Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Inovatif Berbasis IT

Di era informatika seperti saat ini, guru harus selalu mengikuti perkembangan yang ada, termasuk dalam hal Teknologi Informatika (IT). Karena hal ini sesuatu yang tidak bisa dihindari. Dunia semakin berkembang dengan pesatnya, namun kita masih saja berpegang pada “pakem” lama. Termasuk diantaranya dalam hal pembelajaran. Pembelajaran yang cenderung monoton dan membosankan akan menjadikan proses belajar mengajar juga stagnan. Hal ini lebih dikarenakan guru maupun siswa tida ada kecocokan dari awal pelajaran. Guru dalam menyajikan materi biasa-biasa saja, tanpa  adanya variasi, cenderung text book. Sementara kondisi perubahan di luar sudah sangat maju, berbagai media dalam dunia maya memberikan berbagai alternatif  yang mampu mengakomodasi semua fungsi dai proses pembelajaran. Seperti friendster, facebook, blog, e-mail, dan lain sebagainya. Dalam proses pembelajaran yang paling relevan digunakan adalah media blog, di dalamnya mampu memuat materi dalam bentuk Ms Word, Ms PPT, gambar, video, dan lain sebagainya sesuai keinginan guru.

Media merupakan sesuatu yang menghubungkan; dalam hal ini adalah menghubungkan apa yang dikehendaki guru terhadap siswa, begitu pula sebaliknya, apa yang diinginkan siswa dari guru. Selama ini terjadi gap yang lebar, dimana siswa malu atau takut untuk menyampaikan keluhan dalam proses belajar mengajar kepada guru sehingga tidak ada feedback kepada guru. Guru menganggap proses belajar mengajarnya sudah baik karena tidak pernah ada komplain. Maka media blog di sini menjadi sebuah jembatan penghubung antara guru dan siswa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi (IT).

Era maju menuntut seseorang untuk selalu mengembangkan potensi dan kemampuan softskills maupun hardskills-nya. Blog merupakan salah satu bentuk atau model dalam internet disamping fungsi yang sudah umum, seperti e-mail, friendster, facebook, mailing. Dalam blog fungsi media pembelajaran dapat tercover secara keseluruhan. Di dalamnya memuat fungsi media visual, audio, maupun media audio-visual. Dalam blog kita bisa mengupload segala bentuk tulisan, baik dalam format Ms Word, Ms Office PPT, PDF Converter. Memuat bentuk gambar dalam format JPEG, JPE, PNG, Photoshop, Corel, dll. Mamou juga memuat audio-visual dalam bentuk video dalam bentuk MPEGAV, MPG, MP3, dll.

Blog adalah kependekan dari weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh John Barger pada bulam Desember 1997. John Barger menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen ( file-file word, PDF, dll), gambar ataupun multimedia.

Para pembuat blog dinamakan blogger. Melalui blognya, kepribadian blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang dipilih dan isu-isu di dalamnya. Oleh karena itu blog bersifat sangat personal. Perkembangan lain dari blog yaitu ketika blog memuat tulisan tentang apa yang seorang blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di internet. Satu-satunya hal yang membedakan blog dari diary atau jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain.

Kita tidak perlu menjadi programmer untuk menjadi seorang blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan. Keuntungan dari penggunaan weblog antara lain :

1. Melalui weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar

2. Weblog melebihi surat elektronik (e-mail), karena satu posting blog yang kita bahas, daat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan e-mail yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimi. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 27 Desember 2011, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. keren tulisannya….jika membutuhkan info tentang film dan media sejarah bisa kunjungi link berikut ini http://history99education.blogspot.com/p/koleksi-vcd-dan-dvd-film-serta-cd.html

  2. memang benar. saat ini para guru sedang getol getolnya ngeblog dan memanfaatkan social media untuk membantu KBM. Salam kenal mas..

  1. Ping-balik: Hello world! « rizqahkhaironi

  2. Ping-balik: Pembelajaran Berbasis IT « rizqahkhaironi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: