Guest Teacher di Pelajaran Antropologiku…

Tanggal 26 September 2012 yang lalu, di jam pelajaran antropologi yang aku ampu, ada suasana lain yang coba aku berikan kepada siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Surakarta. Hari itu aku mengajak seorang “Guest Teacher” atau guru tamu ke kelas. Siswa-siswi XI Bahasa pada heran, ” kenapa pak Rusdi “ menggandeng ” seorang cewek ( mungkin  itu pikiran mereka kali ya.!?) Namun biar rasa penasaran mereka tidak berlarut-larut, aku sampaikan perkenalan kepada mereka. Pagi itu aku mengundang guru tamu ke pelajaran antropologi untuk menyampaikan presentasi/pemaparan atau apalah istilahnya, seputar  budaya di Amerika Serikat khususnya di kalangan remajanya. Pagi itu aku membawa tamu istimewa, kenapa ? karena dia adalah alumni MAN 1 Surakarta tahun 2007. Namanya Elliyina, sering dipanggil Yiyin. Waktu di MAN 1 Surakarta, dia berada di kelas XII IPA dan saat itu kebetulan aku juga mengajar sejarah di kelasnya. Yiyin ini kebetulan pernah mengenyam “bangku kuliah” di negeri Paman Sam, yaitu di Colorado State University. Yiyin aku undang dalam rangka memberikan paparan tentang budaya di Amerika Serikat, khususnya di kalangan remajanya. Oya lupa, antropologi yang aku ampu ini adalah pelajaran yang mengkaji tentang budaya manusia. Nah…kebetula materi yang akan aku sampaikan adalah PENGARUH BUDAYA ASING DI INDONESIA, makanya sebelumnya masuk ke materi aku kasih dulu gambaran tentang budaya di Amerika dengan mengundang Yiyin.

Terus terang ini adalah “kerjasama tanpa sengaja” antara aku dan Yiyin. Ceritanya dulu pas dia PPL di MAN 1 Surakarta ( dia mengambil jurusan bahasa Inggris di IAIN Surakarta- dulu namanya STAIN Surakarta), waktu dia mengabsen ke kelas-kelas, kebetulan aku sedang mengajar di kelas XI Bahasa. Nah…kebetulan lagi ( wah serba kebetulan ya…), materi yang sedang aku sampaikan adalah tentang PENGARUH BUDAYA ASING DI INDONESIA, aku panggil saja dia untuk sharing tentang pengalamannya selama kuliah di Amerika. Siswa sangat senang dengan model pembelajaran ini. Kenapa ? Karena mereka akan mendapat gambaran langsung tentang budaya masyarakat Amerika dari orang yang pernah kuliah di sana. Banyak pertanyaan meluncur dari siswa-siswaku, seperti misalnya :” Bagaimana model pembelajaran di sana ?, ” Apakah pembelajarannya seperti di Indonesia ? bahkan ada juga yang bertanya semakin”dalam” yaitu “apakah benar remaja-remaja di Amerika pergaulannya sangat “Bebas” ??? Pertanyaan-pertanyaan yang menurutku menunjukkan bahwa mereka sangat haus “informasi” tentang hal ini. Semoga dengan pembelajaran seperti ini bisa meningkatkan semangat belajar siswa-siswaku, khususnya dalam pelajaran Antropologi. Yang jelas semua dilakukan agar kualitas pembelajaran semakin meningkat. Sukses buat siswa-siswaku XI Bahasa MAN 1 Surakarta.Berikut ini foto-fotonya:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 28 September 2012, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. gila bang bro guest nya dah
    hahahaha

    semoga besok2 bisa ngundang lagi itu ya
    oke ini catetan keren

Tinggalkan Balasan

