Guest Teacher di Pelajaran Sejarahku….

WIDYA TIME copy Setelah sebelumnya 3 kali sukses mendatangkan guru tamu (guest teacher) di pelajaran Antropologi, kali ini aku berhasil mendatangkan guest teacher untuk pelajaran sejarah. Kali ini aku mengundang Widya Amasara ( alumni sejarah dari Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Jepang). Perkenalanku dengan Widya sebenarnya juga tidak sengaja dan saat itu dialah yang pertama kali menjalin kontak denganku. Inilah kontak pertama dengan Widya via FB:

0001SAM_9638Setelah kontak pertama itu, sering kita berkomunikasi seputar sejarah dan lain-lain. Hingga akhirnya dia menyampaikan bahwa bulan September 2013 dia wisuda. Pada saat itulah iseng-iseng kutawari dia untuk jadi guru tamu (guest teacher) dan ternyata Widya sangat antusias dan menyatakan bisa hadir. Akhirnya kami sepakat bahwa tanggal 12 Nopember 2013 kegiatan guest teacher di sekolahku. Singkat cerita tanggal 12 Nopember 2013, Widya bisa hadir dan memberikan paparan seputar almamaternya sekaligus menjelaskan alasan kuliah Sejarah di Jepang di kelas XII IPA 2 yang kebetulan aku menjadi wali kelasnya. Satu hal yang dia sampaikan mengapa memilih jurusan Sejarah adalah karena dia orang Indonesia. Mengapa ? Widya menyatakan bahwa dia sebelum kuliah di Jepang kurang antusias dengan sejarah namun setelah kuliah dia sadar bahwa mempelajari sejarah itu sangat mengasyikkan. Cita-citanya setelah lulus dari Jepang adalah melanjutkan S2 sejarah di Belanda yang menurutnya banyak menyimpan sumber-sumber sejarah Indonesia. Obsesinya adalah ingin bergerak di bidang Museum Sejarah.

SAM_9619Dalam kesempatan itu, Widya juga memberikan informasi seputar bagaimana bisa kuliah di Jepang. Kebetulan Widya bisa kuliah di Jepang melalui jalur bea siswa. Selama di Jepang banyak sekali pelajaran yang dia ambil, terutama tentang budaya Jepang. hal ini terbawa hingga dia kembali lagi ke Indonesia, salah satunya adalah kebiasaan membungkukkan badan setelah bertemu dengan orang. Widya memberikan motivasi kepada siswi-siswiku bahwa dimana pun kita kuliah apalagi di luar negeri, kita menjadi “duta” bagi Indonesia, artinya kita harus bisa membawa nama bangsa. Sehingga pengetahuan tentang budaya, sejarah dan sebagainya harus dikuasai agar saat ditanya oleh orang asing bisa menjelaskan dan tidak memalukan. Dari kegiatan ini semoga siswa bisa mengambil manfaatnya terutama tentang informasi kuliah di Jepang.

Berikut foto-foto kegiatan guest teacher sejarahku :

SAM_9644 SAM_9643 SAM_9619 SAM_9627 widya8 widya7

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 17 November 2013, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: