Belajar Antropologi, semakin mengasyikkan….

Aku adalah salah satu siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Surakarta. Mau kasih pengalaman nih tentang pembelajaran di kelasku, khususnya Antropologi. Tahu ndak siapa yang mengampu antropologi di kelasku ? Namanya Pak Rusdi Mustapa, S.Pd. Waktu awal masuk di kelasku sich, kesanku pak Rusdi itu ndak asyik…terlalu serius, galak, de el el… Tapi semakin ke sini, kesan itu hilang karena ternyata pak Rusdi itu..asyik banget orangnya…penuh dengan kejutan-kejutan yang membuat aku dan teman-teman yang lain gak nyangka. Satu hal yang aku suka dari pak Rusdi adalah DISIPLINnya. Pak Rusdi sangat “alergi” sama siswa yang ndak disiplin, bahkan untuk menegakkan disiplin, beliau membuat Kesepakatan Kelas yang intinya agar kami semua DISIPLIN, dan yang asyik..beliau pun juga siap kena sangsi kalau sekiranya melanggar kesepakatan bersama.

Satu hal lagi yang aku seneng diajar antropologi sama pak Rusdi adalah metode mengajarnya. Pak Rusdi adalah guru yang sangat ahli dibidang IT ( pdhal bukan guru IT), sehingga saat mengajar beliau sering memakai LCD yang membuat belajar kami lebih enak. Tapi bukan itu saja lho ! Nah ini yang aku suka, beliau selain mengajar di kelas, sering juga kami diajar di luar kelas. bentuknya apa coba ? GAME !! Ya, menurut pak Rusdi, belajar itu harus dibuat senang, ndak sepaneng, fun tapi tidak meninggalkan substansi. Salah satu game yang pernah beliau laksanakan adalah Game Berita Beranting. Gimana caranya ?

  1. Pertama-tama kami dibentuk kelompok yang masing-masing beranggota 4 orang
  2. Kemudian masing-masing kelompok membuat yel-yel kelompok yang nanti akan diadu dengan yel-yel kelompok lain
  3. Setelah itu, tiap-tiap siswa membuat pertanyaan dari materi Antropologi ( waktu itu materinya adalah KEBUDAYAAN). Untuk apa pertanyaan itu ? nanti pertanyaan akan dirantingkan dengan sesama teman dari kelompok masing-masing dan harus dijawab oleh siswa yang paling akhir.
  4. Kelompok yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat point yang nanti akan diakumulasikan.
  5. Yang paling asyik adalah saat adu yel-yel, karena kami harus tampi maksimal dan ini juga dinilai oleh pak Rusdi. Setelah permainan selesai, diumumkan keompok mana yang mengumpulkan nilai tertinggi. Setelah dihitung-hitung dari aspek yel-yel dan menjawab pertanyaan ternyata tidak ada yang menang, Lho gimana ? Ternyata SEMUA KELOMPOK jadi pemenang, artinya kami semua MENANG. Bagi pemenang diberikan sekedar bingkisan dari pak Rusdi….

Pernah juga pak rusdi mengajar dengan mengundang guest teacher ( guru tamu). Saat itu yang diundang adalah Elliyina, alumni sekolahku yang pernah kuliah di Amerika. Saat itu kebetulan materinya adalah tentang keanekaragaman budaya. Mbak Elliyina diundang agar memberikan gambaran bagaimana Amerika itu sangat beragam budayanya. Tujuannnya agar kami bisa endapat gambaran bagaimana budaya Barat yang sebenarnya dan selanjutnya dihubungkan dengan budaya Timur.

Ya itulah kesanku terhadap pelajaran Antropologi yang diampu Pak Rusdi. Rasanya setiap ada jadwal Antropologi, aku sudah tidak sabar kejutan-kejutan apa lagi yang akan beliau berikan kepada kami. Semoga kami sekelas sukses semua….VIVA LANGUAGE PROGRAM !!!

Berikut foto-foto kegiatan pembelajaran antropologi yang diampu pak Rusdi

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 4 Oktober 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: