World Heritage Education Training

Hari Sabtu, 8 Mei 2010, aku dikirim sekolah untuk mengikuti Workshop on World Heritage Education for National Identity and Character Building,yang diadakan oleh kementerian Pendidikan nasional, Komisi Indonesia untuk UNESCO dan PT. Taman Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko di Pendhapi gedhe Kompleks Balai Kota Surakarta. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya   untuk membangkitkan keasadaran kita akan pentingnya peninggalan peradaban agar tidak rusak atau hilang dimakan usia. Penekanan dari Workshop ini adalah membangkitkan kesadaran akan pembentukan jati diri dan karakter bangsa Indonesia. Karena, pada saat ini, nilai-nilai dan karakter bangsa kita sudah mulai luntur, kalau tak mau dikatakan hilang, akibat perkembangan jaman.

Aku mendapat pencerahan tentang bagaimana memberikan pendidikan bagi siswa terutama dalam hal membentuk karakter dan identitas mereka sebagai bangsa Indonesia. Yang menyampaikan materi adalah Ellen Nasution dan Delfi Setiawati, keduanya anggota dari Lembaga Indonesia Initiative Teacher. Satu hal yang aku catat dari kegiatan ini adalah kita semua punya peran yang sama untuk mempertahankan nilai-nilai dan jati diri sebagai bangsa Indonesia apalagi kita sebagai guru sangat tepat untuk menanamkan kepada siswa-siswa. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat, terutama bagi aku, untuk kemudian menyebarkan kepada siswa-siswaku.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 10 Mei 2010, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Assalamu ‘alaikum mas.

    Salam kenal yah, saya abis mampir ke Blog mas, dan blog mas sangat bagus dan bermanfaat.

    Dan betapa senangnya saya, apabila mas mau mampir juga ke blog saya, sekalian saling menjalin silaturahmi sesama Blogger.

    Alamat Blog saya: http://bendeddy.wordpress.com

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

  2. Assalamu’alaikum Pak rusdi…,wah blognya bgus Pak….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: