Ditemukan makhluk yang lebih tua dari Dinosaurus

Ilmuwan menemukan makhluk mirip dinosaurus 10 juta lebih tua dari Dinosaurus yang dikenal sebelumnya. Herbivora terbaru itu bernama ASILISAURUS KONGWE. Diperkirakan hewan ini hidup di tengah periode Triassic yakni sekitar 245 juta tahun lalu.

Ilmuwan mengatakan usia yang diketahui memberi petunjuk bahwa Dinosaurus itu ada di bumi pada masa yang lebih awal daripada yang pernah dipikirkan. Studi tersebut ditemukan oleh Dr. Sterling Nesbitt dari University of Texas  Amerika Serikat. Ilmuwan mengatakan,”bukti baru ini memberikan hasil, kemungkinan bahwa Dinosaurus merupakan salah satu dari beberapa grup hewan yang berdiversifikasi pada periode Triassic termasuk SILESAURUS, PTEROSAURUS dan beberapa grup keluarga buaya.

Silesaurus adalah Dinosaurus layaknya monyet dan dekat dengan manusia. Karena makhluk hidup memiliki satu pohon keluarga maka caban lainnya harus ada dalam waktu yang sama, jadi hasil penelitian tersebut adalah jenis Dinosaurus lainnya yang belum pernah ditemukan.

Catatan fosil mengindikasikan bahwa grup makhluk primitif tersebut punah mendekati 45 juta tahun setelah kemunculan mereka. sementara Dinosaurus di lain pihak, lebih sukses berada di Bumi dengan usia sekitar 165 juta tahun.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 15 April 2010, in Info Terbaru and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: