Kegiatan Daur Ulang Sampah KIR MAN 1 Surakarta

Isu perubahan iklim saat ini telah menjadi isu dunia karena dampak yang ditimbulkannya memang sangat luas. Mungkin diantaranya yang sudah kita rasakan sekarang, misalnya iklim dan cuaca yang tidak menentu serta sering terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dll. Apa yang bisa kita upayakan untuk mengurangi dampak pemanasan global tersebut ?

Kita tidak usah berfikit secara muluk-muluk dahulu, minimal kita laksanakan di lingkungan yang paling dekat dengan kita. Sekolah merupakan lingkungan yang bisa kita manfaatkan untuk mengkampanyekan tentang isu pemanasan global ini. Sehubungan dengan itulah, KIR MAN 1 Surakarta mengadakan kegiatan pemanfaatan sampah organik dan an organik yang ada di sekolah untuk bisa diubah menjadi produk baru yang lebih bernilai. Mengapa sampah ? Kita tahu bahwa sekolah merupakan salah satu penyumbang sampah yang besar dan ini merupakan potensi yang membahayakan, karena sampah ( terutama sampah an organik) sulit diurai tanah, misalnya sampah plastik yang baru bisa diurai tanah selama 180 tahun. Waktu yang sangat lama hanya untuk mengurai satu jenis sampah padahal produksi sampah akan semakin meningkat.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh KIR MAN 1 surakarta difokuskan pada pemanfaatan sampah an organik (plastik, kertas, botol air mineral) karena volumenya lebih besar dibanding sampah organik. Sampah akan diolah menjadi produk kerajinan yang nantinya bisa di jual yang bisa mendatangkan keuntungan finansial bagi siswa. Menurut Pak Rusdi Mustapa, S.Pd ( Koordinator Kegiatan), kegiatan ini merupakan follow up dari pelatihan tentang Perubahan Iklim ( Climate Change) yang telah diiikuti di Jakarta November tahun lalu. Karena setelah pelatihan itu, peserta diharuskan mengadakan kegiatan di sekolah dengan melibatkan siswa dengan tema perubahan iklim. Dari kegiatan ini semoga siswa lebih peduli lagi dengan lingkungan, khususnya lingkungan sekolahnya agar lebih hijau dan bersih.

Berikut foto dan video kegiatan daur ulang sampah KIR MAN 1 Surakarta

Videonya…..

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 19 Januari 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: