Asyiknya Belajar Antropologi sambil Bermain….

Belajar  tidak selamanya harus di kelas. Lingkungan di sekolah bisa dijadikan media untuk menyampaikan materi kepada siswa. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi kejenuhan siswa. Seperti yang telah dilakukan oleh siswa/siswi  kelas XI Bahasa MAN 1 Surakarta. Sebagai upaya memberikan variasi pembelajaran kepada siswa, siswa/siswi kelas XI Bahasa dibawah bimbingan Rusdi Mustapa, S.Pd selaku guru Antropologi, mengadakan pembelajaran di luar kelas dalam bentuk permainan SOAL ESTAFET. Permainan ini dilaksanakan sebagai upaya mengetahui penguasaan siswa terhadap materi yang telah diberikan namun disetting dalam suasana bermain yang menyenangkan. Di satu sisi siswa dapat mengetahui penguasaan materinya, di sisi lain juga sebagai sarana rekreasi.

Dalam permainan ini siswa dibagi dalam kelompok dengan anggota  antara 4 -5 orang. Setiap kelompok wajib membuat yel-yel yang akan ditampilkan di depan kelompok yang lain. Setelah membuat yel-yel, setiap anggota kelompok membuat pertanyaan yang dituliskan di secarik kertas yang harus dijawab oleh masing-masing anggota kelompok secara bergiliran. Jadi yang membuat pertanyaan  siswa dan dijawab oleh siswa.

Setelah semua pertanyaah dijawab, selanjutnya jawaban soal dibahas bersama dengan kelompok yang lain. Yang menentukan benar atau salah jawaban adalah kelompok lain sekaligus memberikan point. Kelompok dengan jumlah point tertinggi maka ia menjadi pemenangnya. Dalam permainan ini hal yang bisa dipetik adalah :

1. Memupuk kekompakan diantara siswa

2. Melatih kecepatan dalam mengambil keputusan

3. Mendidik kejujuran, terutama dalam menilai jawaban dari kelompok

Berikut foto-foto kegiatannya :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 31 Mei 2011, in Tulisanku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: