Pembelajaran Sejarah Dengan Model On Board Picture Stories

Salah satu upaya untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sejarah (seperti yang saya ampu) adalah dengan menggunakan model On Board Picture Stories ( cerita bergambar di atas papan tulis– terjemahan bebasnya). Model ini adalah mengoptimalkan peran siswa sebagai individu dalam kelompok diskusi lewat media gambar atau visual. Seperti yang saya terapkan saat pembelajaran sejarah materi Kebudayaan Manusia Purba di Indonesia di kelas X.10 MAN 1 Surakarta.

Bagaimana Pelaksanaannya ?

  1. Membentuk 6 kelompok ( setiap kelompok 5 – 6 siswa) atau sesuai jumlah siswa  masing-masing
  2. Setiap kelompok mempersiapkan bahan-bahan seperti buku referensi, atlas, spidol warna, kertas warna, gunting, lem, dan lain-lain
  3. Setiap kelompok menggambar satu peta Indonesia di kertas karton kemudian mengguntingkan lambang tertentu dengan kertas warna kemudian ditempel di daerah atau tempat penemuan budaya prasejarah dengan diberikan penjelasan
  4. Setiap kelompok mendeskripsikan gambar peta berdasarkan buku referensi, atlas kemudian membuat deskripsi utuh mengenai sub pokok bahasan tersebut
  5. Pembagian kelompok dan materi adalah sebagai berikut :

             a)      Kelompok satu  terdiri atas :

  • Al Fatih Karim, M. Imamuddin, Wildan M, Siti Mulyani, Ulfa Intan, dan Wulandika
  • membahas Peta Penemuan Manusia Purba di Jawa

            b)     Kelompok dua terdiri atas :

  • Arif Hidayat, M. Kalifaksi, Yusuf Qordhowi, Suci Kusuma Wardana, Ully Amrina, dan Zakia Salsabila
  • membahas Peta Penemuan Budaya Jaman Paleolitikum

             c)      Kelompok tiga terdiri atas :

  • Danny Al Fitri, Ridwan Amin, Rihana Kholidatul Azima, Tesa Nur Laili, Wahyu Nur Rohmah, dan Wiwik Adha Rini
  • membahas Peta Penemuan Budaya Jaman Mesolitikum

            d)     Kelompok empat terdiri atas :

  • Dhimas Prakoso, Sandi Diyan Karisma, Rita Yuliati, Titin Fitri Wulandari, Wakhidatun Al Fath, dan Wiwin Setyorini
  • membahas Peta Penemuan Budaya Jaman Neolitikum

            e)      Kelompok lima terdiri atas :

  • Dimas Putra Mahardika, Teguh Yulianto, Sekar Tanjung Charomah, Tri Hastuti, dan Wanda Lia Nurita
  • membahas Peta Penemuan Budaya Jaman Megalitikum

             f)       Kelompok enam terdiri atas :

  • Muhammad Ihsan, Tri Hantoro Wasis, Sinta Fitriana Dewi, Tria wulandari dan Wardatul ‘Aini Ghonifyati
  • membahas Peta Penemuan Budaya Jaman Logam

   6. Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil kerja kelompoknya dengan dua perwakilan siswa untuk memaparkan data temuanya dengan menempelkan karton peta Indonesia di papan tulis dengan menempelkan simbol berwarna dalam bentuk-bentuk tertentu

(sesuai kreasi kelompok) untuk menunjukkan titik-titik penemuan kebudayaan. Dengan model ini siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan yang lebih penting mereka akan kreatif, khususnya saat membuat peta yang akan dipresentasikan. Dengan model ini pula siswa tidak menjadi jenuh atau mengantuk, karena mereka semua terlibat secara aktif dalam aktivitas diskusi. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan guru yang lain. Berikut foto kegiatan pembelajaran yang saya laksanakan:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 25 Januari 2012, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Siswa-siswa MAN 1 Surakarta pasti bangga donk punya guru seperti Pa Rusdi

    • terima kasih, tapi apa yang saya lakukan adalah bentuk kecintaan saya kepada profesi saya dan sebagai upaya untuk melayani siswa dengan sepenuh hati

      • Irmawati Sri utami

        Bagus sekali pak Rusdi saya senang dan tertarik dengan model pembelajaran ini, ada lagi yang baru pak?saya tunggu……maju terus pendidikan Indonesia

  2. Nor Rochmah Murniati

    TRIM S ATA TULISAN, SMG AKU DPAT TERINSPIRASI DENGAN METODE TSB

  3. Hebat saya salut pak dgn bpk, patut dicontoh nih…

  4. Selamat pagi Pak Rusdi, apakah bisa saya daftar “link teman wordpress” bapak, saya link balik punya bapak di http://blog.gurumandiri.com

    Terima kasih pak, salam dari guru di Palangka Raya

  5. Bagus sekali pak,,,bisa jadi contoh…

  6. Assalamu’alaikum,,
    saya ingin tanya,, apakah kelas ikhwan dan akhwat di campur?
    syukron,
    wassalam..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: