun . Penemuan kebuadayaan Dong Son sangat penting karena benda benda logam yang di temukan di daerah Indonesia umunya bercorak Dong Son , bukan bercorak India maupun china . ( Dong Son wilayah Vietnam utara ) , tidak kurang dari 56 nekara berhasil di temukan di daerah pulau Sumatra , Jawa Maluku Selatan . Nekara makalaman dari pulau sageang ( Indonesia) nekara ini berhiaskan orang yang berpakain dinasti Cina , Kushan ( India Utara ) , Satvahana ( India tengah ) nekara itu diperkirakan berasal dari daerah Funan yang sudah terpengaruh budaya India. Cara pembuatan barang barang Dong Son yaitu dengan membuat benda benda dari lilin , kemudian lilin itu di balut dengan tanah liat , dibakar kemudian lilin dituang keluar dan dalam tanah liat diberi cairan logam
      Artefak hasil kebudayaan dong son yang di temukan di luar negeri ( Vietnam )

      3) BUDAYA SA HUYNH
      Budaya Sa Hyunh yang berasal dari Vietnam bagian selatan didukung oleh suatu kelompok penduduk yang berbahasa Austronesia yang kemungkinan berasal dari daerah kepulauan Indonesia .

      Dari sudut pandang Indonesia , keberadaan orang-orang Cham dekat dengan pusat pusat penemuan benda benda logam di Vietnam utara pada akhir massa prasejarah mempunyai arti yang sangat penting karena mereka adalh kelompok masyarakat yang menggunakan bahasa Austronesia dan mempunyai kedekatan kebangsaan dengan masyarakat yang tinggal di kepulauan Indonesia .
      Dengan demikian benda benda perunggu yang tersebar sampai ke wilayah Indonesia melalui jalur jalur antara lain :

       Melalui jalur darat yaitu Muangthai dan Malaysia terus ke kepulauan Indonesia
       Melalui jalur laut yaitu dengan menyebrangi lautan dan terus tersebar di daerah kepulauan Indonesia .

      kebudayaan Sa Huyn ini memiliki banyak persamaan dengan tempayan kubur di temukan di wilayah laut Sulawesi . Hal ini di perkuat dengan adanya kemiripan bentuk anting anting batu bertonjolan ( ’’ LINGLING-O’’) kebudayaan Sa Huynh yang sering di temukan antara lain adalah sekop , tembilang , kapak , sabit , pisau bertangkai , kumparan tenun, cincin dan gelang berbentuk spiral .

  62. ricke chessa sartika

    pak tlong kasih tau materi dan penjelasan tentang hubungan antara purbakala di vietnam dan india dengan perkembangan purbakala di indonesia?
    mksh pak sblumnya,,

    • Hubungan antara purbakala vietnam dan Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan kebudayaan Bacson-hoabinh dan Dong Son. Kebudayaan Bacson-Hoabinh adalah kebudayaan yang berkembang pada zaman mesolitikum dengan cirinya alat-alat terbuat dari Batu. Alat-lat yang ditemukan memiliki kesamaan dengan alat-alat yang ditemukan di Indonesia. selain bacson-hoabinh, juga ada kebudayaan Dong Son yang merupakan kebudayaan PERUNGGU. kebudayaan ini sangat mempengaruhi perkembangan kebudayaan perunggu di Indonesia, salah satunya ditemukannya NEKARA yang memiliki corak yang sama dengan yang ada di Vietnam.
      Sedangkan India sangat mempengaruhi perkembangan purbakala Indonesia bisa dilihat dari adanya peninggalan Candi, perkembangan agama Hindu-Budha, sistem kerajaan, sistem kasta pada masa kerajaan dan lain sebagainya yang juga berkembang di Indonesia

      • pak tolong jelaskan tentang tradisi tradisi yang terdapat pada peradaban lembah sungai kuning.
        terimakasih sebelumnya

  63. pak tolong jelaskan tentang tradisi tradisi yang terdapat pada peradaban lembah sungai kuning.
    terimakasih

  64. maaf sebelumnya.. pak bisa minta tolong jelaskan mengenai masa keruntuhan yunani ? mohon bantuannya

  65. ricke chessa sartika

    bpk tolong diblas masalah nya penting??
    mksh pak,,

  66. Selamat malam Pak,boleh tanya mengapa bangsa Assyyiria pada perdaban mesopotamia digelari bangsa Asia dan Roma???

  67. asa pak

    bleh tnya apa saja peninggalan kebudayaan dari tokoh cina kong fu tse ???

    tlng jelasin ya pak ,,, trimakasih ???

  68. tolong pak , sebutkan penulisan sejarah berdasarkan ruang dan waktu

  69. pak, blh tanya hubungan antara peradaban mesopotamia dengan indonesia? trimakasih :)

    • secara langsung tidak ada namun pengaruh mesopotamia di Indonesia ada juga, misalnya tentang seni bangun, yang saya tahu itu adalah adanya bangunan candi sukuh yang ada di Jawa Tengah, itu mirip2 dengan yang ada di mesopotamia yaitu bangunan Ziggurat, namun mana yang lebih dulu mempengaryhi, saya belum tahu…itu saja ya jawabannya..terima kasih atas kunjungannya…

  70. . Mau nanya 4 contoh jejak-jejak peninggalan zaman prasejarah ??

  71. Pak maaf saya mau tanya, langkah pertama yang dilakukan oleh pihak keluarga didalam mewariskan masa lalunya adalah…
    a. mempelajari hal-hal yang trjdi pd kluarga
    b. mendrong msa lalu agar d kmbngkn
    c. mngajarkn sopan santun
    d. memberikan pndidikn sckup.a
    e. mnuntut agarbertndak agresif.

  72. pak saya mau nanya masalah sosial,ekonomi,kebudayaan,bangunan,serta keadaan masyarakat bangsa mesir,asyiria dan persia itu bagaimana pak.tolong dijawab pak soalnya saya butuh jawabannya secepat mungkin …trimakasih pak sebelumnya

  73. bagaimana cara nenek moyang bangsa indonesia membagi-bagikan rejeki?

  74. maaf pak saya baru bergabung saya mau nanya .mengapa unsur geografi sering memengaruhi penyusunan periode-periode sejarah?
    makasih sebelumnya

  75. tolong pak ane saya carikan pengertian dari :
    1. aksara piktograf
    2. aksara ideografik
    3. aksara silabik
    4. aksara fenotik
    tolong kasih ciri huruf dan gambarnya/contihnya ya….

    mohon bantuannya om…
    cz materi ini ane kagak begitu paham… :)

  76. pak mau tanya,, kalo jejak sejarah dalam pertanian tu gimana ya penjelasannyaa….??

    • pertanian pada awalnya dengan sistem berladang. Sistem pembukaan ladang pada masa prasejarah menggunakan sisetm slash and burn (tebang dan bakar). Kemudian berkembang ke sistem tegalan, sawah hingga saat ini

  77. permisi pak, saya mau tanya tentang ciri-ciri dan contoh karya pada penulisan sejarah hindu-budha dan islam :) terimakasih

  78. ass pak,
    kalau q punya tgs tentang pewarisan masa lalu melalui masyarakat pak,,,bntuin aq pak,.

  79. pak saya mau bertanya apa peranan cerita rakyat dalam menemukan jejak sejarah masa lampau ? pak bantuin aku

  80. tahun bercocok tanam padi / bersawah mulai di gunakan pada tahun brp pak????….

  81. pak saya mau nanya nih tinggal plih aja yah jawabannya yg mana?

    1. zaman gupta merupakan zaman sejarah india dan puncak kejayaannya dicapai pada masa pemerintahan”?
    a. samudragupta
    b. candragupta maurya
    c. candragupta II
    d. bindusara
    e. ashoka

    2. tujuan dibentuknya sistem kasta adalah untuk menjaga kemurnian bangsa?
    a. arya
    b. dravida
    c. kaldea
    d. sikh
    e. kurdi

    3. agama buddha berkembang sangat pesat pada tahun 273-232 SM, sebab ajaran buddha?
    a. tidak mengenal kasta
    b. diajarkan pertama kali oleh sang buddha
    c. berusaha melepaskan penderitaan manusia
    d. dijadikan dasar pemerintahan dan agama negara
    e. bersifat demokratis.

  82. aslm .. pak ,,tolong carikan contoh2 dari folklore lisa yg di bgi loleh jan harold brunvand. ex. bahsa rakyat conthnya min 3, max 5 .. trims…

    • Contoh-contoh folklor lisan di Indonesi

      1. Bahasa rakyat.

      Bentuk-bentuk folklor Indonesia yang termasuk dalam kelompok bahasa rakyat adalah logat bahasa, slang (kosa kata para penjahat), can’t (bahasa rahasia yang digunakan oleh gay), shop talk (bahasa para pedagang), colloquial (bahasa sehari-hari yang menyimpang dari bahasa konvensional), sirkumkolusi (ungkapan tidak langsung), nama julukan, gelar kebangsawanan, jabatan tradisional, bahasa bertingkat, onomatopoetis (kata yang dibantuk dari mencontoh bunyi dan suara alamiah), onomastis (nama tradisional atau tempat-tempat tertentu yang mempunyai sejarah terbentuknya)

      2. Ungkapan tradisional.

      Ungkapan tradisional mempunyai tiga sifat hakiki, saat hendak meneliti hal ini (a) peribahasa harus berupa satu kalimat ungkapan saja. (b) peribahasa dalam bentuk yang sederhana. (c) peribahasa harus memiliki daya hidup yang dapat membedakan dari bentuk-bentuk klise tulisan yang berbentuk, iklan, syair, dan lain-lainnya. Peribahasa di bagi menjadi empat golongan besar, yakni: (a) peribahasa yang sesungguhnya, (b) peribahasa yang tidak lengkap maknanya, (c) peribahsa perumpamaan, (d) ungkapan yang mirip bahasa.

      3. Pertanyaan tradisional.

      Dikenal dengan nama teka-teki. Menurut Robert A. Georges dan Alan Dundes teka-teki adalah “Ungkapan lisan tradisional yang mengandung satu atau lebih unsure pelukisan, sepasang daropadanya dapat saling bertentangan dan jawabnya harus diterka. Menurut kedua sarjana ini teka-taki dapat digolongkan dalam dua kategori umum, yakni: (1) teka-teki yang tidak bertentangan, dan (2) teka-teki yang bertentangan. Pada teka-teki tidak bertentangan, sifatnya harfiah, jawab, dan pertanyaannya identik.

      4. Sajak dan puisi rakyat.

      Sajak atau puisi rakyat adalah kesusasteraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya, biasanya terjadi dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasarkan mantra, berdasarkan panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.

      5. Cerita prosa rakyat.

      Menurut William R Bascom, cerita prosa rakyat dibagi dalam tiga golongan besar, yaitu:

      a. Mite

      Menurut Bascom mite adalah cerita prosa rakyat yang dianggap bena-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang empunya cerita. Mite ditokohkan oleh para dewa dan mahluk setengah dewa. Peristiwa di dunia lain, di dunia yang tidak kita kenal sekarang, dan masa lampau. Menurut asalnya mite di Indonesia terbagi dua ,yakni: yang asli Indonesia dan yang berasal dari luar negeri seperti India, Arab, dan Negara sekitar Lant Tengah. Mite di Indonesia biasanya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, terjadinya susunan para dewa, terjadinya manusia pertama dan tokoh kebudayaan, dan terjadinya makanan pokok untuk pertama kalinya.

      b. Legenda

      Legenda adalah prosa rakyat yang mempunyai cirri-ciri mirip seperti mite, dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Tokoh dalam legenda adalah manusia walaupun ada kalanya memiliki sifat-sifat yang luar biasa. Tempat terjadinya legenda ini berada di dunia. Legenda bersifat migratoris, artinya berpindah-pindah dan dikenal luas di daerah-daerah yang berbeda. Jan Harold Brunvand membagi legenda menjadi empat kelompok, yaitu:

      a) legenda keagamaan

      Yang termasuk dalam golongan ini adalah orang-orang suci.

      b) legenda alam gaib

      Legenda ini biasanya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi pada seseorang. Fungsi legenda ini adalah untuk memperkuat mengenai kepercayaan rakyat.

      c) legenda perseorangan

      Cerita mengenai tokoh-tokoh tertentu yang dianggap empunya cerita benar-benar terjadi.

      d) legenda setempat.

      Yang termasuk dalam legenda ini adalah legenda yang berhubungan dengan tempat, nama tempat, dan bentuk tipografi suatu daerah.

      6. Dongeng

      Dongeng merupakan kesusasteraan kolektif secara lisan. Dongeng merupakan cerita prosa yang dianggap benar-benar terjadi, dongeng bertujuan untuk menghibur, memberi pelaajaran moral, melukiskan kebenaran bahkan digunakan sebagai sindiran. Stith Thompson menggolongkan dongeng menjadi empat bagian, yaitu:

      a) Dongeng binatang

      Dongeng ini ditokohi oleh binatang, binatang dalam cerita inidapat berbicara dan berakal budi seperti manusia.

      b) Dongeng biasa

      Dongeng ini ditokohi oleh manusia dan biasanya berkisah tentang suka duka seseorang.

      c) Lelucon dan anekdot

      Dongeng yang dapat menggelitik sehingga dapat menimbulkan tertawa bagi yang membaca maupun yang mendengar. Perbedaan ankdot dengan lelucon adalah bahwa anekdot menyangkut kisah fiktif lucu seseorang, sedangkan lelucon menyangkut kisah fiktif lucu mengenai suatu kelompok. Lelucon dan anekdot terbagi menjadi tujuh kategori, yaitu: a). lelucon dan anekdot agama, b) lelucon dan anekdot seks, c) lelucon dan anekdot suku-suku tau bangsa-bangsa, d) lelucon dan anekdot politik, e) lelucon dan anekdot angkatan bersenjata, f) lelucon dan anekdot seorang professor, g) lelucon dan anekdot anggota kelompok lainnya.

      d) Dongeng berumus

      Merupakan dongeng-dongeng yang oleh Stith Thompson dan Antti Aarne disebut formula tales dan strukturnya terdiri dari pengulangan. a) Dongeng-dongeng berumus terdiri dari dua subbentuk, yakni: Dongeng tertimbun banyak disebut dongeng berantai karena dibentuk dengan cara menambah keterangan lebih terperinci pada setiap pengulangan inti cerita. b) Dongeng untuk mempermainkan orang adalah cerita fiktif yang diceritakan khusus untuk memperdayai orang karena akan menyebabkan pendengarnya mengeluarkan pendapat yang bodoh. c) Dongeng yang tidak ada akhirnya adalah dongeng yang jika diteruskan tidak akan sampai pada batas akhir.

      7. Nyayian rakyat

      Menurut Jan Harold Brundvand, nyanyian rakyat adalah salah satu genre atau bentuk folklore yang terdiri dari kata-kata dan lagu, yang beredar secara lisan di antara anggota kolektif lainnya tertentu, berbentuk tradisional, serta banyak banyak mempunyai varian.

  83. pak saya mau bertanya ciri ciri sosial budaya ekonomi dan kepercayaan masyarakat pada masa beburu, pertanian dan perundagian?

  84. ass pak,,
    Tolong tuliskan saya tentang bagaimana kepercayaan masyarakat sebelum kedatangan agama Hindu????
    tlong dijawab yahh pak,,, :)

    • kepercayaan masyarakat sebelum kedatangan agama Hindu adalah masih menganut kepercayaan asli ( agama nenek moyang , shingga berkembang kepercyaan animisme, dinamisme, totemisme…

  85. aslm pak,,
    tolong sebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan manusia purba di indonesia pada zaman batu madya(tengah)
    tolong di jawab ya pak
    sekali lagi terima kasih atas bantuan nya :) :) :)

  86. aslm pak
    tolong sebutin istilah-istilah yang ada di sejarah kelas X

  87. tolong bantu saya, sebutkan dan jelaskan peninggalan peradaban sungai kuning yang ada di Indonesia, terimakasih

  88. bapak.. tolong bantu saya untuk mengerjakan tugas sekolah pelajaran sejarah
    1, mengapa pada masa dinasti chou muncul ajaran filsafat? apa tujuannya?
    2, mengapa pusat perdaban cina banyak di temukan di lembah sungai hoang dan yang tsekiang?
    3, sebut kan sebab-sebab runtuhnya dinasti manchu!
    4, kemukakan faktor-faktor yang menyebabkan lenyapnya peradaban lembah sungai indus!
    5. jelas kan apa yang di maksud dengan town planning pada peradaban mohenjo Daro-harappa!

    saya minta bantuannya tolong……!!!

    • 1. karena pada masa dinasti Chou, sangat terbuka dengan ajaran2 filsafat dan kaisar saat itu sangat suka dengan dunia filsafat
      2. Karena lembah sungai Hoang Ho sangat subur dan mengandung zat yang menyuburkan, sehingga pusat peradabannya juga banyak ditemukan di sekitar tempat itu
      3. adanya ketidakpuasan dari rakyat terhadap manchi yang dianggap sebagai antek2 bangsa barat, terutama Inggris
      4. – adanya serangan bangsa luar
      – bencana banjir
      4. town planning adalah saat pembangunan kota itu melalui perencaan tata kota yang cermat, misalnya rimah2 telah diberi sanitasi, jalan2 dibuat teratur, bahkan sudah ada bangunan tempat pemandian (kolam renang)

  89. pak mengapa pada masa dinasti chou muncul ajaran filsafat? apa tujuannya? kedua: jelaskan yang dimaksud denga town planning pada pradaban mohenjo darwo-haroppa? yg ketiga: apa manfaat ilmu perbintangan bagi masyarakat msir?

  90. Pak, tolong kirimkan tentang Kehidupan sehari-hari Yunani Kuno, Terima kasih ya Pak ;)

  91. pak mau tanya kalo hubungan antara kebudayaan Sa Huyn dengan kebudayaan indonesia?

  92. permisi pak…saya mau tanya ?
    1.tulisan mesir kuno di sebut apa ?
    2.sumber sejarah untuk mengungkapkan zaman tanpa tulisan ??

  93. pak saya mau tanya dong
    apa yang dapat kamu pelajari dari peninggalan deutro dan proto mela

  94. maaf pak..
    saya mau nanya mesir kan mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000 SM tetapi indonesia baru mengakhirinya sekitr abad ke 4 sampai abad ke 5. Mengapa demikian pak ?

  95. ma’af pak , saya ingin bertanya , tolong tulis kan tentang sejarah pembabakan mulai dari jaman kemerdekaan hingga jaman sekarang , mohon di balas ya pa melalui facebook

    di tunggu ,, soal nya besok saya harus ada
    terimakasih sebelum nya

  96. apa penyebab kesulitan dalam mengungkapkan kehidupan masyarakat prasejarah pak ?? mohon bantuan nya

  97. Pak, saya punya soal yang isinya “Bagaimana pandangan rakyat china terhadap ajaran Kong Hu Tze?”, mohon bantuan ya pak, Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.353 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: