Gempa Jepang 11 Maret 2011

Gempa berkekuatan 8,9 terjadi di lepas pantai timur laut Jepang pada hari Jumat, Gempa ini menggetarkan gedung-gedung perkantoran di Tokyo dan juga menghasilkan tsunami yang maha dahsyat yang menyapu mobil dan kapal di Jepang timur laut. Gempa ini merupakan salah satu gempa  terbesar kelima di dunia sejak tahun 1900, menurut US Geological Survey – terjadi pada pukul 14:46 waktu setempat.

Banyak dilaporkan tentang banyaknya korban di Tokyo berbagai petugas sedang mencoba untuk menilai kerusakan, cedera dan kematian akibat gempa, namun belum  ada rincian.

Televisi Jepang memperlihatkan gambar udara dari gelombang berlumpur setinggi 15 meter di sepanjang pantai timur dekat pusat gempa.

Di berbagai lokasi, video TV menunjukkan kerusakan besar dari tsunami, dengan puluhan mobil, kapal dan bahkan bangunan yang terbawa oleh air. Sebuah kapal besar tersapu oleh tsunami menabrak langsung ke pemecah ombak di kota Kesennuma di Miyagi. Gelombang dapat dilihat percikan ke jalan-jalan kota dan di atas jembatan.

Semua kereta di Tokyo dihentikan, dan asap hitam asap naik di atas kaki langit. Kantor pekerja bergegas keluar dari bangunan mereka. Kereta api bawah tanah dihentikan, perangkap komuter bawah tanah. Dalam ekonomi dunia terbesar ketiga, semua bandara ditutup.

Tulisan terkait :

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 12 Maret 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: