MGMP Sejarahku gelar DDTK PTK

Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru-guru sejarah MA dalam hal melaksankan PTK ( penelitian tindakan kelas), maka pada tanggal 23 – 26 Mei 2011 diadakan DDTK ( Diklat Di Tempat Kerja) dengan materi diklat Cara Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang bertempat di MTs N 1 Surakarta dan MAN 1 Surakarta. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta dari guru-guru sejarah wilayah karesidenan Surakarta.

Bentuk kegiatan dibagi dalam dua jenis yaitu kegiatan teori bertempat di MTs N 1 Surakarta dan kegiatan praktek di MAN 1 Surakarta. Namun kegiatan lebih banyak diarahkan ke praktek dalam bentuk Lesson study di MAN 1 Surakarta. Dalam kegiatan ini, peserta diminta mengadakan observasi di kelas dengang guru model yang telah ditunjuk yaitu Tatik Budi Raharti, S.Pd dan Rusdi Mustapa, S.Pd ( guru sejarah MAN 1 Surakarta). Dari hasil observasi kemudian peserta diminta menyusun PTK secara kelompok yang hasilnya dikumpulkan kepada Widyaiswara dari BDK. Widyaiswara adalah Gunawan, M.Pd dan Drs. Mahfudz, M.Pd. Diharapkan dengan kegiatan ini guru-guru sejarah MA Wilayah Kares. Surakarta tidak mengalami kesulitan lagi dalam menyusun PTK.

Berikut foto-foto kegiatan diklat :

 

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 26 Mei 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: