Asyiknya Belajar Sejarah dengan COC

coc

Pembelajaran sejarah (ternyata) lebih menyenangkan jika dilaksanakan dalam suasana yang informal. Inilah yang telah dilaksanakan di kelas XI MIA 5 MAN 1 Solo pada jam ke 3 Jum’at 29 Januari 2016. Materi “Peristiwa Proklamasi” terasa lebih mudah dipahami siswa ketika mereka melaksanakan permainan C.O.C.

Apa itu C.O.C ?

DSCF2172

C.O.C adalah “Cari, Oroetkan, dan Ceritakan”, jadi siswa diminta mencari informasi seputar proklamasi dalam bentuk gambar-gambar. Kemudian mereka diminta mengurutkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan urutan peristiwa seputar proklamasi. Langkah terakhir adalah siswa diminta menceritakan gambar-gambar yang telah mereka urutkan.

DSCF2102 
Agar lebih seru maka masing-masing kelompok diminta membuat yel-yel dan mengenakan pakaian yang bertema perjuangan. Jadi….ada yang berpakaian seperti Soekarno, Hatta, Fatmawati dan tokoh-tokoh seputar proklamasi yang lain. Materi sengaja belum disampaikan sebelumnya dengan tujuan agar siswa bisa mencari sendiri informasi seputar materi Proklamasi, namun rambu-rambu secara umum telah diberikan oleh guru.

Bagaimana hasilnya ?
Ternyata anak-anak XI MIA 5 memang luarrrr biasa. Mereka mampu menceritakan gambar-gambar seputar proklamasi dengan sangat sempurna. Yang seru lagi, saat menyampaikan ada yang dilakukan dengan cara bermain drama, memakai topeng bergambar tokoh-tokoh sekitar proklamasi, dll. Pembelajaran berlangsung menyenangkan, materi bisa dikuasai dan akhirnya….semua happy !!!

Ingin lihat albumnya ? lihat di bawah ini….

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 10 Maret 2016, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: