Tips Supaya Tidak Ketangkap Saat Mencontek

Mencontek…Siapa yang tidak mengenal istilah ini. Hampir semua orang di belahan dunia ini yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah mengenal istilah ‘Mencontek‘.
Istilah ini menjadi sangat booming ketika seorang anak di daerah gresik mengungkap Contekan Massal yang di lakukan oleh teman-teman di sekolahnya.

Peristiwa mencontek massal ini jugalah yang telah mengantarkan seorang ibu bernama Siami dan Anaknya,  memperoleh penghargaan sebagai ‘Pahlawan Kejujuran‘.

Yah..Mencontek!

Macam-macam alasan anak untuk melakukan tindakan ini. Bahkan ada yang beralasan “untuk membantu orang tua….Hufh!! Dasar anak-anak…!!!

Nah, Kali ini saya akan mengungkapkan sebuah Rahasia yang masih ada hubungannya dengan Mencontek. Tapi, jangan berharap saya akan mengungkap sebuah Kasus Contekan di sekolah saya, melainkan saya akan memberikan ciri-ciri /tanda seorang siswa yang sedang, akan, atau berusaha mencontek/memberikan contekan…

Seorang anak yang sedang, akan, atau berusaha mencontek biasanya melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Selalu memperhatikan Guru (pengawas) ujian.

Jangan Ge-eR ketika anda sedang menjaga ruangan ujian, kemudian siswa/i selalu memperhatikan gerak-gerik anda. Karena bisa jadi siswa anda tersebut akan mencontek.

Ketika siswa sudah mendapatkan (mengerjakan) soal ujian maka seharusnya perhatian dia tertuju pada soal yang ada di depannya. Jika tidak, itu berarti dia tidak bisa mengerjakan soal, dan anda tahu apa yang akan dilakukannya??

Yah, kalau tidak mencontek/meminta bantuan temannya, dia mungkin akan tidur / mencoret2 kertas lembar jawaban/soalnya. Hm…

  • Tubuh menjadi Tegang atau tidak Rileks.

Kondisi ini terjadi ketika siswa/i anda sudah memegang alat Contekan (baik berupa kertas kecil yang sudah ada contekannya, maupun conteka berupa buku pegangan). Kalau sudah begini, anda harus terus memperhatikan siswa yang bersangkutan.

Apabila ketika dia melihat anda, dia terlihat kaget, maka anda harus secepatnya menghampirinya dan menanyakan Gimana kabarnya??, maksud saya, pura-puralah bertanya Apa ada masalah????”

  • Tangan tidak berada di atas meja, tetapi di laci bawah meja.

Hati-hati ketika melihat siswa yang sedang mengerjakan ujian, akan tetapi kedua tangan tidak berada di atas meja. Karena bisa jadi anak tersebut memainkan HP mereka untuk mencari jawaban di internet, atau SMS-an dengan temannya untuk meminta jawaban. Atau bisa jadi, di laci meja ada buku pegangan yang siap dicontek…

  • Posisi duduk tidak Lurus

Ketika anda menjadi pengawas ujian, pastikan tempat duduk siswa tertata rapi, tidak ada kertas yang tidak diperlukan di atas meja, posisi duduk anak juga harus lurus menghadap ke depan (tidak bersandar di dinding bagi bangku paling kiri/kanan).

Sehingga jika posisi duduk anak berubah dari yang seharusnya, maka bisa dipastikan dia akan meminta/memberi contekan.

  • Mengangkat lembar jawaban dan menghadapkan ke arah temannya.

Kalau yang satu ini anda pasti sudah bisa menebak, bahwa yang bersangkutan sedang memberikan contekan ke temannya. Hal ini bisa dikuatkan dengan posisi duduk temannya yang cenderung mendekat ke lembar jawaban.

Kalau sudah bergitu, anda pasti tahu apa yang harus anda lakukan….

  • Pergi ke kamar mandi secara bergantian.

Sebaiknya anda mencurigai siswa anda yang pergi ke kamar mandi saat ujian dan kemudian ikuti teman yang lainnya.

Tentu anda tidak bisa mencegah mereka pergi ke kamar mandi dengan alasan mau buang air. Tetapi anda bisa mengawasi mereka setelah kembali ke kelas.

Jika mereka aktif mengerjakan soal (setelah sebelumnya enggan…) maka anda harus mendekatinya, dan lagi-lagi menanyakan “Gimana kabarnya???”.

Jangan lupa melihat apa yang ada di meja/dibalik kertas lembar jawabannya, atau bahkan di telapak tangannya.  Pastikan dia tidak membawa contekan dari luar kelas (kamar mandi).

  • Suasana kelas bising dan tidak kondusif

Kalau yang satu saya tidak menyalahkan siswanya, tetapi saya lebih menyalahkan anda sebagai pengawas. Sebab suasana ruangan ujian tertib dan tidaknya, tergantung pada anda saat menjaga ujian.

Saran saya, bagi siswa yang ingin mencontek, sebaiknya melakukan cara yang lebih kreatif (he..he..). Karena jika menggunakan cara di atas.. jangan salahkan pengawas kalau ketahuan.

Tips dari saya, jika anda tidak ingin ketangkap saat mencontek, ya..jangan mencontek..

Maka insyaAllah ilmu anda akan bermanfaat.. Amin.. :)

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 8 Januari 2012, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. ustadz..matur suwun ya…salam dari kami keluarga besar Man Purwodadi Grobogan

  2. Semoga bukan karena pengalaman pribadi, he he he…

  3. maksih atas tipsx……………………………….jadi saya bisa lebih canggih lagi dalam menangani hal yang spt yang telah dsbtkan…………….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: