STUDI PRA SEJARAH DI SANGIRAN ( Catatan perjalanan )

Tanggal 12 mei 2010 kemarin, aku bersama siswa-siswaku dari Program Boarding School dan RMBI MAN 1 Surakarta mengadakan kegiatan Studi Sejarah di Situs Purbakala Sangiran. Kegiatan ini memang sudah rutin diadakan sebagai sarana untuk memperdalam materi sejarah, khususnya materi Kehidupan Masa Pra Sejarah kelas X. Karena kebetulan sekolahku dekat dengan Situs Purbakala Sangiran, kalau perjalanan sich kira-kira cuma 25-30 menit. Kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswaku lebih mendalami lagi materi yang sudah mereka terima di kelas, apalagi pembelajaran sekarang tidak melulu harus di kelas namun akan lebih efektif kalau juga diajak langsung ke obyek yang berhubungan dengan materi.

Dalam kegiatan ini aku bekerjasama dengan guru Geografi, Bu HIKMAWATI namanya, karena ada obyek di Sangiran yang masuk ke disiplin ilmu geografi yaitu tentang lapisan-lapisan tanah yang menjadi tempat penemuan fosil-fosil. Dari Bu HIKMAWATI juga aku baru tahu kalau dulunya Sangiran merupakan laut yang banyak dihuni oleh manusia purba di pinggiran pantainya. Kenapa sekarang jadi daratan ? adakah buktinya kalau dulu laut ? pertanyaan itulah yang muncul di benakku saat Bu HIKMAWATI menyampaikan informasi itu. Kemudian aku  tahu Sangiran menjadi daratan seperti sekarang setelah melalui PROSES REGRESI yaitu Pengangkatan lautan menjadi daratan. Proses ini tidak terjadi dalam waktu yang singkat namun beratus-ratus bahkan beribu-ribu tahun lamanya. Tentang bukti bahwa Sangiran dulunya laut, aku bisa temukan banyaknya sampah kerang-kerang yang biasanya ditemukan di daerah pantai di sekitar pemukiman penduduk Sangiran. Jadi, klop sudah informasi itu setelah aku melihat sendiri buktinya.

Saksikan Video Singkat tentang Sangiran ini

Kemudian aku bersama rombongan menuju tempat penemuan fosil-fosil, baik hewan maupun tumbuhan. Di sini aku dan siswa-siswaku semakin jelas lagi bahwa susunan tanah di Sangiran itu sangat unik, karena antara susunan tanah satu dengan lainnya berlainan bahkan bermacam-macam. Di susunan tanah itulah sering ditemukan fosil – fosil. Bersama-sama siswaku aku melihat dari dekat susunan tanah itu. Satu kata yang muncul dari siswa-siswaku : LUARR BIASA PAK SANGIRAN ITU ! mereka mengatakan bahwa baru kali ini melihat langsung tempat penemuan fosil karena selama ini cuma lihat di buku pelajaran saja. Ya, itulah memang tujuanku membawa mereka ke Sangiran biar ada pengalaman langsung dan tentu saja yang lebih penting, mereka lebih peduli kepada peninggalan-peninggalan sejarah dan ikut menjaganya. Karena sekarang ini, anak-anak muda sudah banyak yang melupakan peninggalan-peninggalan sejarah di sekitar tempat mereka. Semoga siswa-siswaku menjadi pionir ( pelopor) untuk hal ini. SEMOGA.

berikut foto-foto kegiatan itu :

Papan  Nama  Situs Manusia Purba  Sangiran

Pose dulu di Pintu depan Situs Purbakala Sangiran

( aku yang paling ganteng sendiri khan…)

….Ayo perhatikan penjelasan saya ya….

Fosil Kepala Kerbau Purba ( ukurannya kira-kira 4x ukuran kerbau sekarang…bayangin dech sebesar apa itu !!)

… Pak, apa betul Sangiran dulunya adalah laut ????

( Antusiasme siswa-siswaku dalam bertanya )

…..Jadi, dulunya Sangiran itu adalah laut kemudian setelah melalui proses REGRESI,  jadilah daratan seperti sekarang…

( Bu Hikmawati dengan materi Geografinya )

Kalau Gadingnya saja sebesar ini, berapa besar ya gajahnya…..

Di sini pernah ditemukan fosil hewan purba

Pose di dekat tempat penemuan fosil

Bareng anak-anak  Program Boarding putra

Ekspresikan aksimu…….

( siswa program Boarding Putra-Putri)

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 17 Mei 2010, in Info Terbaru, Tulisanku. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Menarik sekali jalan-jalannya, Pak Rusdi. Beda sekali dengan jalan-jalan di dunia maya (blogwalking neeh ceritanya)…
    Salam hangat pak, sudah lama saya tidak berkunjung kesini. Banyak ketinggalan artikel rupanya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: