Tentang pak rusdi
Pak Rusdi adalah salah seorang praktisi di bidang pendidikan. Aktif mengajar mata pelajaran Sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Selain mengajar juga aktif di beberapa kegiatan sekolah antara lain sebagai sekretaris Program Boarding School dan Sekretaris MGMP Sejarah Karesidenan Surakarta. Dengan motto Inspiring Teacher, berharap menjadi inspirator bagi dunia pendidikan untuk belajar menggunakan media blog untuk pengembangan kegiatan belajar mengajar. Semoga persembahan kecil ini dapat berguna bagi kemajuan pendidikan Indonesia, Maju terus pendidikan Indonesia !
pictures of me
Facebook Like Box
Yuk buat presentasi !
Yang sudah diposting
- Berani Mengajar Harus Berani Terus Belajar
- Yuk Gabung Virtual Coordinator Training Batch 4
- Belajar Sejarah Lebih Asyik lewat Komik
- Belajar Asyik dan Menarik di SEAMEO
- Ratusan Guru Jawa Tengah dan DIY Ikuti Workshop Penulisan Buku
- Lokakarya Kepenulisan Seluruh Soloraya
- Kado Manis di Hardiknas
- Jadi Guru Baru di Era Digital
- Buat Flip Book Sejarah Yuuuk…
- Pengembangan Media Ajar Sejarah Berbasis Android
- Workshop Pembuatan Media Ajar Berbasis Android
- Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
- MUSEUM GUNUNG API MERAPI, Mengenal Lebih Dekat Sang Mahaguru Merapi
- Jelajah Sejarah Purba di Museum Dayu
- (ketika) Anggota PETA Bermain Sepak Bola
- Asyiknya Belajar Sejarah dengan COC
- Dari Fotografi Lahirlah Foto Story…
- Asyiknya Jelajah Sejarah di Karanganyar
- Letnan Komarudin, Sang Fenomenal….
- Belajar Sejarah Makin Asyik dengan Picture Sort
- Asyiknya Belajar dengan Quipper Video
- MGMP Sejarah Gelar OSEAS
- Siswa Boarding Lolos Seleksi PTN
- Penantianku Terjawab Sudah….
- Belajar Sejarah ? Main Card Sort Saja Yuk…
- Menulislah Setiap Hari dan Lihatlah yang (Akan) Terjadi
- Pembelajaran Kolaboratif di Situs Purbakala Sangiran
- Dari MAN 1 Solo untuk Rohingya
- Kisah naskah proklamasi RI yang nyaris dibuang ke tempat sampah
- Kenapa Militer Indonesia ditakuti? Karena punya pasukan Para Komando Terbesar ke-4 di Dunia
- Sejarah Hari Pendidikan Nasional
- Timeline (Garis Waktu) Indonesia Awal Kemerdekaan Sampai Tahun 1950
- Guest Teacher di Pelajaran Sejarahku….
- Pembelajaran Sejarah Model Mind Mapping
- Kisah Memilukan Sang Proklamator di Akhir Kekuasaannya…
- Masjid Kobe, Tak Hancur Diserang Bom dan Gempa Bumi
- Angkatan Laut Majapahit
- Mengapa banyak peninggalan Majapahit ada di luar negeri ?
- Adolf Hitler Mati di Indonesia ?
- Sekali lagi tentang : Sejarah Berdirinya Majapahit
- Merah – Putih, Jiwa Bangsa Indonesia….
- KERAJAAN MAJAPAHIT
- Mobil “Terkutuk” Penyebab Perang Dunia I
- Kelas XII IPA
- Bagaimana Cara Mendukung Blog “Belajar Online Sejarah” di Lomba Blog Pendidikan ?
- Ikuti lomba blog Guru diadakan oleh Goesmart kerja-sama dengan Telkom Indonesia dan LPIK-ITB
- Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Model Enviromental Learning
- Kisah dibalik Agresi Militer II…
- Foto-foto langka Agresi Militer Belanda di Indonesia
- Konflik Indonesia – Belanda ( 1945 – 1950 )
- Allen Pope, Kisah Agen CIA yang Menyerang Indonesia
- 12 Bukti Kemegahan Indonesia Peninggalan Orde Lama
- INDONESIA MASA DEMOKRASI LIBERAL (1950-1959)
- Prediksi Soal UN Antropologi 2013 (5 paket soal)
- BANTAHAN TEORI CHARLES DARWIN
- Mereka Yang Meninggal di Usia Muda (Bagian IV – Selesai)
- Mereka Yang Meninggal di Usia Muda (Bagian III)
- Mereka Yang Meninggal di Usia Muda (Bagian II)
- Mereka Yang Meninggal di Usia Muda (Bagian I)
- 10 Beladiri Paling Atraktif di Dunia Dunia
- Fakta-fakta Terselubung Serangan Jepang ke Pearl Harbour
- Pelatihan Membuat Blog di MA Assalam Kartasura
- Ada Apa dengan Kurikulum 2013?
- KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2012-2013
- LOMBA MENULIS ARTIKEL BAGI GURU
- Lomba Media Pembelajaran Interaktif LPMP
- 5 Pesepakbola pendukung setia Palestina
- Mediaku peringkat 5 Jawa Tengah
- Guest Teacher di Pelajaran Antropologiku…
- Akhirnya, lolos lomba multimedia…
- Belajar Sejarah Dengan Konsep Environmental Education
- Monumen Pahlawan di Klaten
- FAKTA ILMIAH ADANYA PERANG MAHABHARATA (PERANG NUKLIR ZAMAN PRASEJARAH?)
- Dimanakah Titik Nol Kilometer di Indonesia ?
- PDRI, Mata Rantai Republik Indonesia
- Sejarah Nomor Polisi Kendaraan Indonesia
- Merek – Merek Jadul, Punya Indonesia Yang Masih Bertahan Sampai Sekarang
- Benarkah Taman Gantung Babylonia Pernah Ada?
- Metode Amputasi Eksis pada Jaman Batu
- Mengapa Terjadi Peristiwa Rengasdengklok?
- Kumpulan Artikel UNIK Tentang Sejarah Republik Indonesia
- Sultan Hamid II: Perancang Lambang Garuda Pancasila Yang Terlupakan
- UKG ONLINE DAN GURU BELAJAR IT
- Budaya Indonesia Menurut Orang Jepang
- 20 Juli 1969 Pendaratan Pertama Manusia di Bulan
- Artikelku masuk 13 Besar lomba artikel Guraru-ACER 2012
- 9 SNIPER TERBAIK DI DUNIA
- Daftar Olimpiade, Tahun, Kota Negara Tempat Penyelenggaraan Olympic Games / Olimpiade Dunia
- Daftar Senjata Tentara Jepang Pada Masa PD II
- Daftar Senjata Amerika di Perang Dunia II
- Sumur Lubang Buaya,Kesaksian Sukitman
- SEJARAH PENDIRI KOPASSUS
- Perkembangan ekonomi,politik, keuangan pada awal kemerdekaan
- Wong Fei Hung: Si Tendangan Tanpa Bayangan
- Photo History: Pembangunan Landmark Bersejarah Dunia
- Lima Presiden Indonesia Pernah Ditipu ?
- Colombus Bukan Penemu Amerika ?
- Tor-tor adalah tari tradisional Suku Batak
- Cerita Dibalik Supersemar
- Karakter Siswa Dibentuk Oleh Ucapan Gurunya
- Lesson Study, salah satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran
- Pendidikan yang Egaliter dan Nasionalis, Akankah Hanya Sebuah Mimpi?
- Diklat Antropologi Se-Jateng/DIY
- Rumah Kenangan Jenderal AH Nasution
- Pembelajaran Sejarah Dengan Model On Board Picture Stories
- Belajar Sejarah Sambil Bermain, kenapa tidak ???
- Guru Profesional adalah….
- 26 Siswa MAN 1 Lolos Jalur Undangan, 1 Bea Siswa Luar Negeri
- Pemanfaatan TIK dan sosial media dalam pembelajaran
- Indonesia yang Kita Impikan….
- Sejarah Permainan Kelereng
- Seputar Hari Kebangkitan Nasional ?( Sebuah Kajian Kritis Historis)
- KRONOLOGI PENJAJAHAN KOLONIAL BELANDA DI INDONESIA
- Guru Gaptek ? No Way !!
- Trias politika ( Pemisahan Kekuasaan)
- Oleh-oleh Ekspedisi Sejarah di Semarang
- Menelusuri Jejak-jejak Situs Kerajaan Mataram Islam (4)
- Menelusuri jejak-jejak situs kerajaan Mataram Islam (3)
- Menelusuri Jejak-jejak Situs Kerajaan Mataram Islam (2)
- Menelusuri Jejak-jejak Situs Kerajaan Mataram Islam (1)
- Bagaimana Rasanya Jadi Guru ??
- Pembelajaran Sejarah Aktif Dengan Model Picture Stories
- 12 Hal yang Membedakan Watak Orang Indonesia dan Jepang
- BERSYUKURLAH, MAKA BAHAGIA AKAN MENJEMPUTMU
- Jangan Menanti Keberhasilan Semu dari ”Ujian Nasional”
- PETA SUKSES BELAJAR
- Pembelajaran Kreatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan
- Andai Waktu Bisa Terulang…( Refleksi buat siswa-siswa kelas XII)
- Google dan Pendidikan
- Menggagas Pembelajaran Yang Aktif dan Menyenangkan
- Tipe-tipe guru yang ada di sekolah
- Tips Belajar dalam Menghadapi Ujian
- Tiga Strategi Dalam Membelajarkan Siswa Dengan Sistem Kelompok
- Selamat Pagi Bapak dan Ibu Guru…!
- 17 Resep kreatif dalam menangani masalah perilaku siswa
- 10 Gejala Pemanasan Global
- Pembelajaran Sejarah Aktif Dengan Media Mind Map
- Blog Writing Competition 2012 : Eksis dengan Internet
- Seputar Perang Dunia I dan II
- Pembelajaran Sejarah Dengan Model On Board Picture Stories
- Tips Islami Sukses UN 2012
- Resep membuat kelas yang hidup dan menginspirasi
- KOLONIALISME, IMPERIALISME, MERKANTILISME, KAPITALISME, dan REVOLUSI INDUSTRI
- 11 Makanan Biar Panjang Umur
- 12 Cara Menjadi Guru yang Baik
- Tips Supaya Tidak Ketangkap Saat Mencontek
- Lingkungan Situs Prasejarah Sangiran ( Catatan lain kegiatan Studi Sejarah )
- Membuat Soal Interaktif Dengan Wondershare Quiz Creator Ver 4.1 (serial)
- Tahun Baru, dalam Kultur dan Sejarah
- Guru Bersertifikasi=Guru Berduit ??
- Program Aplikasi Analisis Soal
- Resolusi tahun baru 2012, saatnya menjadi guru yang lebih baik bagi siswa kita
- Iklan “Mie Sedap” Melecehkan Profesi Guru
- Tips dan Trik Mengembangkan Multimedia Interaktif
- Pembantaian Rawagede Sejarah Kelam Zaman Kolonial
- Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Inovatif Berbasis IT
- Workshop lagi dan lagi….
- Belajar Sejarah Sambil Bermain, Why Not….
- Pemekaran Indonesia dari tahun ke tahun
- Indonesia Pernah Memiliki Negara Bagian ?
- Pasukan Kamikaze: Pengorbanan Tertinggi Sebuah Perjuangan
- Bobby Freeberg: Warga Negara Amerika Yang Gugur Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI
- Belajar Antropologi, semakin mengasyikkan….
- Oleh-oleh workshop Semarang
- Perkembangan dan Akulturasi Islam di Indonesia
- CIRI – CIRI ZAMAN PRASEJARAH INDONESIA
- Kabinet-kabinet di Indonesia ( dari masa ke masa)
- Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Geologi
- Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Arkeologi
- Pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia
- ”Perlukah Pendidikan Berkarakter?”
- Mengajar Lewat Blog
- Pembelajaran lewat social media ? Kenapa tidak ..!!
- Serangan Kamikaze PD II Terhadap Kapal Perang AS
- Sesuatu Yang Menarik Tentang Negeri Cina
- Apa Itu Harajuku ??
- Asal-Usul Nama Rupiah
- Sejarah Kartu Merah dan Kartu Kuning Dalam Sepak Bola
- 10 Kota Hilang Yang Paling Terkenal
- Kumpulan Artikel UNIK Tentang Sejarah Republik Indonesia
- Daftar Sejarah Dunia yang Dirahasiakan!
- Sejarah Penemuan Fosil Manusia Purba, Manusia Kera dan Manusia Modern
- Kekayaan budaya kita, Rumah Adat dari seluruh Indonesia
- Homo Florensiesis, Manusia Purba Kerdil dari Flores
- 7 Orang Misterius dalam Sejarah
- ON|OFF CHAT SOLO 2011: Merajut Ide untuk Pendidikan Indonesia
- 5 Tsunami terdahsyat, 2 diantaranya terjadi di Indonesia
- Mantan-mantan presiden Indonesia yang tidak dicatat sejarah
- Rangkuman penemuan manusia purba di Indonesia
- Perbedaan guru yang tegas dan galak
- Peristiwa Sekitar Proklamasi dan Pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( Menyambut 66 tahun Indonesia Merdeka)
- Tujuh Prinsip Praktik Pembelajaran yang Baik
- Tips Memotivasi Siswa untuk Belajar
- Tips Sukses Menjadi Guru ala Gisele Glosser
- Perilaku Nyontek dalam Pendidikan
- Dengan raket bengkok, memenangi pertandingan….
- Lagu favoritku….
- Oleh-olehku dari Semarang….
- Asyiknya Belajar Antropologi sambil Bermain….
- MGMP Sejarahku gelar DDTK PTK
- Sejarah 12 Peradaban yang Hilang
- Penjara-penjara bawah tanah Indonesia
- Wow! Perayaan Kemerdekaan Israel Akan Digelar di Jakarta ?
- Top 15 Lesser known World Heritage sites
- Sekilas Pasukan Khusus Indonesia
- Relief Misterius di Kaki Borobudur
- Belajar Sejarah Sambil Rekreasi
- 5 Pasukan Elit Terbaik di Dunia ( Indonesia urutan ke 3)
- Kronologi Perjalanan Bangsa Indonesia
- METODE BERMAIN SAMBIL BEROLAH RAGA DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH
- Penjelajah Muslim Lebih Dulu Injak Amerika Daripada Colombus
- Arkeolog Temukan Kota Mesir Kuno Terkubur Di Bawah Tanah
- 9 Fakta Tentang Dinosaurus
- Jimat Khadafi Berupa Perawan?
- Inilah Peta Kawasan Dunia Paling Rawan Gempa
- BAGAIMANA STRATEGI DAN TIPS LULUS UN 2011?
- Inilah 9 Penemuan Islam Yang Menggemparkan Dunia
- 10 Hal yang tidak bisa dibeli dengan uang
- Fakta Besar Tentang Ka’bah Yang Coba Disembunyikan Dunia
- Apakah Tsunami Itu ???
- Gempa Jepang 11 Maret 2011
- Cascade Climate Change MAN 1 Surakarta
- Aspri Soekarno Diminta Soeharto Cairkan Hubungan RI-Tiongkok
- Tuntutan Nurdin Turun Sampai Juga di Inggris
- Sertifikat TOEICku
- Tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) Tahun 2011
- Apa itu Perubahan Iklim ?
- Kegiatan Daur Ulang Sampah KIR MAN 1 Surakarta
- CARA SEDERHANA KURANGI PEMANASAN GLOBAL
- PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM
- Pemanasan Global ( Global Warming)
- KEGIATAN LESSON STUDY DI MAN 1 SURAKARTA
- Fenomena Soal “Multiple Choice” Dalam Ujian Nasional
- Gol Tunggal Timnas, Berkah Shalat Tahajud ‘El Loco’ Gonzales
- Oleh-oleh Training Climate Change-Connecting Classroom
- Pelatihan Connecting Classroom British Council
- UJIAN NASIONAL 2011 DIGELAR APRIL
- Muhammad, Nama Bayi Terpopuler di Inggris
- FOTO-FOTO LETUSAN MERAPI OKTOBER 2010
- Upacara Adat Unik yang Khas dari Indonesia
- Only In Indonesia (Unik Tiada Tara)
- 7 Tempat Menakjubkan di Indonesia
- Goa-Goa Peninggalan Jepang di Indonesia
- 6 Kuburan Paling Aneh di Indonesia
- Daftar Profesi / Pekerjaan Paling Aneh di Dunia
- Workshop Pengelola Website Kemenag 2010
- Mind Mapping dalam Penyusunan Materi Pembelajaran
- Akhirnya, aku jadi PNS…..
- Jung: Raksasa Penguasa Laut
- Menurut DNA, Adolf Hitler Keturunan Yahudi
- Rahasia Tentang 17 Agustus 1945 Yang Tidak Terpublikasi
- Tahukah Anda, Sex Gonta-ganti Pasangan Ciri-ciri Manusia Purba?
- Pentingnya Benteng Sebagai Warisan Sejarah Budaya
- Sekilas Tentang Candi di Indonesia
- It’s Boarding School Team !!
- Kapankah Arogansi Israel Berakhir ? (pernyataan keprihatinanku)
- Tragedi Kemanusiaan di Perairan Gaza
- Lingkungan Situs Prasejarah Sangiran (Yang tersisa dari Perjalananku)
- STUDI PRA SEJARAH DI SANGIRAN ( Catatan perjalanan )
- World Heritage Education Training
- Harta Karun Cirebon, Warisan Budaya Bangsa Haruskah Dilelang ?
- Candi Borobudur
- Proses Pemugaran Candi (pengetahuan arkeologi)
- Menelusuri Kebenaran Letusan Gunung Merapi 1006
- 1815-Tambora Mengguncang Dunia
- Indonesia Dijajah 350 Tahun?
- OLEH-OLEHKU DARI YOGYA….
- ASYIKNYA BELAJAR SEJARAH SAMBIL BERMAIN…
- Ditemukan makhluk yang lebih tua dari Dinosaurus
- Alun-alun sebagai Identitas Kota Jawa, Dulu dan Sekarang
- Punden Berundak ( Peninggalan Zaman Megalitikum )
- Media Tulis di Nusantara
- Alat Transportasi Laut di Nusantara
- Angklung: Alat Musik Tradisional Asli Jawa Barat, Indonesia
- Bejana Perunggu: Sebuah Peninggalan Kebudayaan Masyarakat Perundagian
- Bangunan Air dari Masa Majapahit
- Alat Tulang: Sebuah Kebudayaan Masyarakat Prasejarah
- Alat Serpih: Sebuah Kebudayaan Masyarakat Paleolitikum
- Agama pada Masa Majapahit
- Siapakah Pribumi Asli Nusantara?
- (Sedikit) Tentang Rupiah
- Indonesia Dijajah 350 oleh Belanda Hanya Mitos
- Asal Usul Mengapa Belanda Menjajah Indonesia Selama 350 Tahun
- Atlantis, Sebuah Misteri yang Abadi
- BERAPA FOSIL MANUSIA PURBA DI INDONESIA ?
- KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT DI KEPULAUAN INDONESIA
- Subhanallah….Ada Sungai dalam Laut..!
- Peradaban Awal di Asia dan Afrika
- MANUSIA PRA SEJARAH
- Mengapa Harus UN ? ( Polemik yang terus terulang)
- Pangeran Diponegoro, Singa Jawa dari Keraton Yogjakarta
- Gerhana Matahari Cincin 2010
- ALANGKAH KAYA DIALEK DI INDONESIA
- APAKAH CHINA MENEMUKAN DUNIA PADA TAHUN 1421 ?
- Candi Sukuh, Candi Paling Erotis di Indonesia
- Situs Candi Sambisari
- PENDUDUK JAWA DI SURINAME
- Bekas Keraton Kartosuro
- Situs Sangiran (Museum Situs Manusia Purba Pertama)
- Keraton Surakarta Hadiningrat
- Pohon Beringin Perjanjian Gianti
- Solidaritas menguat,… ini sama saja RS OMNI vs Rakyat Indonesia …???
- Tak Lulus, Ada UN Ulangan
- Misteri Tembok Raksasa China dibuat Zulkarnain ?
- Tips Menghadapi Ujian Nasional
- UN Lebih Cepat, Lebih Baik?
- Once Upon a Time In Banyumanik….
- (Akhirnya) Rekayasa itu Terkuak Juga…
- Anggodo Siaran Langsung, Polisi Jaga tvOne
- Motivasi Agar Kita Lebih Bersemangat Menghadapi Hidup
- Sejarah Makin Tak Diminati Siswa, Tanya Kenapa?
- Membangun Motivasi Belajar Siswa
- 10 Penemuan Yang Mengubah Sejarah Dunia
- Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2
- Foto Solo Tempo Doeloe
- Mendekatkan Sejarah Pada Siswa : Pengalaman Mengajar di MAN 1 Surakarta
- Sejarah dan profil Densus 88 Anti Teror
- Budaya asli Indonesia sebelum masuknya Hindu-Budha
- KEPRIBADIAN ORANG SUKSES
- Akhir Petualangan Noordin M Top
- MASYARAKAT PRASEJARAH INDONESIA
- MANUSIA PURBA DI INDONESIA
- Sejarah nama INDONESIA
- Mengapa Malaysia Klaim milik Indonesia?!
- MASA DEPAN PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA
- Ada Apa Dengan Malaysia ???
- Marhaban Yaa Ramadhan
- DETIK-DETIK INDONESIA MERDEKA
- Sepeda, Riwayatmu doeloe, nasibmu kini
- Cicak di Dinding KPK…
- INDONESIA, SARANG TERORIS ?
- INDONESIA KEMBALI BERDUKA
- Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia VS Malaysia
- AMBALAT, HARGA MATI BAGI INDONESIA
- HAMAS, Pelindung Tanah Al Quds
- Gaza To Night by Michael Heart
- SOLIDARITAS KITA UNTUK PALESTINA
- Ini dia Versi ASLI Lagu kebangsaan INDONESIA RAYA
- Jejak Emas Para Ulama : Bung Tomo Arsitek Pasukan Bom Syahid
- Siapa Pencetus Nama Indonesia ?
- Meluruskan sejarah Kapitan Ahmad `Pattimura’ Lussy
- Bukti-bukti Kebesaran Allah SWT
- Istana Kepresidenan Indonesia
- Profil Partai Politik Yang Tidak Lolos Pemilu 2009 (Just Humor)
- Solo, City of Culture
- Un Souvenir de YOGYA ( oleh-oleh dari YOGYA)
- Asal Usul Lambang Negara Kita ( BURUNG GARUDA)
- KONTROVERSI SUPRIYADI
- TASIKMADU, SI TUA YANG TERUS BERTAHAN ….
- Surat Cinta Seorang Guru ( Untukmu Seragam Putih Abu-abu)
- Cinta Sebagai Mata Air Peradaban
- Televisi, Antara Fungsi Sosial dan ” Agama Baru “
- Menjadi Guru, Sebuah Keberkahan
- Dari A2DC Sampai AAC, Ada Apa dengan Cinta ?
- PEMILIHAN 7 KEAJAIBAN MILIK DUNIA
- KELAS BARUMU, TANTANGAN BARUMU !
Yang sering dibaca
- Latihan Soal dan Pembahasan
- Latihan Soal dan Pembahasan
- Akhir Petualangan Noordin M Top
- Arsip-arsip Sejarah
- Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Geologi
- Budaya asli Indonesia sebelum masuknya Hindu-Budha
- Buat Flip Book Sejarah Yuuuk...
- BERAPA FOSIL MANUSIA PURBA DI INDONESIA ?
- Sejarah Permainan Kelereng
- INDONESIA MASA DEMOKRASI LIBERAL (1950-1959)
Yang sudah kasih komentar
Yang Sedang Online
Visitor & Live Traffic Feed
Komunitas Sahabat Formulasi
Renungan Al Qur’an
Translate
Mario Teguh
Tahukah kamu ?
BLoG PAK RuSdI LAINNYA
Daftar Blog
Kabar Nusantara
Komputer
Link Pendidikan
PENGETAHUAN UMUM
Situs Muslim
Situs Sejarah
- All About Indonesia
- Arkeologi Indonesia
- Arsip Nasional Indonesia
- Arsitektur Kuno
- belajar sejarah indonesia
- Biar Sejarah Yang Bicara
- Forum Sejarah
- institut sejarah indonesia
- Jurnal Historia UPI
- Karaton Solo
- Koleksi Tempo Doeloe
- Majalah Historia
- Majapahit
- Modul Sejarah
- My History Journey
- Sejarah Bangsa Indonesia
- Sejarah Dunia Ideologi
- sejarah perang
- Timeline Sejarah Indonesia
- Tuan Guru
- UNESCO
- Wacana Nusantara
Solo Dari CCTV
Temen-temen Wordpress
makasiihh banyaaakk ..
^_^
sama-sama
makasih byk….telah membantu sy dlm mengajar. semoga diberikan kemudahan dlm mencapai tujuan hidup. materi utk IPAnya di tunggu….
materi untuk IPA sudah ada, pilih ” materi XI IPA”, thanks sudah mau mampir di blog saya
Tolong tuliskan BAGAIMAN CARA MASYARAKAT INNDONESIA ZAMAN PRAAKSARA MEWARISKAN MASA LAULUNYA,TOLONG DI JAWAB ATAU HUBUNGI ALAMAT EMAIL ATAU FECEBOOK SAYA,KARENA TUGASKU MAU DI PRIKSA OLEH GURU SAYA!!!!!
Cara masyarakat masa Pra aksara mewariskan masa lalunya bisa dilakukan dengan cara :
1. Membuat lukisan, terutama lukisan di dinding-dinding goa ( misal goa leang-leang yang ditemukan gambar telapak tangan )
2. Folklore ( cerita rakyat), yang terdiri dari 3 bentuk yaitu : legenda, mite, dongeng
3. Folksong ( lagu rakyat), misal lagu-lagu daerah ( misal Gundhul pacul, cublak-cublak suweng)
wah.. keren nih. Thx ya. tugas jadi ga susah-susah nyari nya . ^_^
saya nyari tentang bagaimana budaya politik suku dayak ?
tapi belom nemu….?
tolong bantuin dong…/
Bener bwanget… ozzz q jga sama lauu cari tugas gak sah nyari lama22
Wah…sangat memuaskan hati saya….makasih banyak ya??
hal2 ap sjakah yg di wariskan keluarga kpada anakny…????
tlg ksih tw y,,,,
emang sech,, aku udh tw sbagian jawabny,,, pie aq mw tw lbih bnyk,, please….
tq…
ass……………………
saya mau tanya,boleh tidak saya minta materi JEJAK-JEJAK MASA LAMPAU? Cos di internet gak lengkap materinya
saya mencari pengertian teka teki menurut folklore……????????
dan contohnya….
Menurut Jan Harold Brunvand, Folklore dibagi 3 yaitu :
Folkore Lisan → Folklore yang bentuknya lisan
yang masuk dalam kategori ini adalah logat, julukan, titel kebangsawanan, pertanyaan tradisional ( misal teka-teki, puisi rakyat). Contoh Teka-teki adalah : ” kasebut opo barang sing papane ono ing antarane kempole wong lanang lan asring di elus-elus kanthi tenogo sing kuwat ? jawabane : rem becak
Foklore sebagian lisan → campuran unsur lisan dan bukan lisan
Folklore Bukan Lisan → bentuknya bukan lisan tapi cara pembuatannya diajarkan secara lisan
eh ehh… akk mau nanya
mengidentifikasikan cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur?????
caranya melalui tradisi lisan melalui cerita rakyat (folklore) yang bentuknya ada tiga yaitu :
1. Dongeng
2. Mite
3. Legenda
tolong bantu saya mencari gambar ARCA PERUNGGU,tapi saya belum nemuin tolong bantu saya menemukannya.please………….
MakasiH. . .ya. .c0z skRng sy bsa jwb c0z uLngn. .^_^
Like This. 🙂
makasih baNyak yahh .. oya mohon bantu saya tentang peradaban sungai kuning ( huang he ) saya sedang cari bahannya untuk skripsi .. THX
PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING
Sejarah tertua di Cina dimulai dari lembah sungai Hoang Ho sekitar tahun 4000 SM. Sungai Hoang Ho merupakan sungai terpanjang di Cina yaitu 5.464 kilometer dan merupakan sungai terpanjang nomor dua di dunia.
Tahukah Anda sungai manakah yang terpanjang di dunia? Sungai yang terpanjang di dunia adalah sungai Nil yang panjangnya lebih dari 6000 Km. Sungai Hoang Ho mengalir dari dataran tinggi Tibet lalu ke arah Timur dan bermuara ke Teluk Tsii Li di Laut Kuning. Sungai Hoang Ho melewati lima propinsi yaitu Tsing Hai, Kansu, Shansi, Honan dan Shantung.
Di Selatan sungai Hoang Ho mengalirlah sungai Yang Tze Kiang yang berhulu di pegunungan Kwen Lun di Tibet dan bermuara di Laut Cina Timur. Sungai Hoang Ho disebut juga sungai Kuning dan paling berlumpur di dunia.
Anda tentu bertanya “mengapa sungai itu di sebut sungai kuning?”. Berdasarkan penelitian para ahli maka lumpur yang mengendap di lembah sungai itu berasal dari tanah loss Gurun Gobi yang diterbangkan angin sampai ke lembah sungai Hoang Ho dan berwarna kuning. Akibatnya air sungai Hoang Ho kekuning-kuningan dan lembah sepanjang alirannya menjadi subur.
Siapakah yang mendiami lembah sungai Hoang Ho dan dari manakah asal usul mereka? Bangsa Cina tergolong ras Sinid, suatu cabang dari ras Mongol. Ciri-ciri ragawinya adalah ada lipatan pelupuk mata, rambut hitam, tubuh yang tidak banyak berbulu, muka datar dengan tulang pipi yang menonjol, hidung pipih dan tinggi badan sedang.
Bangsa Cina yang asli yakni orang-orang Han, semula berasal dari daerah pegunungan yang bertanah Loss di propinsi Shensi dan Shansi. Kemudian mereka bercampur dengan pendatang dari Cina Barat Laut dan Timur Laut lalu menyebar ke lembah sungai Hoang Ho di Cina Utara dan ada yang ke Selatan.
Mereka hidup berkelompok dan saling tolong menolong. Itulah sebabnya mereka disebut “keluarga seratus”. Sebutan tersebut untuk mengungkapkan banyaknya, bukan dalam arti jumlah yang tepat.
Kehidupan sehari-hari bangsa Cina adalah mengusahakan pertanian dengan hasil utama padi. Selain itu ditanam pala, gandum, jagung dan cantel (biji-bijian sebesar lada jika ditanak legit dan gurih). Masyarakat juga mengembangkan perkebunan, yang menghasilkan kapas, tebu, teh dan pohon murbei untuk memelihara ulat sutera. Selain pertanian bangsa Cina juga mengembangkan perdagangan sampai ke manca negara yang melalui jalur perdagangan kala itu dengan sebutan jalan sutera.
Sistem Pemerintahan Dinasti di Cina
Berdasarkan peninggalan budaya pemerintahan di Cina telah ada sejarah sekitar tahun 4000 SM. Permulaan pemerintahan di Cina disebut jaman dongeng yang berlangsung hingga sekitar tahun 1800 SM.
Pada jaman dongeng sebagian besar sumber sejarahnya berupa benda. Contoh ditemukan keramik dari jaman perunggu. Memasuki jaman dinasti telah ditemukan sumber-sumber tertulis.
Pusat kelahiran dinasti/pemerintahan di Cina berada di daerah pertemuan lembah sungai Hoang Ho dan lembah sungai Yang Tze Kiang. Secara geografis pusat pemerintahan dinasti terletak di Cina Utara.
Perjalanan kekaisaran Cina ditandai oleh pemerintahan dinasti yang silih berganti dalam kurun waktu tertentu. Banyak dinasti yang memerintah namun dinasti-dinasti yang besar memerintah di Cina sampai awal masehi secara berurutan adalah sebagai berikut: Hsia Shang (Yin), Chou, Chin dan Han.
Setelah dinasti Han berkuasa, Cina pernah pula dikuasai oleh bangsa asing yaitu bangsa Tartar, bangsa Mongol dan bangsa Mansyu. Pemerintahan dinasti berakhir tahun 1912 yang ditandai dengan terjadinya revolusi nasional di Cina yang melahirkan bentuk pemerintahan Republik.
A. Dinasti Shang (Pertengahan abad ke-16 sampai abad ke-11 SM)
Dinasti Shang dianggap dinasti yang mengawali sejarah Cina karena baru pertama kali dilakukan penulisan sejarah oleh Suma Chien. Catatan itu dituliskan di atas bejana perunggu, tempurung kura-kura dan tulang binatang.Pada masa dinasti Shang sedikitnya telah dikenal sejumlah kurang lebih 2000 huruf gambar.
Kebudayaan yang berkembang pada jaman dinasti Shang disebut kebudayaan Lung-Shan. Peninggalan budaya jaman dinasti Shang antara lain bejana perunggu, persenjataan, kereta kuda dan sistem penulisan. Setelah runtuhnya dinasti Shang, Cina kemudian diperintah oleh dinasti Chou seperti dapat Anda baca pada uraian di bawah ini.
B. Dinasti Chou (Zhou, 1222 SM – 249 SM)
Pendiri dinasti Chou adalah Chou Wen Wang, pusat pemerintahannya di Chang – An Dinasti Chou (Zhou) meletakkan dasar sistem pemerintahan feodalisme dan pola kebudayaan Cina. Kerajaan dibagi menjadi negara-negara bagian yang diperintah oleh raja bagian atau raja Vazal. Raja Vazal memerintah atas nama kaisar dan tunduk kepada kaisar. Kesetiaan raja vazal diwujudkan melalui penyerahan upeti secara teratur dan mengirimkan tentara yang dibutuhkan pada saat negara menghadapi ancaman.
Pada masa dinasti Chou hiduplah para filosof yang terkenal yaitu Lao Tze, Kung Fu Tze dan Meng Tze. Ajaran Kung Fu Tze mengenai kesusilaan menjadi dasar perkembangan kebudayaan Cina. Ajaran Kung Fu Tze lahir sebagai reaksi atas keadaan negara waktu itu yaitu banyaknya korupsi serta merosotnya akhlak bangsa dan para pemimpinnya .
Runtuhnya Dinasti Chou disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tidak ada raja-raja pengganti yang cakap, kerajaan terpecah menjadi dua yaitu Chou Barat dan Chou Timur, banyak raja vazal yang melepaskan diri. Raja vazal yang kuat menyerang raja pusat dan menggantikannya.
C. Dinasti Chin (Qin, 221 SM – 207 SM)
Setelah dinasti Chou, Cina diperintah oleh dinasti Chin (Qin). Konon nama Cina diambil dari nama dinasti Chin ini. Dinasti Chin memerintah dengan sistem sentralisasi dan meninggalkan sistem feodalisme (desentralisasi). Timbul pertanyaan, mengapa dinasti Chin meninggalkan sistem feodalisme dan melaksanakan sentralisasi dengan kekuasaan sebesar-besarnya ditangan pemerintah pusat? Kebijakan sentralisasi dilakukan oleh dinasti Chin sebab kekacauan yang terjadi di Cina pada akhir pemerintahan dinasti Chou tidak cukup hanya di atas oleh sikap raja-raja yang baik dan saleh saja. Namun dibutuhkan adanya kekuasaan raja yang kuat dan nyata serta hukum yang dijalankan dengan adil sehingga tercipta ketertiban dan ketentraman diseluruh negeri Cina.
Untuk maksud di atas kaisar Shih Huang Ti dari dinasti Chin yang memerintah di Chang An mengambil beberapa tindakan sebagai berikut:
1.melarang ajaran Kung Fu Tze karena mendukung feodalisme.
2. membagi kerajaan menjadi 36 propinsi, setiap propinsi diperintah oleh gubernur selaku kepala pemerintahan yang bertanggung jawab kepada kaisar.
3. menetapkan standardisasi ( pembakuan) tulisan, satuan ukuran misalnya timbangan, ukuran roda, alat-alat pertanian.
4.membangun tembok besar Cina sepanjang 2.250 Km, untuk membendung masuknya suku-suku pengembara (nomaden) dari Utara (uraian lebih lanjut bacalah halaman 23 )
Setelah Shih Huang Ti wafat pada tahun 210 SM, para gubernur dari tiap-tiap propinsi berupaya untuk merebut kekuasaan tertinggi di Cina. Dalam keadaan kacau tersebut tampillah tokoh Liu Pang dan pasukannya yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan kemudian menduduki tahta, Liu Pang mendirikan dinasti baru bernama dinasti Han.
D. Dinasti Han (207 SM – 221 M)
Pendiri dinasti Han ialah Liu Pang. Pemerintahan dinasti Han kembali menjalankan sistem feodalisme dan mengijinkan kembali filsafat konfusianisme. Bahkan ajaran konfusianisme menjadi salah satu mata ujian bagi calon penghuni negeri. Masa pemerintahan dinasti Han mencapai puncak kejayaan di bawah kaisar Han Wuti. Wilayah kekaisaran Cina mencapai Asia Tengah (Turkistan), Korea, Mansyuria Selatan, Anam, dan Sinkiaing (daerah utara Tibet). Selain wilayahnya yang luas kaisar Cina juga menjalin hubungan dengan mancanegara. Jalur perdagangan ke Barat sampai Roma di kenal dengan sebutan “Jalan Sutera”. Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan jalan Sutera?
Jalan sutera adalah jalur perdagangan dari daratan Cina melalui jalan darat melewati padang rumput di Asia Tengah secara berantai sampai ke Roma. Karena komoditi dagangan dari Cina terutama adalah sutera maka jalur perdagangan itu disebut jalan sutera.
Setelah kaisar Han Wu Ti meninggal, dinasti Han mengalami kemunduran dan runtuh tahun 221 M. Negeri Cina mengalami kekacauan bahkan pernah dikuasai oleh bangsa Tar-Tar, sehingga masa ini disebut masa kegelapan. Pada abad 7 muncul dinasti baru di Cina yaitu dinasti Tang dari tahun 618 – 906. Sejak dinasti Tang terjalinlah hubungan dagang antara negeri Cina dengan kerajaan-kerajaan Nusantara. Hal ini ditandai dengan kunjungan para musafir dari Cina misalnya I Tsing di Sriwijaya. Laksamana Cheng Ho dan Ma Huan berkunjung ke Majapahit.
Filsafat Cina
Ketiga pemikir yang akan dibahas berikut ini sama-sama hidup di zaman dinasti Chou (Zhou). Ajaran mereka muncul sebagai reaksi terhadap pemerintahan yang korup serta akhlak masyarakat yang merosot.
A. Lao Tse 605 – 531 SM.
Ajaran Lao Tse dituangkan dalam buku berjudul “ Tao Te ching “. Ia percaya adanya semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi yang bernama Tao. Ajaran Lao Tse disebut Taoisme. Ia mengajarkan agar orang harus menyesuaikan dengan kodrat alam untuk meraih hidup sejati.
Selanjutnya Taoisme juga mengajarkan bahwa di atas alam terdapat kerajaan Langit yang diperintah oleh dewa langit atau Hoo Tsien. Di bumi ada kerajaan bumi yang diperintah oleh Huang Ti. Bila raja yang memerintah tidak baik maka Dewa Langit akan menegur dan memberi hukuman melalui bencana alam atau pemberontakan. Jadi setiap orang harus menghormati Dewa Langit, raja dan arwah nenek moyang, karena nenek moyanglah yang menurunkan mereka.
Setelah Lao Tse berikut ini dapat Anda pelajari ajaran Kung Fu Tse.
B. Kung Fu Tse 551 – 479 SM.
Sosok pribadi Kung Fu Tse yang selama ini diketahui dapat Anda lihat pada gambar di samping. Dibandingkan dengan Lao Tse, ajaran Kung Fu Tse jauh lebih banyak penganutnya bahkan tersebar meluas. Ajaran Kung Fu Tse menekankan bahwa akhlak yang bobrok dapat diperbaiki dengan membangun kembali keselarasan dalam masyarakat sebagaimana telah dialami oleh leluhur. Keselarasan meliputi semua pihak artinya pemerintah maupun rakyat, tua maupun muda.
Masyarakat terdiri atas keluarga. Dalam keluarga bapaklah yang menjadi pusatnya. Seorang bapak harus mengurus anak-anaknya dengan baik. Sebaliknya anak-anak harus hormat dan patuh terhadap orang tuanya. Negara dipandang sebagai keluarga besar dengan raja sebagai bapaknya. Oleh karena itu raja harus memerintah rakyatnya dengan baik dan bijaksana. Sebaliknya rakyat harus hormat dan taat kepada rajanya seperti anak kepada bapaknya. Filsuf ketiga yang akan Anda pelajari adalah Meng Tse.
C. Meng Tse 372 – 280 SM.
Melengkapi ajaran Kung Fu Tse manusia itu pada dasarnya baik. Kebaikan baru tampak jika terdapat keselarasan masyarakat. Karena itu pendidikan amat perlu. Seandainya pemerintah tidak beres rakyat punya hak untuk memberontak dan menggulingkan pemerintahan.
Oleh karena pendapatnya tersebut, ia dianggap sebagai peletak dasar ajaran demokrasi bagi masyarakat Cina. Jika raja memerintah dengan sewenang-wenang, maka para menteri berkewajiban untuk memperingatkannya. Apabila raja mengabaikan peringatan tersebut maka para menteri wajib menurunkan raja dari tahtanya.
Kepercayaan Cina
Masyarakat lembah sungai kuning menganut polytheisme. Mereka memuja dewa-dewi yang mempunyai kekuatan alam. Dewa yang mereka sembah antara lain: Feng Pa (dewa angin ), Lei -Shih (dewa angin topan yang digambarkan sebagai naga besar), Tai Shan (dewa yang menguasai bukit suci ), Ho Po (dewa penguasa sungai Hoang-Ho). Untuk memuja Ho Po setiap tahun diadakan upacara yang dipimpin oleh para pendeta perempuan dengan memberi sesaji berupa gadis tercantik di Cina yang diterjunkan di sungai Hoang Ho tersebut.
Dewa langit adalah dewa yang mendapat pemujaan tertinggi. Masyarakat Cina memuja dewa langit yang disebut Syang, karena langit adalah pemberi hujan dan panas matahari. Sedangkan bumi sebagai lahan yang menerima sinar matahari dan hujan dari langit. Sehingga masyarakat juga memuja dewi bumi. Selain pemujaan kepada dewa-dewa masyarkat Cina juga memuja arwah leluhur. Upacara pemujaan dilakukan oleh anak laki-laki tertua.
Pada masyarakat Cina di Indonesia sampai saat ini tradisi tersebut terus dilestarikan. Sebagai contoh: adanya meja abu di tiap rumahnya.
Peninggalan Budaya Cina
Hasil-hasil peninggalan peradaban masyarakat lembah sungai kuning (Hoang Ho) yang terkenal dapat Anda ketahui sebagai berikut:
A. Seni Bangunan.
Salah satu peninggalan bangunan yang termasuk bagian dari tujuh keajaiban dunia adalah tembok besar. tembok besar ini dibangun sejak masa pemerintahan dinasti Chin untuk membendung masuknya bangsa pengembara dari utara misalnya suku Hsiung Nu ke daratan Cina. Pembangunan tembok tersebut di lanjutkan oleh dinasti-dinasti berikutnya sampai dinasti Ming 1364-1644. Sehingga panjangnya semula 2.250 Km lalu mencapai 7000 Km, tinggi tembok Cina adalah 16 meter dan lebar 8 meter.
B. Keramik
Keramik merupakan salah satu peninggalan budaya bangsa Cina yang bermutu tinggi. Keramik yang berglasur (diberi lapisan keras yang berkilap) serta porselin Cina yang indah dibuat dengan teknik yang tinggi. Mangkuk, cawan dan piring-piring keramik Cina dikenal di Eropa juga di Indonesia. Tiap-tiap dinasti di Cina meninggalkan jenis keramiknya masing-masing.
C.
Penemuan Kertas dan Alat Cetak. (Kalau ada sisipkan gambar/foto mesin cetak temuan pertama Cina)
Pada jaman dinasti Han, bangsa Cina telah menemukan kertas sekitar tahun 150 M, serta tinta, sehingga dikenal adanya istilah “tinta Cina”. Bangsa Cina juga menemukan tik gerak (movable type) yaitu blok-blok kayu dengan huruf-huruf yang dicungkil ke luar. Dengan penemuan kertas dan alat cetak tersebut memungkinkan adanya penerbitan buku-buku dalam jumlah yang besar dan dengan harga murah. Bangsa Cina termasuk bangsa yang sangat memperhatikan tulisan. Penemuan kertas dan alat cetak juga membantu penyebaran karya sastra di Cina. Para pujangga Cina yang terkenal antara lain:
* Szema Tzien yang hidup pada masa dinasti Han. Ia menulis buku sejarah berjudul “ Shi – Ji “ yang meliputi jaman purba sampai masa pemerintahan Han Wuti.
* Li Tai Po, seorang penyair yang hidup pada jaman dinasti Tang.
Dari uraian tersebut tentu timbul pertanyaan dalam diri Anda, apakah betul bangsa Cina itu penemu alat cetak yang pertama di dunia?
Jawabannya adalah ya, sebagai perbandingan, bangsa Eropa baru menemukan alat cetak buku tahun 1440 di Haarlem (Belanda) oleh Laurens Janszoon Coster. Penemu yang lain ialah Johann Gutenberg dari Jerman tahun 1457.
D. Astronomi.
Ilmu pengetahuan yang telah berkembang sejak jaman dongeng antara lain astronomi atau ilmu perbintangan. Ilmu astronomi digunakan untuk:
1. menentukan penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan;
2. meramal masa depan manusia dan masa depan negara khususnya saat memasuki tahun baru imlek;
3. mengetahui saat terjadinya gerhana matahari dan bulan; dan
4. mengetahui perputaran atau pergantian musim yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat seperti pertanian dan pelayaran.
demikian materi singkat tentang peradaban lembah sungai Kuning yang saya ambil dari e-dukasi.net. mungkin masih banyak kurangnya, tapi semoga bisa sedikit membantu ya.
maff boleh saya tahu sumber buku / artikel tentang kepercayaan masyarakat lembah sungai kuning ..
tolong bantu saya mengetahui seluk beluk peradaban babilonia lama dan babilonia baru
Sumeria (± 3000 SM)
Bangsa Sumeria adalah bangsa yang pertama mendiami Mesopotamia. Mula-mula daerah tersebut berupa rawa-rawa. Setelah dikeringkan daerah tersebut menjadi pemukiman yang dihuni oleh kelompok masyarakat yang teratur. Kota yang dihuni tertua adalah Ur dan kemudian Sumer.
1. Bagaimanakah kehidupan masyarakat Sumeria?
Bangsa Sumeria mengembangkan kehidupannya dengan mengusahakan pertanian. Untuk mengairi tanah pertaniannya dibuatlah saluran air dari kedua sungai itu. Pengolahan tanah dilakukan dengan membajak menggunakan tenaga hewan yaitu keledai dan lembu. Untuk mengangkut hasil panen dan keperluan yang lain mereka membuat kereta atau gerobak yang diberi roda. Hasil utama pertanian ini adalah gandum kemudian jemawut dan jelai. Konon bangsa Sumeria adalah bangsa yang mengenal roda dan gandum yang pertama kali di dunia.
2. Sistem pemerintahan
Bangsa Sumeria mengembangkan pemerintahan yang berpusat di kota Ur dekat muara sungai Eufrat. Para penguasa memiliki kekuasaan yang sangat besar. Selain sebagai kepala pemerintahan, Raja juga sebagai kepala agama sehingga raja disebut Patesi (Pendeta Raja). Raja bertanggungjawab terhadap kehidupan masyarakat baik lahir maupun batin. Raja harus mampu mengatur kehidupan ekonomi, keamanan atau ketentraman, hukum dan peradilan serta kehidupan keagamaan.
Salah seorang patesi bernama Ur Nanshe. Ia adalah Raja yang membangun kota Lagash sekitar tahun 2500 SM. Tindakan Ur Nanshe diikuti oleh Patesi (Raja) Gudea yang memerintah kira-kira tahun 2400 SM. Dialah yang menjadikan kota Lagash jadi kota yang paling berarti di Sumeria.
pak saya novita
saya ingin mengetahui lbih luas ,,dan ingin mengetahui video sejarah awal kehidupan masyarakat indonesia
bisa tolong mncari cerita masyarakat yang berhubungan tentang pra-aksara nggak
Assalamualaikum…salam kenal pak….bagus sekali blognya pak…apa boleh saya link ke blog saya? kebetulan saya juga mengajar sejarah…jgn lupa kunjungi blog saya jg….
terimakasih banyak pak…
Wassalam
Sama-sama pak Mustaqim, salam HISTORIA selalu, silahkan di Link, saya sangat senang bisa ketemu sama-sama guru sejarah…matur nuwun
pak bisa menemukan “peta persebaran manusia purba indonesia” ga? makasih.
sudah saya muat di artikel tenatang Manusia Purba, coba di lihat lagi ya, memang bukan berwarna tp sedikit banyak bisa membantu, maaf lho sebelumnya
PAK INI PENTING BANGET …. MOHON DITERBITKAN ALAT ALAT TULANG MANUSIA PURBA.
Selamat malam Pak,saya mau minta petunjuk soal mangkok yang saya punya,ciri cirinya retak seribu ada glasir dan garis hitam dan hijau melingkar pada bagian dalam dan tutup,bentuknya seperti tempat nasi dan sayur,peningalan dari kakek saya orang sumatra,diameter sekitar 23cm,tinggi 15cm,kira kira dari jaman apa barang itu,yang saya baca seperti dari jaman dinasti yuan dan ming,Insya ALLAH kalau itu laku dijual saya akan bagi rejeki sama Bapak.
Selamat malam Pak,saya mau minta petunjuk soal mangkok yang saya punya,ciri cirinya retak seribu ada glasir dan garis hitam dan hijau melingkar pada bagian dalam dan tutup,bentuknya seperti tempat nasi dan sayur,peningalan dari kakek saya orang sumatra,diameter sekitar 23cm,tinggi 15cm,kira kira dari jaman apa barang itu,yang saya baca seperti dari jaman dinasti yuan dan ming,Insya ALLAH kalau itu laku dijual saya akan bagi rejeki sama Bapak,iklan yang saya cantumkan ada salah pengertian tapi kalau gambar benar adanya.Terima Kasih.
mungkin saya harus lihat gambarnya dulu, kamu bisa kirim ke email saya : rusdi1978@yahoo.com. saya tunggu ya
As. klw bleh na’X, stius untuk gambar peta PENYEBARAN MANUSIA di WILAYAH NUSANTARA di mana’yach…….?
coba cari saja di yahoo, tuliskan kata kunci yg mau dicari
tHANKS,
AKU MASIH PERLU ENFORMASI TENTANG LEMBAH SUNGAI KUNING HOANG HO
tlg bantuin aq donk, dari tadi q cariin tp gak dpet2,,, berapa tahunkah raja sargon II, raja Sennacherib dan raja assurbanipal memerintah di kerajaan Assyria,,,??? tlg dirinci satu-persatu yeah,,,!!!
mau nanyaaaa….
ko disini ga ada tentang nekara yaa???
kesamaan nekara 1 sama nekara yang di vietnam apa sih???
perkenalkan pak nama saya lucky, saya guru sejarah juga sosiologi di SMAN I Besuki. saya sangat salut dengan isi blog bapak. bapak bagaimana cara mengajar sejarah yang mengasyikkan bagi anak2 IPA dan IPS?
kalau saya memakai TIK dalam mengajar, karena siswa akan lebih tertarik dan tidak bosan lagi, saya memakai Power point
waaaahhh…
complete dsni ad smwa…
mksh yh bgi yg mmbbuat ini web…
tugas saya trselesaikan dengan cepat 🙂
mkasi ya…………….. akhirnya aku bisa ngerjai tugas tugas sejarah aq
terima kasih banyak sangat membantu utk anak bangsa
Terima kasih banyak pak , atas bantuannya.
assalamu’alaikum pax….
pax mo tanya tentang kegunaan sejarah sebagai ekonomi, sosial, politik, dan budaya tu pha dja toch pax?????
makasih
maksudnya apa ? kalau pembahasan sejarah dilihat dr sudut pandang ekonomi, sosial, politik, mungkin bisa…
kalau contoh pewarisan melalui keluarga dan masyarakat apa saja pak ??
makasih sebelum nya …..
kalau keluarga misalnya anak diajarkan tentang nilai-nilai, norma dan aturan yang ada di rumahnya sedangkan di masyarakat bentuknya bisa berupa melibatkan individu dlm kegiatan masyarakat di lingkungannya
pak, periodisasi setelah indonesia merdeka itu bagaimana penjelasannya??
makasih pk Mustapa, izin kn sya mng copy nya….!!! oh ya…klw ada sya tlong dimuat bhan2 kebudayaan daerah timur Indonesia, spt Papua,sulawsesi dan maluku……
eehh saya mw nanyaq,,
ciri – ciri masyarakat aksara
sudah mengenal tulisan, mengenal kepercayaan ( animisme yang pertama kali), hidupnya menetap (sedenter), hidup secara food producing
pak sya lg cari bagaimana reaksi masyarakat indonesia ketika guru di sanggahi oleh bangsa asing.
ada yang menerima dan menolak.
Saya sangat butuh sumber ini
saya diberi tugas olh guru saya di smansa pangandaran…..terimakasih….berkat sumber ini tugas saya akan terselesaikan…walaupn masih ada yg hrus saya cari selain disini
sama-sama pangandaran, semoga bermanfaat
gk da pmbahasan khusus tentang goa leang” yy pak??
kasitau dund CARA MEWARISKAN MASA LALU MELALUI PENDIDIKAN
pak minta tolong dong
1.sEbUTKAN DAN JELASKAN 3 UNSUR MENGAPA PERISTIWA SEJARAH ITU DAPAT DIPELAJARI DALAM ILMU SEJARAH?
Ruang, waktu dan Tempat, itu adalah ciri2 sejarah sebagai ilmu
pak saya mau bertanya, prasasti sungai kuning yg berbentuk batu itu ditemukan tahun berapa ya… trimakasih…
maaf saya belum pernah dengar ttg prasasti yg dimaksud. bisa dikasih info lagi?
ada email khusus ga pak, krn batu yg sy maxud ada hubungannya dng petunjuk lgsg dr TUHAN tp byk yg g tau ttg hal ini, sy cuma ongn tau tgl ditemukannya soalnya seingat sy dulu wktu sy sma 1 klo g slh ada dibahas tp sy mau cari buku itu mslhnya tumpukan kardus isi buku pelajaran sma sy buanyak n berdebu jd sy ga bongkar2… nanti sy email bpk utk sy ksih tau detailnya thx…
HASIL PENELITIANNYA MANA ???? MASA PENDAPAT’AMULU….!!!
Pak mau bertanya zaman megalitrikum ada jenis-jenis manusia purbanya yaaa ??? Tolong sebutin sekalin jelaskan
Makasih >.<
ada yaitu jenis homo seperti homo wajakensis, homo soloensis dan homo sapiens
tolong perkembangan bahasa jaman praaksara dunk… tugas nich
kalau jaman praaksara itu belum ada tulisan esty…makanya perkembangan bahasa belum signifikan ada
boleh tanya? seputar folklore? jelaskan yang dimaksud dengan folklore sejelas-jelasnya. 🙂 thanks
ass.wr.wb
mau nanya..
apa pengaruh hasil kebudayaan di peradapan lembah sungai nil terhadap kebudayaa di indonesia.??
#mohon d balas ya
THank 🙂
pengaru yang paling kelihatan adalah kita mengenal adanya kerajaan2 yg ada di daerah aliran sungai ( sriwijaya, Majapahit), selain itu juga mengnalkan tentang sistem ekonomi dengan memanfaatkan sungai sebagai sarana perdagangan
syukron jazakallah ya pak rusdi. 🙂
mau tanya ,eh pengaruh nya kebudayaan sungai nil ke indonesia itu apa saja ??? MAKASIH
Ini sangt m’mbntU saya dlam men flashback materi kelas X,, trimkasih . . .
. kalo tentang penjelsan…..zaman megalitikum,,dolmen,menhir,sarkofagus,punden brundak2…ada?
///
ZAMAN MEGALITIKUM : zaman batu besar, dimana hasil-hasil kebudayaannya terbuat dari batu-batu berukuran besar
DOLMEN : salah satu hasil zaman megalitikum, berfungsi sebagi tempat meletakan sesaji dan di bawah untuk tempat makam
MENHIR : Tugu batu yang berfungsi untuk tempat pemujaan
SARKOFAGUS : kubur batu yang berbentuk persegi
PUNDEN BERUNDAK : tempat pemujaan yang berbentuk unak-undakan, di tempat teratas biasanya diletakkan sesaji
trimakasih
bisa minta soal soalnya nggak??
Mksich bngt … Tgs q dpt trbntu wlaupun tk smuanya.
Bagaimna dgn istilah2 Romawi zg msih d gunakn hngga skarang? N tntng kekaisaran Bizantium(Romawi Timur) zg mngalami kruntuhan?
Keindhan dlm hdup apabila kta sling brbgi.
Ok??
pak tolong di tambah lagi dong tentang kebudayan bacson-hoabinh dan dongsonnya terima kasih
pak tolong jelasin kebudayaan Babilonia baru di bidang sosial 🙂
mohon bantuanya ya
terima kasih banyak pak atas tulisannya, saya sangat terbantu.
PAK!!! TOLONG jelaskan tentang zaman purba dong, kaya zaman paleolitikum,azoikum,mesozoikum,neozoikum .
zaman batu zaman logam sama alat alat nya dong,
I. Palaeolithikum (Zaman Batu Tua)
Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang masih kasar dan belum dihaluskan.
Contoh alat- alat tersebut adalah :
a. Kapak Genggam, banyak ditemukan di daerah Pacitan. Alat ini biasanya disebut “Chopper” (alat penetak/pemotong). Dinamakan kapak genggam, karena alat tersebut serupa dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam. Kapak genggam terkenal juga dengan sebu tan kapak perimbas, atau dalam ilmu prasejarah disebut dengan chopper artinya alat penetak. Pembuatan kapak genggam dilakukan dengan cara memangkas salah satu sisi batu sampai menajam dan sisi lainnya dibiarkan apa adanya sebagai tempat menggenggam.
Gambar 5. Kapak Genggam
b. Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa
Gambar 6. Alat-alat tulang dan tanduk Rusa
Fungsi: – untuk mengorek ubi dan keladi dari dalam tanah
– menangkap ikan
c. Flakes, yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu Chalcedon,yang dapat digunakan untuk mengupas makanan
Fungsi: – untuk menguliti hewan buruan
– mengiris daging buruan
– memotong umbi-umbian./buah – buahan
– menangkap ikan
Gambar 7. Sangiran Flakes
II. Mesolithikum (Zaman Batu Tengah)
Terdapat dua tempat penemuan alat yaitu :
1. Ditemukan di bukit-bukit kerang pinggir pantai yang disebut “kjokken modinger” (sampah dapur) Kjokken =dapur, moding = sampah). Alat-alatnya antara lain
Kapak genggam (pebble) atau kapak Sumatera
Gambar 8. Pebble/Kapak Sumatera.
Kapak Pendek (Hache Courte)
Pipisan (batu-batu penggiling)
2. Ditemukan di gua-gua yang disebut “Abris Sous Roche “. Alat-alatnya antara lain :
Flaces (alat serpih) , yaitu alat-alat kecil yang terbuat dari batu dan
berguna untuk mengupas makanan.
Ujung mata panah,
Batu penggilingan (pipisan),
Kapak,
alat-alat dari tulang dan tanduk rusa,
Alat-alat ini ditemukan di gua lawa Sampung Jawa Timur (Istilahnya : Sampung Bone Culture = kebudayaan Sampung terbuat dari Tulang)
Tiga bagian penting Kebudayaan Mesolithikum,yaitu :
• Peble-Culture (alat kebudayaan Kapak genggam) didapatkan di Kjokken Modinger
• Bone-Culture (alat kebudayaan dari Tulang)
• Flakes Culture (kebudayaan alat serpih) didapatkan di Abris sous Roche
Manusia Pendukung Kebudayaan Mesolithikum adalah bangsa Papua – Melanosoid
III. Neolithikum (Zaman Batu Muda)
Pada zaman ini alat-alat terbuat dari batu yang sudah dihaluskan.
Contoh alat tersebut :
1. Kapak Persegi, misalnya : Beliung, Pacul dan Torah untuk mengerjakan kayu.
Ditemukan di Sumatera, Jawa, bali, Nusatenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan
Gambar 9. Kapak Persegi
( Sumber : Museum Purbakala Sangiran, Jawa Tengah)
Fungsi: – ukuran besar lazim disebut dengan beliung dan fungsinya sebagai
cangkul/pacul.
– ukuran kecil disebut dengan Tarah/Tatah dan fungsinya sebagai alat
pahat/alat untuk mengerjakan kayu sebagaimana lazimnya pahat.
Bahan untuk membuat kapak tersebut selain dari
batu biasa, juga dibuat dari batu api/chalcedon.
Kemungkinan besar kapak yang terbuat dari
Chalcedon hanya dipergunakan sebagai alat
upacara keagamaan, azimat atau tanda
kebesaran.
Gambar 10. Kapak Chalcedon.
2. Kapak Bahu, sama seperti kapak persegi ,hanya di bagian yang diikatkan pada
tangkainya diberi leher. Hanya di temukan di Minahasa
3. Kapak Lonjong, banyak ditemukan di Irian, Seram, Gorong, Tanimbar, Leti, Minahasa
dan Serawak
Gambar 11. Kapak Lonjong.
Fungsi: – sebagai cangkul/pacul.
4. Perhiasan ( gelang dan kalung dari batu indah), ditemukan di Jawa
5. Pakaian (dari kulit kayu)
6. Tembikar (periuk belanga), ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Melolo (Sumba)
IV. Megalithikum (Zaman Batu Besar )
Hasil kebudayaan zaman Megalithikum adalah sebagai berikut :
1. Menhir
Gambar 12. Menhir
Fungsi: -sebagai tempat pemujaan untuk penghormatan terhadap arwah nenek moyang
2. Dolmen atau Stonehenge
Fungsi: – Sebagai tempat sesaji dan pemujaan
kepada roh nenek moyang
Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat, agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.
Gambar 13. Dolmen
3. Sarkofagus atau keranda yang terbuat dari batu. Bentuknya menyerupai lesung dari batu
utuh yang diberi tutup
Gambar 14. Sarkofagus
Daerah tempat ditemukannya sarkofagus adalah Bali. Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib. Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.
Fungsi: – tempat menyimpan mayat yang disertai bekal kuburnya
4. Kubur Batu/Peti Mati yang terbuat dari batu besar yang masing-masing papan batunya lepas satu sama lain
Gambar 15. Kubur Batu
Fungsi: – tempat menyimpan mayat yang disertai bekal kuburnya
5. Punden Berundak
Gambar 16. Punden Berundak dan ilustrasinya.
Fungsi: – sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal.
6. Arca Batu
Arca/patung-patung dari batu yang berbentuk binatang atau manusia. Bentuk binatang yang digambarkan adalah gajah, kerbau, harimau dan moyet. Sedangkan bentuk arca manusia yang ditemukan bersifat dinamis. Maksudnya, wujudnya manusia dengan penampilan yang dinamis seperti arca batu gajah.
Arca batu gajah adalah patung besar dengan gambaran seseorang yang sedang menunggang binatang yang diburu. Arca tersebut ditemukan di daerah Pasemah (Sumatera Selatan). Gambar 17. Arca Batu Gajah dari Pasemah
Daerah-daerah lain sebagai tempat penemuan arca batu antara lain Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
V. Zaman Logam
Zaman ini terbagi menjadi 2 zaman yaitu :
A. Zaman Perunggu
Alat-alatnya antara lain :
1. Kapak Corong (Kapak Perunggu), banyak ditemukan di Sumatera Selatan, Jawa, Balio, Sulawesi dan Kepulauan Selayar dan Irian. Kegunaannya sebagi alat perkakas.
Gambar 18. Kapak Corong
2. Candrasa
Gambar 19. Berbagai bentuk Candrasa
Kalau dilihat dari bentuknya, tentu Candrasa tidak berfungsi sebagai alat pertanian/pertukangan tetapi fungsinya diduga sebagai tAnda kebesaran kepala suku dan alat upacara keagamaan. Hal ini karena bentuknya yang indah dan penuh dengan hiasan
3. Nekara perunggu (Moko), bebrbentuk seperti dandang. Banyak ditemukan di daerah :
Sumatera, Jawa Bali, Sumbawa, Roti, Leti, Selayar dan Kep. Kei.
Gambar 20. Nekara dan Moko Nekara Tipe Heger I
Fungsi: – Untuk acara keagamaan
– Sebagai maskawin.
– Sebagai sarana upacara minta hujan (biasanya diatas nekara diberi hiasan katak, menurut kepercayaan katak dianggap sebagai binatang yang dapat
mendatangkan hujan.)
4. Bejana Perunggu, bentuknya mirip gitar Spanyol tetapi tanpa tangkai. Hanya ditemukan di Madura dan Sumatera. Bejana perunggu di Indonesia ditemukan di tepi Danau Kerinci (Sumatera) dan Madura, bentuknya seperti periuk tetapi langsing dan gepeng. Kedua bejana yang ditemukan mempunyai hiasan yang serupa dan sangat indah berupa gambar-gambar geometri dan pilin-pilin yang mirip huruf J.
Gambar 21. Bejana Perunggu dari Kerinci (Sumatera)
Sampai sekarang fungsi bejana perunggu tidak diketahui secara pasti, kemungkinan di-sebabkan penemuan bejana yang terbatas maka mempersulit penyelidikan tentang fungsi bejana dalam kehidupan masyarakat prasejarah.
5. Arca perunggu
Arca perunggu/patung yang berkembang pada zaman logam memiliki bentuk beranekaragam, ada yang berbentuk manusia, ada juga yang berbentuk binatang.
Pada umumnya arca perunggu bentuknya kecil-kecil dan dilengkapi cincin pada bagian atasnya. Adapun fungsi dari cincin tersebut sebagai alat untuk menggantungkan arca itu sehingga Gambar 22. Arca Perunggu.
tidak mustahil arca perunggu yang
kecil dipergunakan sebagai Liontin/bandul kalung. Daerah penemuan arca perunggu di Indonesia adalah Bangkinang (Riau), Palembang (Sumsel) dan Limbangan (Bogor).
6. Perhiasan : gelang, anting-anting, kalung dan cincin.
Jenis perhiasan dari perunggu yang ditemukan sangat beragam bentuknya yaitu seperti kalung, gelang tangan dan kaki, bandul kalung dan cincin. Di antara bentuk perhiasan tersebut terdapat cincin yang ukurannya kecil sekali, bahkan lebih kecil dari lingkaran jari anak-anak. Untuk itu para ahli menduga fungsinya sebagai alat tukar (mata uang). Daerah penemuan perhiasan perunggu di Indonesia adalah Bogor, Malang dan Bali. Untuk mengetahui bentuk perhiasan perunggu tersebut dapat Anda amati gambar berikut ini.
Gambar 23. Aneka Ragam Perhiasan dari Perunggu.
B. Zaman Besi
Pada masa ini manusia telah dapat melebur besi untuk dituang menjadi alat-alat yang dibutuhkan, pada masa ini di Indonesia tidak banyak ditemukan alat-alat yang terbuat dari besi. Alat-alat yang ditemukan adalah :
Mata kapak, yang dikaitkan pada tangkai dari kayu, berfungsi untuk membelah kayu
Mata Sabit, digunakan untuk menyabit tumbuh-tumbuhan
Mata pisau
Mata pedang
Cangkul, dan lain-lain
Jenis-jenis benda tersebut banyak ditemukan di Gunung Kidul (Yogyakarta), Bogor, Besuki
dan Punung (Jawa Timur)
selamat malam bapak ardi
bapak ada ngga materi semester genap yang manusia purba?
pak tolong jelasin tentang babilonia baru dibidang sosial ?
mohon bantuanya ?
pak tolong jelasin tentang latar belakang masyarak campa dari vietnam utara bermigrasi ke indonesia,,mohon bantuannya..
A. Proses migrasi ras bangsa Palaeo Mongoloide dengan Neo Mongoloide Indonesia.
Sebelum Anda membahas lebih jauh uraian materi migrasi bangsa-bangsa ke Indonesia, alangkah baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu gambar 13 yang merupakan peta yang menunjukkan rute atau arah penyebaran kapak persegi dan kapak lonjong (kebudayaan Neolithikum) ke Indonesia.
Bangsa yang berimigrasi ke Indonesia berasal dari daratan Asia tepatnya Yunan Utara bergerak menuju ke Selatan memasuki daerah Hindia Belakang (Vietnam)/Indochina dan terus ke Kepulauan Indonesia, dan bangsa tersebut adalah:
1. Bangsa Melanesia atau disebut juga dengan Papua Melanosoide yang merupakan rumpun bangsa Melanosoide/Ras Negroid. Bangsa ini merupakan gelombang pertama yang berimigrasi ke Indonesia.
2. Bangsa Melayu yang merupakan rumpun bangsa Austronesia yang termasuk golongan Ras Malayan Mongoloid. Bangsa ini melakukan perpindahan ke Indonesia melalui dua gelombang yaitu:
a. Gelombang pertama tahun 2000 SM, menyebar dari daratan Asia ke Semenanjung Melayu, Indonesia, Philipina dan Formosa serta Kepulauan Pasifik sampai Madagaskar yang disebut dengan Proto Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui dua jalur yaitu Barat dan Timur, dan membawa kebudayaan Neolithikum (Batu Muda) seperti pada gambar 13.
b. Gelombang kedua tahun 500 SM, disebut dengan bangsa Deutro Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia membawa kebudayaan logam (perunggu).
3. Jenis Bangsa Prasejarah Indonesia
Dengan adanya migrasi/perpindahan bangsa dari daratan Asia ke Indonesia, maka pada zaman prasejarah Kepulauan Indonesia sudah dihuni oleh berbagai bangsa yang terdiri dari:
a. Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memiliki ciriciri antara lain: kulit kehitam-hitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisa keturunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau, dan suku-suku bangsa Papua Melanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia.
b. Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid memiliki ciri-ciri antara lain: Kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang. Yang termasuk keturunan bangsa ini adalah Suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Sasak (Pulau Lombok), Suku Dayak (Kalimantan Tengah), Suku Nias (Pantai Barat Sumatera) dan Suku Batak (Sumatera Utara) serta Suku Kubu (Sumatera Selatan).
c. Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu yang merupakan rasa Malayan Mongoloid sama dengan bangsa Melayu Tua, sehingga memiliki ciri-ciri yang sama. Bangsa ini berkembang menjadi Suku Aceh, Minangkabau (Sumatera Barat), Suku Jawa, Suku Bali, Suku Bugis dan Makasar di Sulawesi dan sebagainya.
B. Pengaruh Budaya Bacson, Hoa – Binh, dan Dong Son terhadap Perkembangan
Budaya Masyarakat Awal di Kepulauan Indonesia.
1) Budaya bacson-hoabinh
Budaya Bacson Hoabinh ini di gunakan sejak tahun 1920 an , yaitu untuk menunjukan suatu tempat pembuatan alat alat baru yang khas dengan ciri dipangkas pada salah satuatau dua sisi permukanya. Ciri khas nya adalah penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan batu kali kiranglebih satu kepalan dan sering kali seluruh tepianya menjadi bagian yang tajam . Hasil penyerpihannya menunjukan macam macam bentuk yaitu lonjong segiempat, segitiga , beberapa diantaranya mempunyai bentuk berpinggang
Penemuan alat dari batu paling banyak di temukan dalam penggalian di pegunungan batu kapur di daerah vietnam utara , yaitu bachson di pegununga hoabinh
Budaya Bacson Hoabinh ini di gunakan sejak tahun 1920 an , yaitu untuk menunjukan suatu tempat pembuatan alat alat baru yang khas dengan ciri dipangkas pada salah satuatau dua sisi permukanya. Ciri khas nya adalah penyerpihan pada satu atau dua sisi permukaan batu kali kiranglebih satu kepalan dan sering kali seluruh tepianya menjadi bagian yang tajam . Hasil penyerpihannya menunjukan macam macam bentuk yaitu lonjong segiempat, segitiga , beberapa diantaranya mempunyai bentuk berpinggang . Penemuan alat dari batu paling banyak di temukan dalam penggalian di pegunungan batu kapur di daerah vietnam utara , yaitu bachson di pegunungan hoabinh
Budaya Bacson Hoabinh di Indonesia
2) BUDAYA DONG SON
Pembuatan perunggu di Vietnam Utara dimulai sekitar 2500 smdan dihubungkan dengan budaya Dong Dau dan Go Mun . Penemuan kebuadayaan Dong Son sangat penting karena benda benda logam yang di temukan di daerah Indonesia umunya bercorak Dong Son , bukan bercorak India maupun china . ( Dong Son wilayah Vietnam utara ) , tidak kurang dari 56 nekara berhasil di temukan di daerah pulau Sumatra , Jawa Maluku Selatan . Nekara makalaman dari pulau sageang ( Indonesia) nekara ini berhiaskan orang yang berpakain dinasti Cina , Kushan ( India Utara ) , Satvahana ( India tengah ) nekara itu diperkirakan berasal dari daerah Funan yang sudah terpengaruh budaya India. Cara pembuatan barang barang Dong Son yaitu dengan membuat benda benda dari lilin , kemudian lilin itu di balut dengan tanah liat , dibakar kemudian lilin dituang keluar dan dalam tanah liat diberi cairan logam
Artefak hasil kebudayaan dong son yang di temukan di luar negeri ( Vietnam )
3) BUDAYA SA HUYNH
Budaya Sa Hyunh yang berasal dari Vietnam bagian selatan didukung oleh suatu kelompok penduduk yang berbahasa Austronesia yang kemungkinan berasal dari daerah kepulauan Indonesia .
Dari sudut pandang Indonesia , keberadaan orang-orang Cham dekat dengan pusat pusat penemuan benda benda logam di Vietnam utara pada akhir massa prasejarah mempunyai arti yang sangat penting karena mereka adalh kelompok masyarakat yang menggunakan bahasa Austronesia dan mempunyai kedekatan kebangsaan dengan masyarakat yang tinggal di kepulauan Indonesia .
Dengan demikian benda benda perunggu yang tersebar sampai ke wilayah Indonesia melalui jalur jalur antara lain :
Melalui jalur darat yaitu Muangthai dan Malaysia terus ke kepulauan Indonesia
Melalui jalur laut yaitu dengan menyebrangi lautan dan terus tersebar di daerah kepulauan Indonesia .
kebudayaan Sa Huyn ini memiliki banyak persamaan dengan tempayan kubur di temukan di wilayah laut Sulawesi . Hal ini di perkuat dengan adanya kemiripan bentuk anting anting batu bertonjolan ( ’’ LINGLING-O’’) kebudayaan Sa Huynh yang sering di temukan antara lain adalah sekop , tembilang , kapak , sabit , pisau bertangkai , kumparan tenun, cincin dan gelang berbentuk spiral .
pak tlong kasih tau materi dan penjelasan tentang hubungan antara purbakala di vietnam dan india dengan perkembangan purbakala di indonesia?
mksh pak sblumnya,,
Hubungan antara purbakala vietnam dan Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan kebudayaan Bacson-hoabinh dan Dong Son. Kebudayaan Bacson-Hoabinh adalah kebudayaan yang berkembang pada zaman mesolitikum dengan cirinya alat-alat terbuat dari Batu. Alat-lat yang ditemukan memiliki kesamaan dengan alat-alat yang ditemukan di Indonesia. selain bacson-hoabinh, juga ada kebudayaan Dong Son yang merupakan kebudayaan PERUNGGU. kebudayaan ini sangat mempengaruhi perkembangan kebudayaan perunggu di Indonesia, salah satunya ditemukannya NEKARA yang memiliki corak yang sama dengan yang ada di Vietnam.
Sedangkan India sangat mempengaruhi perkembangan purbakala Indonesia bisa dilihat dari adanya peninggalan Candi, perkembangan agama Hindu-Budha, sistem kerajaan, sistem kasta pada masa kerajaan dan lain sebagainya yang juga berkembang di Indonesia
pak tolong jelaskan tentang tradisi tradisi yang terdapat pada peradaban lembah sungai kuning.
terimakasih sebelumnya
pak tolong jelaskan tentang tradisi tradisi yang terdapat pada peradaban lembah sungai kuning.
terimakasih
maaf sebelumnya.. pak bisa minta tolong jelaskan mengenai masa keruntuhan yunani ? mohon bantuannya
bpk tolong diblas masalah nya penting??
mksh pak,,
Selamat malam Pak,boleh tanya mengapa bangsa Assyyiria pada perdaban mesopotamia digelari bangsa Asia dan Roma???
karena pada peradaban ini terdapat unsur-unsur budaya/peradaban dari Eropa (terutama Yunani-Romawi)
asa pak
bleh tnya apa saja peninggalan kebudayaan dari tokoh cina kong fu tse ???
tlng jelasin ya pak ,,, trimakasih ???
dia meninggalkan ajaran filsafat tentang kepemimpinan, karena negara seperti sebuah keluarga
tolong pak , sebutkan penulisan sejarah berdasarkan ruang dan waktu
pak, blh tanya hubungan antara peradaban mesopotamia dengan indonesia? trimakasih 🙂
secara langsung tidak ada namun pengaruh mesopotamia di Indonesia ada juga, misalnya tentang seni bangun, yang saya tahu itu adalah adanya bangunan candi sukuh yang ada di Jawa Tengah, itu mirip2 dengan yang ada di mesopotamia yaitu bangunan Ziggurat, namun mana yang lebih dulu mempengaryhi, saya belum tahu…itu saja ya jawabannya..terima kasih atas kunjungannya…
. Mau nanya 4 contoh jejak-jejak peninggalan zaman prasejarah ??
1. fosil-fosil
2. mantra-mantra
3. lukisan di dinding2 gua
4. folklore
Pak maaf saya mau tanya, langkah pertama yang dilakukan oleh pihak keluarga didalam mewariskan masa lalunya adalah…
a. mempelajari hal-hal yang trjdi pd kluarga
b. mendrong msa lalu agar d kmbngkn
c. mngajarkn sopan santun
d. memberikan pndidikn sckup.a
e. mnuntut agarbertndak agresif.
jawabnya C
pak saya mau nanya masalah sosial,ekonomi,kebudayaan,bangunan,serta keadaan masyarakat bangsa mesir,asyiria dan persia itu bagaimana pak.tolong dijawab pak soalnya saya butuh jawabannya secepat mungkin …trimakasih pak sebelumnya
bagaimana cara nenek moyang bangsa indonesia membagi-bagikan rejeki?
maaf pak saya baru bergabung saya mau nanya .mengapa unsur geografi sering memengaruhi penyusunan periode-periode sejarah?
makasih sebelumnya
karena antara geografi dan sejarah sangat terkait
tolong pak ane saya carikan pengertian dari :
1. aksara piktograf
2. aksara ideografik
3. aksara silabik
4. aksara fenotik
tolong kasih ciri huruf dan gambarnya/contihnya ya….
mohon bantuannya om…
cz materi ini ane kagak begitu paham…
🙂
pak mau tanya,, kalo jejak sejarah dalam pertanian tu gimana ya penjelasannyaa….??
pertanian pada awalnya dengan sistem berladang. Sistem pembukaan ladang pada masa prasejarah menggunakan sisetm slash and burn (tebang dan bakar). Kemudian berkembang ke sistem tegalan, sawah hingga saat ini
permisi pak, saya mau tanya tentang ciri-ciri dan contoh karya pada penulisan sejarah hindu-budha dan islam 🙂 terimakasih
hindu-budha :
1. istana sentris
2. mengungkap peranan istana
islam :
– mnegungkap peranan para penyebar islam ( wali, ulama, dll)
terima kasih 🙂
ass pak,
kalau q punya tgs tentang pewarisan masa lalu melalui masyarakat pak,,,bntuin aq pak,.
oke
pak saya mau bertanya apa peranan cerita rakyat dalam menemukan jejak sejarah masa lampau ? pak bantuin aku
peranannya sebagai sumber moral dalam menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah. cerita rakyat berupa dongeng, mitos, legenda
tahun bercocok tanam padi / bersawah mulai di gunakan pada tahun brp pak????….
masa bercocok tanam dimulai pada zaman perundagian, secara tahunnya saya kurang tahu
pak saya mau nanya nih tinggal plih aja yah jawabannya yg mana?
1. zaman gupta merupakan zaman sejarah india dan puncak kejayaannya dicapai pada masa pemerintahan”?
a. samudragupta
b. candragupta maurya
c. candragupta II
d. bindusara
e. ashoka
2. tujuan dibentuknya sistem kasta adalah untuk menjaga kemurnian bangsa?
a. arya
b. dravida
c. kaldea
d. sikh
e. kurdi
3. agama buddha berkembang sangat pesat pada tahun 273-232 SM, sebab ajaran buddha?
a. tidak mengenal kasta
b. diajarkan pertama kali oleh sang buddha
c. berusaha melepaskan penderitaan manusia
d. dijadikan dasar pemerintahan dan agama negara
e. bersifat demokratis.
1. c
2. a
3. c
aslm .. pak ,,tolong carikan contoh2 dari folklore lisa yg di bgi loleh jan harold brunvand. ex. bahsa rakyat conthnya min 3, max 5 .. trims…
Contoh-contoh folklor lisan di Indonesi
1. Bahasa rakyat.
Bentuk-bentuk folklor Indonesia yang termasuk dalam kelompok bahasa rakyat adalah logat bahasa, slang (kosa kata para penjahat), can’t (bahasa rahasia yang digunakan oleh gay), shop talk (bahasa para pedagang), colloquial (bahasa sehari-hari yang menyimpang dari bahasa konvensional), sirkumkolusi (ungkapan tidak langsung), nama julukan, gelar kebangsawanan, jabatan tradisional, bahasa bertingkat, onomatopoetis (kata yang dibantuk dari mencontoh bunyi dan suara alamiah), onomastis (nama tradisional atau tempat-tempat tertentu yang mempunyai sejarah terbentuknya)
2. Ungkapan tradisional.
Ungkapan tradisional mempunyai tiga sifat hakiki, saat hendak meneliti hal ini (a) peribahasa harus berupa satu kalimat ungkapan saja. (b) peribahasa dalam bentuk yang sederhana. (c) peribahasa harus memiliki daya hidup yang dapat membedakan dari bentuk-bentuk klise tulisan yang berbentuk, iklan, syair, dan lain-lainnya. Peribahasa di bagi menjadi empat golongan besar, yakni: (a) peribahasa yang sesungguhnya, (b) peribahasa yang tidak lengkap maknanya, (c) peribahsa perumpamaan, (d) ungkapan yang mirip bahasa.
3. Pertanyaan tradisional.
Dikenal dengan nama teka-teki. Menurut Robert A. Georges dan Alan Dundes teka-teki adalah “Ungkapan lisan tradisional yang mengandung satu atau lebih unsure pelukisan, sepasang daropadanya dapat saling bertentangan dan jawabnya harus diterka. Menurut kedua sarjana ini teka-taki dapat digolongkan dalam dua kategori umum, yakni: (1) teka-teki yang tidak bertentangan, dan (2) teka-teki yang bertentangan. Pada teka-teki tidak bertentangan, sifatnya harfiah, jawab, dan pertanyaannya identik.
4. Sajak dan puisi rakyat.
Sajak atau puisi rakyat adalah kesusasteraan rakyat yang sudah tertentu bentuknya, biasanya terjadi dari beberapa deret kalimat, ada yang berdasarkan mantra, berdasarkan panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.
5. Cerita prosa rakyat.
Menurut William R Bascom, cerita prosa rakyat dibagi dalam tiga golongan besar, yaitu:
a. Mite
Menurut Bascom mite adalah cerita prosa rakyat yang dianggap bena-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang empunya cerita. Mite ditokohkan oleh para dewa dan mahluk setengah dewa. Peristiwa di dunia lain, di dunia yang tidak kita kenal sekarang, dan masa lampau. Menurut asalnya mite di Indonesia terbagi dua ,yakni: yang asli Indonesia dan yang berasal dari luar negeri seperti India, Arab, dan Negara sekitar Lant Tengah. Mite di Indonesia biasanya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, terjadinya susunan para dewa, terjadinya manusia pertama dan tokoh kebudayaan, dan terjadinya makanan pokok untuk pertama kalinya.
b. Legenda
Legenda adalah prosa rakyat yang mempunyai cirri-ciri mirip seperti mite, dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Tokoh dalam legenda adalah manusia walaupun ada kalanya memiliki sifat-sifat yang luar biasa. Tempat terjadinya legenda ini berada di dunia. Legenda bersifat migratoris, artinya berpindah-pindah dan dikenal luas di daerah-daerah yang berbeda. Jan Harold Brunvand membagi legenda menjadi empat kelompok, yaitu:
a) legenda keagamaan
Yang termasuk dalam golongan ini adalah orang-orang suci.
b) legenda alam gaib
Legenda ini biasanya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi pada seseorang. Fungsi legenda ini adalah untuk memperkuat mengenai kepercayaan rakyat.
c) legenda perseorangan
Cerita mengenai tokoh-tokoh tertentu yang dianggap empunya cerita benar-benar terjadi.
d) legenda setempat.
Yang termasuk dalam legenda ini adalah legenda yang berhubungan dengan tempat, nama tempat, dan bentuk tipografi suatu daerah.
6. Dongeng
Dongeng merupakan kesusasteraan kolektif secara lisan. Dongeng merupakan cerita prosa yang dianggap benar-benar terjadi, dongeng bertujuan untuk menghibur, memberi pelaajaran moral, melukiskan kebenaran bahkan digunakan sebagai sindiran. Stith Thompson menggolongkan dongeng menjadi empat bagian, yaitu:
a) Dongeng binatang
Dongeng ini ditokohi oleh binatang, binatang dalam cerita inidapat berbicara dan berakal budi seperti manusia.
b) Dongeng biasa
Dongeng ini ditokohi oleh manusia dan biasanya berkisah tentang suka duka seseorang.
c) Lelucon dan anekdot
Dongeng yang dapat menggelitik sehingga dapat menimbulkan tertawa bagi yang membaca maupun yang mendengar. Perbedaan ankdot dengan lelucon adalah bahwa anekdot menyangkut kisah fiktif lucu seseorang, sedangkan lelucon menyangkut kisah fiktif lucu mengenai suatu kelompok. Lelucon dan anekdot terbagi menjadi tujuh kategori, yaitu: a). lelucon dan anekdot agama, b) lelucon dan anekdot seks, c) lelucon dan anekdot suku-suku tau bangsa-bangsa, d) lelucon dan anekdot politik, e) lelucon dan anekdot angkatan bersenjata, f) lelucon dan anekdot seorang professor, g) lelucon dan anekdot anggota kelompok lainnya.
d) Dongeng berumus
Merupakan dongeng-dongeng yang oleh Stith Thompson dan Antti Aarne disebut formula tales dan strukturnya terdiri dari pengulangan. a) Dongeng-dongeng berumus terdiri dari dua subbentuk, yakni: Dongeng tertimbun banyak disebut dongeng berantai karena dibentuk dengan cara menambah keterangan lebih terperinci pada setiap pengulangan inti cerita. b) Dongeng untuk mempermainkan orang adalah cerita fiktif yang diceritakan khusus untuk memperdayai orang karena akan menyebabkan pendengarnya mengeluarkan pendapat yang bodoh. c) Dongeng yang tidak ada akhirnya adalah dongeng yang jika diteruskan tidak akan sampai pada batas akhir.
7. Nyayian rakyat
Menurut Jan Harold Brundvand, nyanyian rakyat adalah salah satu genre atau bentuk folklore yang terdiri dari kata-kata dan lagu, yang beredar secara lisan di antara anggota kolektif lainnya tertentu, berbentuk tradisional, serta banyak banyak mempunyai varian.
pak saya mau bertanya ciri ciri sosial budaya ekonomi dan kepercayaan masyarakat pada masa beburu, pertanian dan perundagian?
ass pak,,
Tolong tuliskan saya tentang bagaimana kepercayaan masyarakat sebelum kedatangan agama Hindu????
tlong dijawab yahh pak,,, 🙂
kepercayaan masyarakat sebelum kedatangan agama Hindu adalah masih menganut kepercayaan asli ( agama nenek moyang , shingga berkembang kepercyaan animisme, dinamisme, totemisme…
aslm pak,,
tolong sebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan manusia purba di indonesia pada zaman batu madya(tengah)
tolong di jawab ya pak
sekali lagi terima kasih atas bantuan nya 🙂 🙂 🙂
aslm pak
tolong sebutin istilah-istilah yang ada di sejarah kelas X
tolong bantu saya, sebutkan dan jelaskan peninggalan peradaban sungai kuning yang ada di Indonesia, terimakasih
bapak.. tolong bantu saya untuk mengerjakan tugas sekolah pelajaran sejarah
1, mengapa pada masa dinasti chou muncul ajaran filsafat? apa tujuannya?
2, mengapa pusat perdaban cina banyak di temukan di lembah sungai hoang dan yang tsekiang?
3, sebut kan sebab-sebab runtuhnya dinasti manchu!
4, kemukakan faktor-faktor yang menyebabkan lenyapnya peradaban lembah sungai indus!
5. jelas kan apa yang di maksud dengan town planning pada peradaban mohenjo Daro-harappa!
saya minta bantuannya tolong……!!!
1. karena pada masa dinasti Chou, sangat terbuka dengan ajaran2 filsafat dan kaisar saat itu sangat suka dengan dunia filsafat
2. Karena lembah sungai Hoang Ho sangat subur dan mengandung zat yang menyuburkan, sehingga pusat peradabannya juga banyak ditemukan di sekitar tempat itu
3. adanya ketidakpuasan dari rakyat terhadap manchi yang dianggap sebagai antek2 bangsa barat, terutama Inggris
4. – adanya serangan bangsa luar
– bencana banjir
4. town planning adalah saat pembangunan kota itu melalui perencaan tata kota yang cermat, misalnya rimah2 telah diberi sanitasi, jalan2 dibuat teratur, bahkan sudah ada bangunan tempat pemandian (kolam renang)
pak mengapa pada masa dinasti chou muncul ajaran filsafat? apa tujuannya? kedua: jelaskan yang dimaksud denga town planning pada pradaban mohenjo darwo-haroppa? yg ketiga: apa manfaat ilmu perbintangan bagi masyarakat msir?
Pak, tolong kirimkan tentang Kehidupan sehari-hari Yunani Kuno, Terima kasih ya Pak 😉
pak mau tanya kalo hubungan antara kebudayaan Sa Huyn dengan kebudayaan indonesia?
itu kebudayaan logam, banyak penemuan di indonesia yang memiliki kesamaan yg ada di Sa Hyuin
permisi pak…saya mau tanya ?
1.tulisan mesir kuno di sebut apa ?
2.sumber sejarah untuk mengungkapkan zaman tanpa tulisan ??
1. Tulisan Hieroglyph
2. Folklore ( misal mitos, dongeng, legenda)
pak saya mau tanya dong
apa yang dapat kamu pelajari dari peninggalan deutro dan proto mela
maaf pak..
saya mau nanya mesir kan mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000 SM tetapi indonesia baru mengakhirinya sekitr abad ke 4 sampai abad ke 5. Mengapa demikian pak ?
ma’af pak , saya ingin bertanya , tolong tulis kan tentang sejarah pembabakan mulai dari jaman kemerdekaan hingga jaman sekarang , mohon di balas ya pa melalui facebook
di tunggu ,, soal nya besok saya harus ada
terimakasih sebelum nya
apa penyebab kesulitan dalam mengungkapkan kehidupan masyarakat prasejarah pak ?? mohon bantuan nya
karena belum ada sumber tertulisnya
Pak, saya punya soal yang isinya “Bagaimana pandangan rakyat china terhadap ajaran Kong Hu Tze?”, mohon bantuan ya pak, Terima kasih
kalau boleh bertanya fungsi bangunan megalithikum itu apa ?
fungsinya sebagai tempat persembahan kepada nenek moyang, karena kepercayaan pada masa itu masih animisme
kalau boleh tau kisah menarik dalam kehidupan dibalik istana bizantium yang dapat menginspirasi tulisan anekdot apaan ???
bertanya bapak.
suku yang masih mewarisi kebudayaan neolithikum dengan cara membuat pakaiannya dari kulit kayu itu suku apa ?
suku yang ada di Kambi, suku anak dalam