KEGIATAN LESSON STUDY DI MAN 1 SURAKARTA

Kegiatan Lesson Study dalam rangka DDTK di Kota Surakarta  bagi guru-guru MAN berlangsung pada hari Senin sampai Kamis  tanggal 27 – 29 Desember 2010, dengan guru model Bapak Wardimin. Mata pelajaran yang dipilih Ekonomi dengan topik koefisien elastisitas di kelas XII dengan subyeknya kelas XII IPS 3 dan XII IPS MAN I SURAKARTA. Kegiatan Lesson Study meliputi tiga tahap yaitu: Plan (perencanaan) Do (implementasi) See (refleksi).

1. KEGIATAN I

Pada tahap perencanaan dilakukan pada hari Senin tanggal 27 Desember 2010 pertemuan antara guru-guru MAN dengan widyaiswara. Pada pertemuan pertama dilakukan diskusi tentang metode pembelajaran, materi dan kelas yang akan menjadi tempat kegiatan. Kemudian terpilih materi koefisien elastisitas, karena berdasarkan pengalaman sebelumnya proses pembelajaran dengan metode diskusi dan ceramah biasa ternyata siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan konsep-konsep koefisen elastisitas. Siswa belum aktif mengikuti proses pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat di guru. Berdasarkan kesepakatan bersama metode yang dipilih diskusi dengan model kolaborasi Direct Instruction dan Cooperative Learning dengan program Fles dan power point. Kemudian dtuangkan dalam lesson plan dan worksheet. Pada pertemuan tersebut juga menyiapkan format isian untuk panduan observer yaitu: 1). Lembar pengamatan proses PBM guru model, 2). Lembar soal yang dikerjakan siswa, 3). Lembar penilaian dan 4) denah tempat duduk siswa.

Kegiatan Implementasi atau pelaksanaan dan sekaligus refleksinya dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2010 mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00. Pembelajaran dilakukan oleh guru Wardimin dengan mengambil topik koeifisien elastisitas. Jumlah siswa dalam kelas XII IPS 3 ada 31 orang dan proses pembelajaran dilakukan secara klasikal dilanjutkan berkelompok. Jumlah seluruh kelompok ada 6 kelompok.

Pada awal pembelajaran, guru model .membuka dengan salam dan dilanjutkan pertanyaan seputar pengamalan siswa selama di rumah terkait dengan materi yang telah disampaikan yaitu harga. Kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu pengayaan materi elastisitas. Selain itu guru model juga menyampaikan pokok-pokok materi dengan menayangkan power point yaitu pengertian elastisitas, macam-macam elastisitas, menghitung koefisien elastisitas dan macam-macam sifat koefisien elastisitas. Dari pokok-pokok materi tersebut guru memotivasi siswa dengan menyampaikan nasehat dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan inti guru model memberikan informasi tentang materi pengertian elastisitas, macam-macam elastisitas, menghitung koefisien elastisitas dan macam-macam sifat koefisien elastisitas dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Guru menyangkan materi dalam bentuk power point dan siswa memperhatikan. Melalui pertanyaan produktif guru menuntun siswa untuk berpikir bagaimana cara menghitung koefisien elastisitas. Dari contoh tersebut guru menggiring siswa menemukan hasil koefisien elastisitas. Kemudian guru menjabarkan cara menyelesaikan soal untuk mencari koefisien di whiteboard. Kemudian memberikan kesempatan siswa untuk bertanya yang dilanjutkan dengan menegaskan cara menghitung koefisien elastisitas dengan rumus yang disajikan.

Selanjutnya siswa secara berkelompok berdiskusi menyelesaikan soal yang diberikan guru. Soal yang diberikan masing-masing kelompok berbeda sehingga banyak variasi soal dalam penyelesaiannya selama 20 menit (soal terlampir).  Selanjutnya diskusi kelas dengan perwakilan setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menaggapinya, dan guru menyamakan dan menambahkan konsep–konsep elastisitas yang belum dipahami siswa. Pada kegiatan inti ini siswa dalam kelompok sangat antusias ingin diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya. Saat presentasi kelompok 3 terjadi kesalahan dalam menyelesaikan soal sehingga ada kelompok lain ingin yang ingin memperbaiki, namun karena kejelian dari kelompok 3 sehingga ada anggota dari kelompok 3 yang segera memperbaiki jawaban

Pada akhir pembelajaran guru menyimpulkan hasil diskusi secara keseluruhan. Dalam proses pembelajaran ini diberikan evaluasi tertulis secara individu (soal terlampir).

Kegiatan Lesson Study pada tahap implementasi ini dihadiri 20 orang observer yang terdiri dari guru MAN I dan MAN II Surakarta yang terdiri dari rumpun IPS.  Posisi para observer di dalam kelas tersebar di belakang dan pinggir kelas, dan melakukan pengamatan di kelas didasarkan pada lembar observasi kegiatan Lesson Study.

Observasi terutama ditujukan pada interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa dalam kelompok, interaksi siswa antar kelompok dalam diskusi kelas, interaksi guru dengan siswa selama proses pembelajaran, prosentase siswa aktif dalam belajar dan kapan siswa mulai belajar dan mulai terlihat bosan. Para observer tidak diperkenankan untuk melakukan intervensi pada kegiatan yang dilakukan siswa, sehingga siswa tidak merasa terganggu dengan kehadiran para observer.

Tahapan berikutnya dari kegiatan Lesson Study adalah See (Refleksi), peserta kegiatan refleksi adalah para observer yang berjumlah 20 orang. Kegiatan refleksi dipimpin oleh Diah Nuraini Fathimah.  Pada awal kegiatan guru model menyampaikan kesan-kesan dari pembelajaran yang dilaksanakannya. Guru model menyampaikan pada awal pembelajaran timbul perasaan grogi dengan kehadiran banyak observer di kelas. Guru juga merasa kekurangan waktu untuk memberikan pemahaman konsep dan melaksanakan evaluasi karena setting kelas yang tidak sesuai dengan plan yang dibuat, sehingga menggangu proses pembelajaran.

Observer secara bergantian menyampaikan kesan-kesannya terhadap pembelajaran yang telah mereka saksikan. Dari kegiatan refleksi terungkap beberapa tanggapan observer yaitu secara umum pembelajaran sudah berjalan sangat baik. Siswa terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Meskipun ada beberapa siswa yang kelihatan tidak antusias hal ini disebabkan karena situasi dan setting kelas yang tidak nyaman untuk pembelajaran. Widyaiswara sebagai narasumber memberikan saran untuk mengubah metode yang dibuat disesuaikan kondisi kelas, sehingga siswa lebih antusias dan aktif dalam berdiskusi.

Beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan adalah kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan hasil diskusi, guru masih harus meningkatkan penguasaan dalam pengelolaan kelas. Penggunaan stategi pembelajaran ini perlu dikaji ulang dengan strategi pembelajaran lain yang memberikan kesempatan guru lebih lama dalam menanamkan konsep terutama cara menghitung koefisien elastisitas. Hal-hal yang disampaikan para observer menjadi masukan yang sangat berharga untuk guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas (terlampir).

2. KEGIATAN II

Setelah selesai see (refleksi), guru model dan observer melakukan plan lagi dari hasil refleksi untuk memperbaiki pola pembelajaran yang disampaikan oleh guru model. Plan yang dibuat untuk pelaksanaan do berikutnya pada hari rabu tanggal 29 Desember 2010. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam membuat plan adalah

a.          Awal pembelajaran (apersepsi) untuk menggali pengetahuan awal, siswa tidak diberi waktu untuk mngungkapkan pengalaman yang terkait dengan materi yang akan dibahas.

b.         Pada kegiatan inti siswa hanya menerima informasi dan tidak diberikan kesempatan untuk ikut mengungkapkan pendapat yang ditanyakan guru model.

c.          Metode yang digunakan guru diganti dengan metode the power of two

d.         Waktu yang diberikan untuk diskusi lebih diefektifkan

e.          Soal evaluasi untuk siswa terlalu sedikit dan waktu yang diberikan terlalu banyak.

Pada rabu tanggal 29 Desember 2010 dilakukan do pada kelas XII IPS 2 dengan jumlah siswa 25 orang. Dalam proses pembelajaran menggunakan strategi the power of two, siswa dibagi dalam 12 kelompok.

Pada awal pembelajaran, guru model .membuka dengan salam dan dilanjutkan pertanyaan seputar pengamalan siswa selama di rumah terkait dengan materi yang telah disampaikan yaitu harga yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari misalnya harga beras, cabe, elektronik dan sebagainya. Kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu pengayaan materi elastisitas. Selain itu guru model juga menyampaikan pokok-pokok materi dengan menayangkan power point yaitu pengertian elastisitas, macam-macam elastisitas, menghitung koefisien elastisitas dan macam-macam sifat koefisien elastisitas. Dari pokok-pokok materi tersebut guru memotivasi siswa dengan menyampaikan nasehat dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penayangan powerpoint ada sedikit gangguan karena materi yang telah dipersiapkan tidak dapat ditayangkan, sehingga memakai file yang dipakai sebelumnya.

Dalam kegiatan inti guru model memberikan informasi tentang materi pengertian elastisitas, macam-macam elastisitas, menghitung koefisien elastisitas dan macam-macam sifat koefisien elastisitas dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Guru menayangkan materi dalam bentuk power point dan siswa memperhatikan. Melalui pertanyaan produktif guru menuntun siswa untuk berpikir bagaimana cara menghitung koefisien elastisitas. Dari contoh tersebut guru menggiring siswa menemukan hasil koefisien elastisitas. Kemudian guru menjabarkan cara menyelesaikan soal untuk mencari koefisien di whiteboard. Kemudian memberikan kesempatan siswa untuk bertanya yang dilanjutkan dengan menegaskan cara menghitung koefisien elastisitas dengan rumus yang disajikan.

Selanjutnya siswa secara berpasangan berdiskusi menyelesaikan soal yang diberikan guru. Soal yang diberikan masing-masing pasangan berbeda sehingga banyak variasi soal dalam penyelesaiannya selama 20 menit.  Selanjutnya dari kelompok pasangan yang mempunyai soal yang sama bergabung dengan pasangan yang lain untuk didiskusikan. Hasil dari diskusi tersebut perwakilan setiap kelompok mempresentasikan dan kelompok lain menaggapinya, dan guru menyamakan dan menambahkan konsep–konsep elastisitas yang belum dipahami siswa. Pada kegiatan inti ini siswa dalam kelompok sangat antusias ingin diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya.

Pada akhir pembelajaran guru memberikan evaluasi tertulis selama 10 menit sebagai pengayaan (soal terlampir). Pembelajaran diakhiri dengan menyampaikan materi akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan Lesson Study pada tahap implementasi ini dihadiri 20 orang observer yang terdiri dari guru MAN I dan MAN II Surakarta yang terdiri dari rumpun IPS.  Posisi para observer di dalam kelas tersebar di belakang dan pinggir kelas, dan melakukan pengamatan di kelas didasarkan pada lembar observasi kegiatan Lesson Study.

KESIMPULAN

Kegiatan Lesson Study perlu di laksanakan secara kontinyu untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam hal kemampuan mengobservasi aktivitas belajar, semakin kuatnya hubungan kolegalitas, semakin kuatnya hubungan antara pelaksanaan pembelajaran sehari-hari dengan tujuan jangka panjang yang harus dicapai, semakin meningkatnya motivasi untuk selalu berkembang dan meningkatkan kualitas rencana pembelajaran.

Guru Model : WARDIMIN (MAN I)

Daftar nama observer :

1.      Hj. SITI MUSLIKHAH (MAN I)

2.      SHOLIHAH RUSDIYANI (MAN II)

3.      DIAH NURAINI FATHIMAH(MAN II)

4.      MUH. ARWANI (MAN II)

5.      WIDIYAN LESTARI(MAN II)

6.      NURUL HIDAYATI (MAN II)

7.      ENDAR SUTANTO (MAN II)

8.      NURHAYATI (MAN II)

9.      SITI MAHMUDAH (MAN I)

10.  TATIK BUDI RAHARTI(MAN I)

11.  SUYATMI (MAN I)

12.  H. MARIYA KUSUMA WARDANI(MAN I)

13.  ENY SULISTYOWATI (MAN I)

14.  RUSDI MUSTAPA (MAN I)

15.  JAHID BAHRUDDIN (MAN II)

16.  LILIEK SUPARMI(MAN I)

17.  YULIANA RAHMAWATI(MAN II)

18.  H A R T I N I(MAN I)

19.  SRI REJEKI(MAN II)

Nara sumber ;

1.      HJ SITI ROKHANAH  (WIDYAISWARA)

2.      SRI SUKARNI KATAMWATININGSIH (WIDYAISWARA)

 

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 2 Januari 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: