Wow! Perayaan Kemerdekaan Israel Akan Digelar di Jakarta ?

Perhatian masyarakat Indonesia pada hari-hari ini tertuju pada rencana sejumlah orang yang berniat mengadakan perayaan hari kemerdekan Israel yang akan digelar pada 14 Mei 2011 ( hari ini–red). Padahal Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, negara oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, adalah negara ” haram ” karena berdiri di tanah SAH rakyat Palestina. Dan sekarang ada orang Indonesia yang dengan terang-terangan ingin merayakan kemerdekaan Israel ? Ada apa ini ?

Adalah Unggun Dahana, orang yang pertama kali memiliki ide gila ini. Unggun yang merupakan pria asal Yogya lulusan ITS berusia 48 tahun ini menuturkan, acara perayaan kemerdekaan itu nantinya akan dimulai dengan upacara pengibaran bendera merah putih, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan naskah proklamasi Indonesia dan juga Pancasila. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Israel dengan diiringi lagu kebangsaan Hatikvah. “Selanjutnya pembacaan deklarasi kemerdekaan Israel, doa untuk perdamaian dunia dan keamanan di Indonesia,” jelas Unggun yang mengaku baru sebulan ini terang-terangan mendukung Israel.

Unggun menjelaskan, latar belakang acara ini adalah: Sebagai warga negara yang cinta Proklamasi Republik Indonesia, dan menjunjung tinggi Kedaulatan Republik Indonesia.

Sedangkan tujuan acara adalah: Mengakui dan menghormati Kedaulatan Israel sebagai Negara Yahudi ( gak jelas abiiiss….)

Unggun berharap acara yang digelarnya ini bisa membuka kontak persahabatan antara Indonesia dan Israel. “Agar hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel segera dibuka. Berkatilah Israel dan Indonesia akan diberkati,” tutur Unggun yang mengaku bekerja sebagai konsultan migas ini.

Apa yang direncanakan Unggun ini terbilang aneh dan juga berlawanan dengan sebagian besar rakyat Indonesia. Aneh karena umumnya peringatan kemerdekaan negara lain di Indonesia dilakukan oleh kedutaan besar atau warga dari negara yang bersangkutan. Peringatan kemerdekaan AS misalnya, dilakukan oleh warga negara AS yang ada di Indonesia. Peringatan kemerdekaan India juga dilakukan oleh warga negara India di Indonesia, difasilitasi kedutaan mereka.

Apa yang direncanakan oleh Unggun dan beberapa temannya itu sesuatu yang tidak wajar, karena bukan dilakukan oleh warga negara Israel. Terlebih, Indonesia dan Israel tidak punya hubunngan diplomatik. Hal ini diperparah dengan status Israel yang sampai saat ini masih merupakan negara penjajah Palestina. Dan konstitusi negara kita secara tegas menyatakan”….BAHWA SESUNGGUHNYA KEMERDEKAAN ITU IALAH HAK SEGALA BANGSA DAN OLEH SEBAB ITU, MAKA PENJAJAHAN DI ATAS DUNIA HARUS DIHAPUSKAN, KARENA TIDAK SESUAI DENGAN PERI KEMANUSIAAN DAN PERI KEADILAN …” Sehingga rencana perayaan kemerdekan Israel di Indonesia oleh bukan warga negara Isarel, ditambah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, sungguh sangat bertentangan dengan konstitusi dan dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan di masyarakat Indonesia.

Israel justru menampakkan diri sebagai negara penjajah. Mereka membombardir Gaza. Itu menunjukkan wajah Israel yang anti-damai. Kita juga paham bahwa ebebasan berekspresi merupakan hak dasar tiap warga negara. Tapi di sisi lain, penjajahan terhadap bangsa lain merupakan pelanggaran hak azasi manusia yang serius. Karena itu, perlu diwaspadai apa motif di balik rencana ini. Karena ini bukan sekedar hanya rencana seperti itu saja namun ada tujuan-tujuan lebih jauh dari itu. Semoga pemerintah kita bisa memahami keresahan masyarakat Indonesia, termasuk saya.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 13 Mei 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. jelema lieur si unggun mah, hyng naon sich jelema teh

  2. Saya sangat tidak setuju apabila ada orang orang Indonesia yang berencana mengadakan ulang tahun kemerdekaan Israel. Karena kita bahwa Israel tidak ada hubungannya sama sekali dengan Indonesia. Penjajahan Israel bertentangan dengan UUD 45 dan juga the human right. Kemerdekaan ialah hak segala bangsa.Sementara Palestina berhak atas kemerdekaannya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: