MGMP Sejarah Gelar OSEAS



IMG_20150828_141235_1Dalam rangka menyambut HUT RI ke 70, MGMP Sejarah MA Karesidenan Surakarta menggelar Olimpiade Sejarah Surakarta (OSEAS) 29 Agustus 2015 bertempat di MA Assalaam Kartasura. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan program kerja MGMP Sejarah. Menurut sekretaris MGMP Rusdi Mustapa, S.Pd, pada awalnya kegiatan ini hanya untuk madrasah di Solo Raya, namun setelah dilaunching di dunia maya antusias sekolah negeri juga besar, akhirnya dibuka untuk semua jenjang sekolah menengah. Tercatat ada 31 Sekolah setingkat SMA/MA dengan jumlah peserta sebanyak 79 orang, memastikan diri ikut dalam kegiatan yang baru pertama kalinya ini di adakan.

Dalam olimpiade ini ada dua tahap yang harus dilalui peserta. Pertama babak penyisihan, dengan mengerjakan soal sejarah sebanyak 100 buah. Waktu yang disediakan selama dua jam. Selanjutnya dari sekian jumlah peserta akan dipilih enam peserta dengan nilai terbaik untuk maju ke babak final berupa adu gagasan. Di babak ini peserta mempresentasikan peristiwa kontroversial sejarah dan selanjutnya menjawab pertanyaan dari dewan juri. Dewan juri berasal dari dosen sejarah UNS, pemerhati sejarah, dan praktisi sejarah. Panitia menyediakan 6 tropi untuk para pemenang.

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 28 Agustus 2015, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: