Tak Lulus, Ada UN Ulangan

JAKARTA (Pos Kota) – Siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) pada 2010 dijamin bisa mengulang kembali. Bahkan bagi siswa yang mau mendapatkan ijazah formal dan gagal pada UN 2009, bisa mengikuti UN di 2010 dan tidak perlu lagi mengikuti ujian kesetaraan.

Menteri Pendidikan Nasional (mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan pemerintah menjanjikan pelaksanaan UN yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya. “Yang paling signifikan ada UN ulangan bagi peserta didik yang belum memenuhi syarat lulus,” kata M. Nuh.

Fasilitas UN ulangan ini bukan hanya bagi peserta didik tahun ajaran 2009-2010 yang merupakan calon peserta UN tahun depan. Solusi untuk mendapatkan ijazah formal ini juga terbuka bagi peserta pendidikan formal 2008-2009 yang gagal dalam UN lalu.

“Kalau sebelumnya mereka harus menempuh ujian kesetaraan, maka untuk 2010 bisa ikuti UN bagi yang belum lulus,” jelas Nuh.

UN SUSULAN

Fasilitas lain yang Depdiknas siapkan untuk UN yang lebih baik dan kredibel adalah UN susulan. “Ini bagi peserta didik yang berhalangan saat UN digelar,” sambung menteri.

Di dalam amar putusan kasasi MA tidak ada pernyataan yang melarang pelaksanaan UN.”Pemerintah tidak dalam kapasitas menolak putusan MA. Tapi karena tidak ada satu kata pun baik dalam putusan PN, PT dan MA yang menyatakan UN dilarang,” jelas Mendiknas lagi.

Sementara itu sebelum ada keputusan hukum yang sah, Dinas Pendidikan DKI tetap mempersiapkan diri melaksanakan UN. “Karena hingga saat ini MA belum mengirimkan amar putusan kepada Kementerian Pendidikan Nasional,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI, Taufik Yudi Mulyanto, pada jumpa pers di SMKN 27 Pasarbaru, Jakarta.

Namun pihaknya mendukung apapun keputusan pemerintah tentang UN. “Seandainya UN untuk 2009/2010 tetap dilaksanakan, kami masih punya waktu untuk mempersiapkannya,” ujar Taufik.
Namun seandainya dihapus, maka pihaknya sudah menyiapkan jurus baru yakni memberlakukan ujian standar propinsi (USP).

sumber : www.poskota.co.id/nasional/2009/12/03/tak-lulus-ada-un-ulangan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 7 Desember 2009, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: