20 Juli 1969 Pendaratan Pertama Manusia di Bulan

Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah, khususnya bagi sejarah penerbangan luar angkasa dunia. Karena hari ini, 43 tahun yang lalu, tepatnya 20 Juli 1969, pesawat ulang-alik Apollo 11 milik NASA (National Aeronautics and Space Administration) berhasil mendarat di bulan untuk pertama kalinya. Ini adalah misi luar angkasa berawak pertama yang berhasil mendaratkan manusia di Bulan dan kembali dengan selamat. Apollo 11 diluncurkan pada 16 Juli 1969 menggunakan roket Saturn V dan tiba di bulan pada 20 Juli 1969. Pada saat mendarat di bulan, pesawat luar angkasa ini diawaki oleh Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins.

Saat berjalan di Bulan, dan jutaan orang menonton peristiwa tersebut dari siaran TV, Neil Armstrong mengucapkan perkataan yang lantas sangat popular “Inilah sebuah langkah kecil bagi (seorang) manusia, satu langkah besar bagi kemanusiaan.”

NASA sendiri adalah agensi pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa AS. Keberhasilan Apollo 11 mewujudkan ambisi presiden Amerika Serikat saat itu, John F. Kennedy, yaitu “menerbangkan manusia ke bulan dan mengembalikannya ke bumi dengan selamat”

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 20 Juli 2012, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: