Jadi Guru Baru di Era Digital

IMG_20180125_084640_500Zaman now ?? Apa sih sebenarnya ??

Istilah ini sangat viral akhir-akhir ini  dan menyusup hampir di semua lapisan, termasuk di dunia pendidikan. Guru Zaman Now. Inilah yang saat ini juga menjadi thrending topik. Bagaimana guru bisa disebut “Guru Zaman Now ?”

Kalau bagi saya terminologi “Zaman Now” itu adalah bisa mengikuti perkembangan yang ada, bergerakan bersama dengan kemajuan terkini. “Zaman now” menuntut semua orang untuk selalu menambah kompetensi dirinya, di bidang apa pun, profesi apa pun, termasuk guru.

Guru zaman now adalah guru yang mampu mengikuti perkembangan zaman, artinya dia bisa melihat dan tentu saja mengikuti, perkembangan terbaru apa yang sedang trending di dunia pendidikan. Bisa tentang metode mengajar, teknik penilaian, dan sebagainya. Salah satu tuntutan yang harus diikuti perkembangannya oleh guru-guru zaman now adalah perkembangan Teknologi dan Informasi ( TI ).

Tidak dapat dipungkiri, TI menjadi kebutuhan dan keharusan bagi guru zaman now. Pola pengajaran di era sekarang sudah semakin maju, melintasi batas ruang serta waktu. Kalau di masa saya yang lahir di era 1970-an, pelajaran tersekat oleh ruang kelas, namun saat ini, pembelajaran sudah tidak terbatas di ruang kelas.

pembelajaran sudah berkembang di ruang-ruang maya, contohnya dengan mengakses situs-situs belajar online, latihan soal online dan sebagainya. Sehingga apabila guru tidak mengikuti perkembangan zaman ini, maka dia akan “tertinggal” dengan siswanya yang sudah selangkah di depan. Bagi saya, guru jangan sampai tertinggal dengan siswanya dalam pemanfaatan TI.

BAGAIMANA CARANYA ?

Pertanyaan klasik yang sering muncul di benak rekan-rekan guru zaman doeloe adalah bagaimana mereka bisa “meng-upgrade” kemampuan TI ? Jawaban yang paling jelas adalah : BERGABUNG DOGMIT !!

APA YANG DITAWARKAN DOGMIT ?

Saya mulai bergabung dengan Dogmit sejak tahun 2014 terutama di angkatan ke 6. Alasan saya sederhana saat itu yaitu saya ingin menjadi guru yang “tidak biasa”. Oya saya adalah guru sejarah di MAN 1 Surakarta. Tahu sendirilah bagaimana kalau siswa diberi pelajaran sejarah. “Pelajaran yang bikin ngantuk, banyak hafalannya, kayak mendengar dongeng dan lain-lain…”itulah barangkali tanggapan siswa saya ketika menerima pelajaran. Saat mengajar saya memang sudah memakai presentasi dengan powerpoint namun dengan tampilan yang apa adanya. Hal inilah barangkali yang membuat siswa saya menjadi merasa bosan. Tidak ada sesuatu yang “beda” dari media yang saya buat.

Lalu ketemulah saya dengan Dogmit yang menawarkan diklat IT dengan materi diklat yang sangat dibutuhkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Materinya sangat aplikatif dan bisa diikuti dengan seksama karena pak Sukani selalu membekali peserta diklat dengan video tutorial dan materi diklat dalam bentuk PDF yang bisa disaksikan dan dipelajari.

Hal inilah yang kemudian membuat saya memutuskan untuk mengikuti lagi dogmit di angkatan-angkatan selanjutnya. Saat ini saya masih dalam proses mengikuti Training Online angkatan 2  dengan materi Edugame PowerPoint.

Salah satu keunggulan Dogmit nya pak Sukani adalah menawarkan materi diklat yang belum banyak diketahui orang atau kalau sudah ada sebelumnya, pasti ada hal-hal baru yang kita dapatkan. Misalnya materi Dogmit yang telah saya dapatkan sebelumnya yaitu membuat media berupa Digital Book atau juga materi membuat Video Scribe.

Materi-materi ini belum banyak diketahui guru ( kalau pun ada mungkin belum banyak), sehingga sangat berguna bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Atau juga pak Sukani memberikan materi membuat Video Pembelajaran. Seperti yang pernah saya praktikkan di Dogmit sebelumnya. Ternyata membuatnya mudah namun karena belum tahu caranya, hal mudah itu terasa berat hehe..

Salah satau manfaat yang saya rasakan setelah bergabung dengan Dogmit adalah mampu mengembangkan lebih lanjut kemampuan di bidang IT. Karena prinsip yang harus kita miliki adalah terus berkembang dan semakin berkembang. Berikut diantara pengembangan kemampuan IT dalam bidang pendidikan yang terus saya kembangkan.

Video Tutorial Membuat CrossWord (Teka-teki Silang)

Video Membuat QR Code

Jadi kalau ingin jadi guru zaman now, Dogmit adalah referensi yang jitu serta harus di ikuti agar guru-guru di Indonesia berkembang lebih maju dalam penguasaan TI serta selangkah lebih depan menyongsong kemajuan pendidikan Indonesia.

Terima kasih Dogmit

Salam pendidikan Indonesia Maju  !!!

Rusdi Mustapa, S.Pd

MAN 1 Surakarta

Peserta Training Online angkatan 2 : Edugame PowerPoint

Iklan

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 6 Februari 2018, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: