Rangkuman penemuan manusia purba di Indonesia

Kepulauan Nusantara sangat terkenal sebagai tempat penemuan fosil manusia purba. Tercatat ada 7 ( tujuh ) jenis fosil yang ditemukan di wilayah Nusantara. Kebanyakan ditemukan di pulau Jawa. Hal ini membuktikan bahwa Jawa merupakan wilayah Nusantara yang paling banyak di “kunjungi” oleh “ Manusia Purba “. Di luar Jawa memang juga ada namun tidak sebanyak di Jawa. Berikut adalah rangkuman dari Fosil-fosil yang ditemukan di Nusantara beserta Penemu, tempat penemuan serta tahun penemuannya yang diambil dari berbagai sumber :

No

Nama Fosil

Penemu

Tempat Penemuan

Tahun Penemuan

1.

Pithecanthropus Erectus

Eugene Dubois

Trinil, pinggir Bengawan Solo, dekat Ngawi

1891

2.

Homo Wajakensis

Von Reitschotten

Wajak, Tulung Agung

1889

3.

Homo Sapien Soloensis (Homo Soloensis).

Von Koenigswald dan Weidenreich

Ngandong Blora, Sangiran dan Sambungmacan, Sragen, lembah Sungai Bengawan Solo

1931 – 1934

4.

Homo Erectus

Eugene Dubois

Trinil, Ngawi

1890

5.

Homo Robustus

Von Koenigswald

Ngandong

1939

6.

Homo Mojokertensis

Von Koenigswald

Perning/Mojokerto

1936

7.

Meganthropus Palaeojavanicus

Von Koenigswald

Sangiran, Sragen

1941

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 21 Agustus 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. kaya pelajaran kelas 1 SMA? hehehe
    salam kenal pak, keep blogging :)

  2. Ciri-Cirinya Mna ?

  3. Kyk pelajaran kelas 1 smp

  4. tolong yang diluar jawa ya………. makasih…

  5. pelajaran kelas 1 SMA :)

  6. pak, tolong dong selain ini fosil penemuannya ada lagi kah? Makasih ya, dan tolong di jelasin juga apa yang di temukan dari fosil-fosil tersebut :D

  7. ko ga ada ciri ciri nya sih

  8. Hallo selamat Pagi Pak Rusdi.
    Terima kasih atas meteri-nya, kebetulan hari ini saya job untuk membantu anak saya mencari kliping tentang manusia purba…sekali lagi terima kasih dan salam kenal

    Salam
    Johari
    http://a3online.wordpress.com

  9. salam kenal Pak Rusdi
    mhn maaf sblmnya kalo ada pertanyaan saya yang gak nyambung..
    pak…saya lagi cari pembahasan sejarah kelas 10 buat adik saik saya karena kami tinggal d NTT,buku2 pendukung kurang lengkap disni,kira2 rekomendasi dr bpk buku sejarah apa yg cocok tuk adik saya kls 10??
    sy coba cari pembahasan materi sejarah lengkap di internet tp saya ga menemukanya
    mohon arahanya pak….

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 1.451 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: