Belajar Asyik dan Menarik di SEAMEO

seameo copy.pngSAAT ini, kita menghadapi revolusi industri keempat yang dikenal dengan Revolusi Industri 4.0. Ini merupakan era inovasi disruptif, di mana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru. Inovasi ini juga mampu mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada dan lebih dahsyat lagi mampu menggantikan teknologi yang sudah ada.

Menghadapi tantangan yang besar tersebut maka pendidikan dituntut untuk berubah juga. Termasuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 disebut Pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan batas waktu.

Sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, guru harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era Pendidikan 4.0. Peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital. Peserta didik sudah terbiasa dengan arus informasi dan teknologi industri 4.0. Ini menunjukkan bahwa produk sekolah yang diluluskan harus mampu menjawab tantangan industri 4.0.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang pendidikan, hadirlah SEAMEO yang menawarkan bentuk belajar yang sangat menarik dan inovatif. Apa itu SEAMEO ? SEAMEO atau The Southeast Asian Ministers of Education Organization (Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara) adalah organisasi antar pemerintah regional yang didirikan pada tahun 1965 di antara pemerintah negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan kerja sama regional dalam pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya di wilayah tersebut. Sebagai sebuah organisasi yang terus mengembangkan kapasitas manusia dan mengeksplorasi potensi masyarakat sepenuhnya, SEAMEO mempertahankan pekerjaan dan aspirasi untuk pembangunan bersama masyarakat di wilayah ini untuk membuat kehidupan yang lebih baik dalam kualitas dan kesetaraan dalam pendidikan, pendidikan kesehatan preventif, budaya dan tradisi, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, pengentasan kemiskinan dan pertanian serta sumber daya alam. Pembuat kebijakan tertinggi pada organisasi ini adalah SEAMEO Council, yang merupakan menteri pendidikan dari 11 negara Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Sekretariat SEAMEO terletak di Bangkok, Thailand.

SEAMEO yang di Indonesia dinamakan SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Centre) di bawah Kementerian Pendidikan Nasional. SEAMOLEC membuka berbagai pelatihan yang sangat berguna bagi guru. pemerhati pendidikan atau semua orang yang ingin terus berkembang lebih baik dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satunya yang telah diikuti penulis yang tergabung dalam kegiatan Virtual Coordinator Indonesia Batch 3 untuk wilayah Jawa Tengah 1 di grup 28. Penulis baru pertama kali mengikuti kegiatan ini walau pun sudah lama mendengar tentang SEAMEO. Ketika memutuskan bergabung, ternyata sangat menarik dan mengasyikkan. Gambaran singkatnya adalah kiat saling berbagai tentang berbagai pengetahuan dengan orang melalui media online dan saling bertukar pendapat, pertanyaan dan masukan. Istilahnya seperti kelas online yang sangat dinamis dan konstruktif. Setiap peserta diberi kempatan yang seluas-luasnya untuk sharing tentang apa yang akan, sedang, dan telah dilakukan, sesuai dengan bidang masing-masing sebagai presenter. Juga harus bisa menjadi host (pembawa acara) dan moderator. Kesemuanya berada di bawah koordinasi seorang instruktur. Sebelum tampil sebagai presenter, harus membuat flyer yang berisi tentang info materi, waktu pelaksanaan, siapa host dan moderatornya. Ini adalah salah satu ketrampilan yang harus dimiliki setiap peserta selain juga harus bisa membuat absen online, membuat materi yang diunggah ke internet, serta membuat laporan secara online berupa link video yang sudah diunggah di youtube. Pada kesempatan pertama tampil sebagai presenter, penulis mengangkat tema “Ulangan Kreatif dengan Zipgrade” pada tanggal 1 Maret 2019 di sesi 4. Materi ini merupakan pengalaman penulis memanfaatkan aplikasi Zipgrade untuk mengoreksi soal ulangan siswa secara efektif karena bisa di scan menggunakan HP dan tersimpan di dalamnya.

 

Berikut rekaman kegiatan di sesi 4 di Youtube

 

Pada kesempatan kedua, penulis mengambil tema “Belajar Asyik dengan Komik” pada tanggal 5 Maret 2019 di sesi 3. Untuk membuat komik ini penulis menggunakan software Comic Life3. Siswa di bawah arahan penulis membuat komik sejarah di materi sejarah kelas 11 IPA. Hasil akhirnya adalah mereka harus mencetak komik sejarahnya. Tujuan penggunaan komik adalah memberikan kesan yang berbeda saat belajar sejarah, selain itu untuk memberikan pengalaman baru berupa life skill membuat komik.

Berikut rekaman kegiatan di sesi 3 di Youtube

Apa yang penulis paparkan adalah kegiatan yang telah dilaksanakan bersama siswa di MAN 1 Surakarta, tentang pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Banyak tanggapan dari peserta dalam bentuk pertanyaan yang membuat penulis sangat senang. Tentu saja juga ada masukan yang sangat positif sebagai bentuk perbaikan di waktu akan datang. Jadi sangat-sangat menarik bergabung di kegiatan ini. Semoga bisa menginspirasi dan memberi warna bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

—–

About Pak RM

Guru sejarah dan Antropologi di MAN 1 Surakarta. Blogger di kompasiana dan berikhtiar untuk memajukan pendidikan Indonesia

Posted on 10 Maret 2019, in Info Terbaru. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: